Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Peran TNI Dalam Pencegahan Penyebaran Covid 19

3 min read

ancaman-non-militer

Kondisi saat ini, COVID – 19 ( Corona Virus Disease – 19 ) atau Wabah/Pandemi Virus Corona telah menjadi permasalahan Global dan ancaman non militer, Pandemi ini telah berdampak sangat besar dan menyebabkan krisis di beberapa bidang seperti Ekonomi, Sosial Budaya maupun juga Pertahanan Kemanan suatu negara. Dimana membutuhkan Peran TNI Dalam Pencegahan Penyebaran Covid 19.

Baca Juga:

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak dimana hingga saya menulis opini ini pada senin 20 April 2020 setidaknya sudah 6.575 Orang yang dinyatakan positif dan 582orang diantaranya dinyatakan meninggal.

Hal ini tentunya merusak banyak sendi – sendi kehidupan termasuk diantara pertahanan dan keamanan negara bahkan juga dapat mengancam kedaulatan negara bila tak tertangani dengan baik dan benar. Hal ini tentunya membutuhkan peran semua pihak baik pemerintah dan masyarakat Serta TNI.

Baca Juga:

Baca Juga : Psikotes Gambar

Tentara Nasional Indonesia yang mempunyai tugas pokok/utama untuk menegakkan kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi segenap tumpah darah Indonesia, tentu diharapkan mampu berperan optimal dalam pengananan Covid – 19.

Dan sebenarnya TNI telah mengambil peran dalam hal itu baik dari Tingkat pusat hingga ke satuan terendah yaitu Babinsa di masing – masing desa dengan mendukung tugas Gugus tugas Penanganan Covid -19.

Namun pada kenyataannya memang masih banyak yang mempertanyakan peran nyata TNI dalam turut serta menghadapi dan mencegah serta mengatasi permasalahan mewabahnya Virus Corona ini.

Untuk itu mari kita berdiskusi bagaimana sih sebenarnya ” PERAN TNI DALAM MENGHADAPI COVID-19” dengan tujuan tentunya agar dapat menjadi sumbang pikiran agar peran TNI dapat lebih optimal dalam kehidupan bermasyarakat.

Peran TNI Dalam Pencegahan Penyebaran Covid 19

Dalam menelaah dan meningkatkan peran TNI tentunya kita sadari ada beberapa permasalahan yang dapat diperbaiki guna mengoptimalkan peran Tni dalam melaksanakan tugasnya untuk turut serta menangani Covid -19, antara lain adalah : 1. Koordinasi dalam gugus tugas Covid -19 di tingkat wilayah yang lamban 2. Lambannya dan minimnya alokasi logistik dan anggaran yang dimiliki satuan kewilayah karena harus menunggu realokasi anggaran yang ada 3. Minimnya Pengetahuan Prajurit tentang kesehatan dan penanganan Covid – 19.

PERBAIKAN KOORDINASI GUGUS TUGAS COVID -19 DI WILAYAH

Guna menangani Covid-19 Pemerintah pusat telah bergerak cepat dengan membentuk Gugus tugas Covid – 19 dimana untuk tingkat Pusat berada di bawah kendali kepala BNPB jenderal Doni Monardo, dan diikuti hingga kewilayah wilayah hingga tingkat kecamatan.

Harapannya tentu dengan pembentukan gugus tugas ini adalah penanganan Covid – 19 di wilayah wilayah dapat berjalan dengan lebih cepat sehingga pendemi dapat terkendali. Namun Kenyataannya  gugus tugas ini memang baru bersifat koordinatif sehingga unsur – unsur yang ada di dalamnya masih menjalankan dan melakukan langkah operasional masing – masing sesuai kedinasannya. Masih ada ego sektoral dimana masih ada keinginan menonjolkan peran satuan masing – masing. Hal ini sebenarnya tidak boleh terjadi dan harusnya seluruh tindakan penanganan Covid -19 di wilayah ada di bawah kendali Ketua gugus tugas yang telah bersinergi dengan gugus tugas pusat.

