Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Opini : Dampak Virus Corona

1 min read

Penulis : Acuk Andrianto

Baca Juga:

literacyMILITER – Dalam rangka mencegah masuknya Virus Corona ( Covid – 19 ) Masuk ke wilayahnya beberapa negara termasuk pemerintah melakukan Pembatasan penerbangan dan Penangguhan Export dan Import dari dan Ke Cina. Hal ini tentunya berdampak terhadap beberapa sektor di Indonesia.

Perdagangan.

Dampak Virus Corona di Bidang Perdagangan tak dapat terhindarkan. Seperti kita ketahui bersama bahwa Cina ( RRT ) merupakan Mitra dagang strategis bagi Indonesia, bahkan pada tahun 2019 Cina merupakan mitra terbesar baik di sektor Migas maupun Non Migas. Indonesia berpeluang untuk kehilangan pendapatan yang signifikan, dimana seperti dilansir katadata.com nilai ekspor non migas mencapai 353,5 Triliun dan Impor Non Migas 611 Triliun, nilai yang tentunya sangat besar sehingga kita sebagai warga negara tentu berharap ada terobosan strategi yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Pariwisata.

Di sektor wisata Pemerintah Indonesia juga akan mengalami penurunan yang cukup drastis, Daerah wisata seperti Bali, Yogyakarta dan Jakarta mungkin adalah Kota yang paling merasakan dampak menurunnya wisatawan dari Cina ( RRT ). Ada banyak pembatalan penginapan serta jadwal wisata dikarenakan pembatalan penerbangan dari RRT ke Indonesia. Di 2019 tercatat + 2,1 Juta Wisatawan asing dari RRT atau terbanyak ke 2 setelah Australia.

Investasi

Penanaman Modal Asing juga akan terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung dimana Investasi RRT pada tahun 2019 mencapai 64,4 Triliun yang terbagi di beberapa bidang seperti Infrastuktur, pertanian, perdagangan, energi dan E – Commerce.

Selain 3 bidang diatas tentunya masih ada bidang lain yang terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung, sampai saat ini 20 Februari 2020 dikabarkan telah 4 WNI diluar negeri terjangkit Virus Corona. Kita semua tentunya berharap pemerintah Indonesia dapat mengeluarkan kebijakan tidak hanya untuk mengantisipasi masuknya virus ke Indonesia juga mengatasi dampak dari pembatasan Interaksi dengan RRT.

{ Red | literacyMILITER )

loading…
Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!