Daftar Negara Pemasok Persenjataan Terbesar di Dunia

1 min read

Daftar Negara Pemasok Persenjataan Terbesar di Dunia

Beberapa negara di dunia bersaing dalam membuat dan mengembangkan sistem persenjataan dan peralatan militer canggih lainnya.

Setelah negara-negara tersebut membuat senjata, kemudian senjata itu akan di ekspor ke luar negeri untuk di perdagangkan.

Mulai dari senjata-senjata standard hingga jet tempur, tank, sampai kapal perang juga di perjualbelikan. Menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), dicatat total penjualan senjata di industry senjata global mencapai USD 398,2 atau setara dengan RP 5,606 triliun.

Sampai saat ini, banyak negara yang menjadi pemasok sistem persenjataan global dan berikut adalah daftar negara pemasok persenjataan tersebut.

 

Baca Juga:

1.Amerika Serikat

Negara yang memiliki julukan Negeri Paman Sam ini merupakan negara nomor 1 yang menjadi negara pemasok senjata terbesar di dunia.

Negara yang membeli senjata yang berasal dari Amerika Serikat adalah Saudi Arabia sebanyak 18 persen, uni Emirat Arab sebanyak 7,4 persen serta Australia sebanyak 6,7 persen.

Tercatat bahwa AS menyumbang 34 persen dari semua hasil ekspor. Hasil tersebut meningkat 25 persen dari dibandingkan tahun 2008-2012.

 

2.Rusia

Negara kedua sebagai pemasok senjata terbesar adalah Rusia. Salah satu pesawat asal Rusia yaitu Sukhoi dibeli oleh Indonesia. Rusia terkenal sebagai salah satu negara pembuat pesawat tempur tercanggih.

Selain pesawat tempur, Rusia juga membuat senjata dan berhasil menjual ke 47 negara. Pembeli terbesar senjata Rusia adalah India sebanyak 35 persen, China sebanyak 12 persen, dan Vietnam 10 persen.

Tercatat bahwa Rusia menyumbang 22 persen dari semua ekspor.

 

3.Perancis

Negara ketiga yang merupakan pemasok senjata terbesar adalah Perancis. Perancis menjual senjata buatannya ke 81 negara antara 2013 dan 2017.

Perancis terncatat menyumbang  6,7 persen pengiriman dari semua ekspor dan ekspornya meningkat 27 persen pada 2018 dibandingkan pada tahun 2008 hingga 2012.

Perancis membuat kapal induk bertenaga nuklir bernama Charles de Gaulle ke Suriah. Tak hanya kapal induk, Perancis juga memasok senjata tempur.

 

4.Jerman

Salah satu pemasok senjata ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab adalah Jerman. Senjata yang diproduksi oleh Jerman adalah berupa kapal perang, pesawat tempur, tank, dan kendaraan lapis baja.

Jerman menyumbang 5,8 persen pengiriman dari semua ekspor dan ekspornya sempat turun 14 persen tahun 2018 dibangkan tahun 2008 hingga 2012.

Pembeli terbesar senjata Jerman adalah Yunani 11 persen dan Israel 8,7 persen.

error: Alert: Content is protected !!