5 Negara Dengan Militer Terkuat di Tahun 2021

1 min read

5 Negara Dengan Militer Terkuat di Tahun 2021

Tiap tahunnya pasti tiap negara mengembangkan dan meningkatkan sistem pertahanan guna untuk menjaga kedaulatan dan keamanan negara mereka masing-masing.

Pada tahun 2021, GFP mengelompokkan negara-negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Dengan menggunakan lebih dari 50 faktor untuk menentukan skor PowerIndex suatu negara, mulai dari kekuatan militer itu sendiri, keuangan, hingga kemampuan logistik dan kondisi geografi negara-negara tersebut.

GFP adalah situs web independent berbasis statistic yang melacak informasi pertahanan 138 negara di dunia  dan selalu diperbarui setiap tahunnya.

Berikut adalah 5 negara yang memiliki kekuatan militer terkuat di dunia menurut GFP.

 

Baca Juga:

1.Amerika Serikat

Amerika Serikat menduduki posisi pertama sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia pada tahun 2021 ini.

Amerika Serikat memiliki 1.400.000 personel tentara yang aktif dan di klaim sebagai negara yang mempunyai jumlah tank terbanyak di dunia.

Kendaraan militer yang dimiliki oleh Amerika Serikat juga berjumlah sangat banyak baik darat, udara, dan air.

 

2.Rusia

Negara kedua dengan kekuatan militer terkuat di dunia adalah Rusia yang merupakan juga sebagai negara saingan Amerika Serikat.

Rusia memiliki julukan “Negeri Beruang Putih” yang diperkirakan memiliki 3.014.000 personel tentara militer, namun hanya 1.014.000 personel diantaranya yang aktif.

Dengan mengembangkan berbagai teknologi yang digabungkan dengan militer, Rusia merupakan salah satu negara yang menggunakan sistem militer dengan peralatan canggih setelah Amerika Serikat. Tidak heran kenapa kedua negara ini selalu bersaing.

 

3.China

Posisi ketiga sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat adalah China, dengan memiliki 2.695.000 total personel tentara militer dan kisaran 2.185.000 personel tentara yang aktif.

Salah satu kekuatan China adalah pengembangan teknologi yang sangat pesat membuat China sebagai negara yang kuat.

Salah satu senjata yang dimiliki China adalah roket. Menurut GFP, China mempunyai proyektor roket sebanyak 2.250 unit.

 

4.India

India merupakan negara yang menempati posisi ke 4. India sendiri mengembangkan pertahanan negaranya dengan cara bekerja sama dengan negara-negara lain untuk mengembangkan teknologi militer mereka.

Jumlah kendaraan militer yang dimiliki India berjumlah tidak sedikit sehingga India berhasil menempati posisi keempat sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia.

 

5.Jepang

Negara Asia berikutnya yang ditetapkan sebagai salah satu negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia adalah Jepang.

Jepang memiliki 305.000 total personel tentara militer dan yang aktif hanya berkisar 250.000 personel tentara saja.

Jepang juga banyak mengembangkan dan meningkatkan kekuatan militernya dan memiliki jumlah kendaraan militer yang cukup banyak. Perlengkapan yang dimiliki Jepang juga sudah dapat menopang kebutuhan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekuatan.

 

Demikian 5 daftar negara yang memiliki kekuatan militer terkuat di dunia menurut GFP pada tahun 2021 ini. Setiap  tahunnya posisi tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan statistik yang diperoleh oleh GFP.

 

error: Alert: Content is protected !!