Upaya yang dapat kita laksanakan adalah dengan memperbaiki koordinasi Gugus Covid di wilayah, dimana ketua dapat mensinegikan seluruh satuan tanpa pandang bulu. Semua data tentang Covid – 19 juga harus diketahui oleh semua unsur tanpa memandang instasi, sehingga masing masing satuan dapat menaganalisa dengan baik, sesuai dengan data yang ada.                   

MINIM/LAMBANNYA ALOKASI ANGGARAN PENANGANAN COVID – 19 DI SATUAN KEWILAYAHAN

Dalam berperan aktif menangani Wabah Virus Corona ini, TNI dengan tanggap telah berbuat dilapangan untuk melaksanakan himbauan Social Distancing/ Physical Distancing dan pemakaian masker dengan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya. Namun sampai saat ini anggaran yang digunakan merupakan anggaran pribadi komandan atau anggota masing-masing.

Harapannya adalah dukungan logistik dan anggaran Khusus dalam rangka penanganan Covid-19 bagi satuan kewilayahan dapat segera direalisasikan, Namun kenyataannya proses pengalihan anggaran tidak bisa begitu saja langsung dicairkan dan harus mengikuti prosedur yang ada demi menjaga pertanggung jawaban keuangan masing masing satuan.

Upaya  yang dapat dilaksanakan guna menambah dan mempercepat anggaran disatuan kewilayahan seperti Kodim dan Koramil adalah dengan bekerjasama dengan instansi lain yang telah mempunyai dana khusus penanganan Covid-19. Seperti dinas kesehatan maupun organisasi swasta lainnya.

MINIMNYA PENGETAHUAN PRAJURIT TENTANG ILMU KESEHATAN/ PENANGANAN COVID – 19

Saat ini Para tenaga medis TNI baik Darat, Laut maupun Udara langsung terlibat dalam pertempuran untuk memerangi Wabah Virus Corona yang sedang melanda dengan berusaha merawat dan menyembuhkan para penderita yang positif terdampak Corona di RS Khusus Penanganan Wabah ini dan sebagian prajurit yang lain turun ke jalanan untuk memberikan Himbauan dalam rangka pencegahan agar tidak terdampak Virus Corona.

Baca Juga : Tes Koran

Harapannya  bahwa Prajurit selain tenaga kesehatan juga mempunyai penhetahuan dasar tentang bagaimana cara pencegahan agar tidak terdampah oleh Virus Corona.  Kenyatannya  masih banyak para anggota yang bingung apa dan bagaimana bila bertemu dengan pasien yang dindikasikan atau positif terdampak Virus ini.

Guna meningkatkan pengetahuan ptrajurit di wilayah tentang penanganan Virus Corona tentunya adalah dengan mengajarkan para prajurit tentang apa sebenarnya virus corona ? dan bagaimana cara mencegahnya ? namun karena saat ini sedang ada himbauan social distansing maka pengajaran dapat diaganti dengan pemberian buku pedoman cara pencegahan Virus Corona.

PENUTUP

Kami dapat menarik kesimpulan bahwa apa yang dilakukan saat ini oleh para anggota TNI terutama tenaga medis serta prajurit disatuan kewilayahan telah berbuat hal yang sangat bermanfaat dengan kemampuan dan kekuatan yang mereka miliki.

Kami juga menyarankan apabila dalam waktu dekat wabah ini belum diatasi dengan baik atau bahkan lebih buruk ada baiknya alternatif pemberlakuan Lockdown dapat diberlakukan dan memberikan peranan yang lebih pada TNI untuk mengatasi permasalahan ini.

Tentunya tanpa mengabaikan dan mengesampingkan supremasi Sipil yang saat ini telah berlaku, karena untuk memberantas wabah ini diperlukan tindakan tegas sesuai dengan hukum yang berlaku.

Demikianlah artikel tentang Peran TNI Dalam Pencegahan Penyebaran Covid 19, kami harapkan saran dan kritik atas kekurangan kami.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!