Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Pangkat Serda TNI AD Dan Tugasnya

1 min read

pangkat serda tni ad

Hai sahabat analisis militer blog yang kami cintai, pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang Pangkat TNI AD dari terendah sampai tertinggi secara umum, Nah Kali ini ulasan kita akan lebih khusus pada Pangkat Serda TNI AD, Bagaimana Lambangnya ? Apa Tugasnya ?

Baca Juga:

Pangkat Serda TNI AD

Seperti telah kita ketahui bahwa dalam urutan pangkat TNI AD ada 3 Golongan Kepangkatan yaitu Golongan Tamtama, Bintara dan Perwira.

Serda merupakan kependekan dari Sersan Dua, Nah Pangkat Serda TNI AD merupakan urutan pertama dalam urutan pangkat golongan Bintara.

Baca Juga:
urutan pangkat bintara tni ad

Tugas Prajurit Sersan Dua TNI AD

Sebagai seorang Bintara maka Tugas seorang Prajurit dengan pangkat Sersan Dua dalam TNI AD adalah sebagai pemimpin setingkat Regu.

Yup … dengan Pangkat Sersan Dua maka bila kalian menjadi prajurit akan diberi jabatan sebagai Komandan Regu dalam satuan tempur maupun satuan bantuan tempur dan memimpin 10 Orang Anggota dengan Pangkat Tamtama.

Bagaimana bila bukan dalam Satpur atau Satbanpur ? pertanyaan ini pasti ada dalam benak kalian bukan ?

Dalam satuan Administrasi atau Jawatan TNI AD seorang Prajurit dengan Pangkat Serda akan diberi jabatan setingkat pengawas pertama, dimana pelaksananya adalah prajurit Tamtama.

Dalam Satuan Kewilayahan seperti Kodim atau Komando Distrik Militer maka seorang Prajurit dengan Pangkat Sersan dua TNI AD juga telah diperbolehkan untuk menjabat menjadi Babinsa yaitu Bintara Pembina Desa. Yang bertanggung jawab akan pembinaan Kondisi dan penyiapan wilayah pertahanan setingkat Desa.

Cara Menjadi Prajurit Pangkat Serda TNI AD

Nah sekarang bagaimana caranya menjadi Prajurit TNI AD Dengan Pangkat Sersan dua ? Tenang akan kita bahas juga Kok !

Cara Pertama adalah dengan mengikuti seleksi penerimaan Secaba PK atau sekolah calon Bintara Prajurit Karir.

Dengan mengikuti dan lolos seleksi maka setelah lulus pendidikan kurang lebih 5 bulan ditambah dengan pendidikan kecabangan 3 bulan maka akan resmi menyandang Pangkat Sersan Dua TNI AD.

Nah cara pertama ini diperuntukkan bagi adek – adek lulusan minimal SMA yang ingin menjadi Prajurit TNI AD.

Cara kedua adalah dengan mengikuti pendidikan Secaba Reg atau sekolah calon bintara reguler.

Cara berikut ini digunakan bagi yang telah jadi prajurit TNI AD pangkat tamtama dan ingin alih golongan menjadi Bintara.

untuk bisa mengikuti sekolah alih golongan ini ada beberapa syarat dan masa dinas minimum yang harus dipenuhi.

Sebenarnya masih ada satu lagi cara untuk menjadi Prajurit Pangkat Sersan dua TNI AD yaitu dengan mengikuti dan lolos Secaba Regsus atau sekolah calon bintara reguler khusus.

Namun untuk secaba regsus ini disesuaikan dengan kebutuhan organisasi dan tidak tentu ada tiap tahun, contoh secaba regsus Kopassus atau secaba regsus babinsa dan kecabangan lainnya.

Akhir Kata

Nah sekarang sudah tahu kan apa itu Pangkat Sersan dua TNI AD, Lambang, Tugas dan cara mendapatkannya.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya agar orang lain juga tahu apa itu Pangkat Serda TNI AD. salam Literasi Militer.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!