Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Asah Kemampuan Otak dengan Bermain Minecraft Pocket Edition

4 min read

cara memainkan minecraft pocket edition

,Hai sahabat Blog Militer Terbaru, Game menjadi salah satu alternatif seseorang untuk menghibur diri dari kejenuhan setiap harinya. Bahkan saat ini para gamers bisa mendapatkan uang dari kegiatan tersebut. Salah satu platform yang banyak digunakan yaitu Minecraft Pocket Edition dengan beberapa fitur keunggulannya.

Apa itu Minecraft Pocket Edition ?

Bermain game merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat salah satunya mengatur strategi. Minecraft sendiri menjadi permainan dengan berbagai fitur pendukung untuk mempermudah memusnahkan musuh dan mendapatkan kemenangan.

Minecraft untuk Windows 10 baru-baru ini terdapat pembaruan fitur yang memungkinkan keduanya melakukan cross platform play. Artinya yaitu, memungkinkan pengguna OS tersebut akan bermain dengan perangkat seluler baik Android maupun iOS sehingga menjadi lebih seru dan menantang.

Baca Juga : Game Perang Terbaik

Menurut sumber, fitur yang dirilis pada bulan Juli masih dalam versi beta untuk perangkat seluler. Jika Anda ingin bermain lebih nyaman serta dengan berbagai keunggulan maka menggunakan OS windows bisa menjadi pilihan terbaik.

Baca Juga:

Cara Memainkan 

Sebelum memainkan Minecraft Pocket Edition penting Anda mengetahui terkait bagaimana cara mengoperasikannya. Selain di windows saat ini sudah dapat digunakan baik untuk iOS maupun Android. Sebelumnya persiapkan aplikasinya terlebih dahulu, berikut ulasannya:

Memulai Bermain 

  • Buka aplikasi Minecraft Pocket Edition yang sebelumnya sudah Anda instal.
  • Anda juga bisa langsung menyentuh open saat di toko aplikasi.
  • Selanjutnya sentuh play yang berada pada menu paling atas tampilan.
  • Lakukan sig in untuk memasukkan log yang diminta.
  • Hal ini bisa memudahkan para pemainnya melihat pencapaian yang diraih.
  • Sentuh tab words, selanjutnya pilih creat new.
  • Pilih new world, tujuannya untuk membuka menu pembuatan dunia.
  • Beri nama dunia yang ingin Anda buat, dengan cara menyentuh menu world name.
  • Pilih mode permainan utama, yaitu pada default game mode sentuh drop-down.
  • Selanjutnya Klik survival atau creative.
  • Survival memberikan pengalaman Minecraft klasik.
  • Creative merupakan versi bebas bangun berbagai karakter.
  • Pilih tingkat kesulitan yang Anda inginkan.
  • Menunya sendiri terdapat mulai dari peaceful sampai hard.
  • Jika sudah selesai klik creat untuk menyimpan pengaturan.

Melewati Malam Pertama

  • Kumpulkan setidaknya 6 balok kayu dengan mencari pohon dan memotongnya.
  • Kumpulkan 40 balok tanah untuk membuat gubuk sebelum hari petang.
  • Setelah mengumpulkan tanah dan kayu, selanjutnya cari tempat untuk membangun rumah.
  • Bangunlah dinding sementara dengan menumpuk balok tanah.
  • Buatlah meja pertukangan sebagai tempat membentuk berbagai perlengkapan.
  • Tempatkan meja pertukangan di dalam rumah.
  • Buatlah perlengkapan pelindung seperti kapak dan beliung kayu.

Beberapa Fitur dari Minecraft Pocket Edition

Bermain game merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat salah satunya mengatur strategi. Minecraft sendiri menjadi permainan dengan berbagai fitur pendukung untuk mempermudah memaksimalkan kemenangan. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Tampilan Grafis Menarik

Game ini memang kurang terkenal di Indonesia karena kalah dengan beberapa permainan seperti PUBG atau Mobile Legends. Seperti yang diketahui bahwa tampilan grafisnya dibuat 3D sehingga sangat terlihat nyata, selain itu warna setiap karakter serta backgroundnya terlihat tajam.

Pada game ini Anda akan menemukan berbagai mode baru mulai dari survival, creative, dan multiplayer. Setiap jenisnya memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing sehingga pengguna bisa memilih sesuai keinginan namun akan lebih seru jika memainkannya secara bersama.

  1. Menggabungkan 8-bit dengan 3D

Minecraft sendiri terkenal dengan dengan gaya 3D nya sehingga lebih terlihat nyata. Ketajaman warna nya menjadi nilai plus karena banyak orang tertarik dengannya. Sistem permainanya yaitu anda akan menemukan berbagai bentuk balok yang bisa disusun sesuai keinginan.

Anda bisa sebebas mungkin mengekspresikan kreativitas dengan merangkai balok-balok tersebut menjadi bentuk bangunan baik sesuai contoh maupun berdasarkan imajinasi. Jika ingin mengambil benda tersebut sebelumnya harus mencari rangkaiannya dengan menghancurkan tembok khusus.

  1. Game Lama yang Asik

Meski sudah dirilis oleh Microsoft sejak 2014 lalu, namun sampai saat ini pemainnya masih cukup banyak dari segala usia. Selain itu Minecraft dapat diakses dari beberapa OS (operating system) yaitu android, iOS namun jika ingin mendapatkan akses bebas, diharuskan membayar Rp. 100,000.

Menjadi game yang memiliki banyak manfaat tentu bisa menjadi pilihan orang tua untuk anaknya agar tidak bermain game yang kurang tepat untuk seusianya. Selain asik, mereka juga akan dilatih berbagai soft skill, misalnya mengatur strategi, menambah kesabaran, serta melatih motorik.

  1. Berbagai Fitur Tambahan

Fitur yang terdapat dalam Minecraft cukup banyak, namun pastikan mengakses versi asli. Hal ini karena beberapa waktu lalu ditemukan banyak beredar yang palsu dan bisa didownload dengan mudah. Perlu Anda ketahui, jika hal tersebut bisa membahayakan perangkat.

Hal ini karena sumbernya tidak terpercaya sehingga dengan mudah para hacker menyematkan software perusak atau bahkan mengambil data penting di dalamnya. Tentunya tindakan tersebut sangat berbahaya, untuk itu perlu adanya kehati-hatian.

Manfaat Menggunakan Game Minecraft Pocket Edition

Game ini bukan hanya permai untuk melepas lelah. Namun jika Anda bisa memilih genre yang tepat maka bisa mengambil berbagai manfaat mulai dari menambah kemampuan kognitif, membangun sosial yang kuat, serta mengatur emosi agar lebih stabil. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Aturan main dari game tersebut yaitu menggunakan progress liner, artinya adalah tidak diatur dengan alur khusus. Setiap pemain lebih bebas dalam menjelajahi setiap levelnya. Meski demikian, Anda diharuskan mencari cara untuk tetap bertahan hidup dengan mencari atau membuat makanan.

Game Minecraft membuka kesempatan pemainnya untuk berbuat kesalahan tanpa adanya batasan khusus. Hal tersebut bisa bermanfaat untuk mencari cara agar menemukan solusi supaya bisa memenangkan setiap tingkatan, serta dapat hidup kembali dan mendapatkan tambahan pengalaman.

  1. Membebaskan Eksplorasi Pemain

Minecraft memiliki format game open world yang menawarkan eksplorasi tidak terbatas. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai bangunan atau perlengkapan mengharuskan pemainnya menyusun sendiri, mulai dari bentuk, bahan, serta cara pembuatannya dari awal sampai akhir.

Bahkan seorang akademis, guru, dan programmer merekomendasikan game Minecraft ini. Yaitu untuk masuk dalam kurikulum sekolah agar dapat membuat siswanya menjadi kreatif dan inovatif. Selain itu juga sangat aman jika berada dibawah kendali anak pada usia mulai dari 7 tahun ke atas.

  1. Memupuk Semangat Kerja Sama

Permainan ini dapat diproses baik secara pribadi maupun kelompok, jika Anda ingin lebih seru maka jenis kedua bisa menjadi pilihan. Agar dapat menyelesaikan misi tersebut, maka diperlukan kerjasama yang solid antar satu anggota dengan lainnya untuk mendapatkan solusi dari masalah.

Antara gamers yang satu dengan lainnya mengharuskan selalu berkoordinasi untuk mengambil suatu keputusan dengan baik. Berdasarkan penelitian American Psychology Association (APA), orang yang bermain game dengan kerja sama bagus, maka cenderung lebih bermanfaat bagi sesama.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Para pemain bebas membuat berbagai peralatan yang dibutuhkan nantinya baik untuk membangun gubuk, menyerang musuh, maupun mendesain kota. Bahkan beberapa gamers memilih untuk mendirikan landmark terkenal seperti Patung Liberty, Big Ben, serta Menara Eiffel.

Hal tersebut membuktikan bahwa gameloft dapat membuat remaja bahkan anak-anak melatih kreativitas karena hampir tidak ada batasan sehingga pemainnya dapat berkreasi sesuka hati. Poin paling penting adalah mencari cari cara agar membentuk bangunan yang diinginkan.

  1. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Setiap level memiliki tingkat kesulitan masing-masing, oleh sebab itu pemain dituntut untuk mencari jalan keluar agar dapat memenangkan game tersebut dan berlanjut ke tingkatan lebih tinggi. Agar bisa mendapatkan perlengkapan, maka harus menggabungkan beberapa sumber daya yang sesuai.

Selain membuat peralatan, pemain juga diharuskan bisa membangun gubuk atau rumah sebelum petang agar tidak diserang oleh Mobs. Hal paling penting yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengetahui cara mencari makanan guna menghindari tokoh Anda kelaparan dan kalah.

  1. Cocok untuk Semua Usia

Game satu ini memiliki user interface yang bagus dengan desain menyesuaikan setiap level yang dilaluinya. Tokoh di dalamnya berbentuk layaknya lego yaitu kotak-kotak dengan pakaian cenderung sopan, sehingga sangat cocok dimainkan anak-anak berusia 7 tahun ke atas.

Hal tersebut berdasarkan rating dari Pan European Game Information (PEGI), sedangkan untuk pengguna iOS justru dibawahnya yaitu 4 tahun. Meskipun cenderung aman, namun saat anak bermain usahakan membatasi waktunya agar tidak ketagihan atau ketergantungan.

  1. Mengajarkan Manajemen Sumber Daya

Minecraft sendiri merupakan game besutan Markus Persson yang dirilis oleh Mojang pada 2011 dan dibeli oleh Microsoft tahun 2014. Genre game ini adalah petualangan, tepatnya menjelajahi dunia dengan tampilan berbentuk lego. Terdapat beberapa level yang diharuskan memiliki perlengkapan.

Setelah para pemain memulai game Minecraft, mereka akan memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan untuk masing-masing sumber daya. Meski demikian, peralatan dapat rusak, sehingga harus dapat menyusun estimasi pengeluaran agar tidak kehabisan jika nantinya dibutuhkan.

Demikian penjelasan terkait dengan Minecraft Pocket Edition yang perlu Anda ketahui agar bisa memilih pemain yang selain asik juga mengandung banyak manfaat. sebelumnya jika ingin mengakses game tersebut maka harus berlangganan.

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!