5 Pasukan Khusus Paling ditakuti Dunia

1 min read

5 Pasukan Khusus Paling ditakuti Dunia

Disetiap negara yang berada di dunia pasti mempunyai pasukan elit khusus yang membantu negara dan menjalankan misi serta operasi yang sangat penting. Pasukan elit ini biasa berisikan oleh orang-orang yang mempunyai latihan khusus sebagai bagian strategi pertahanan negara masing masing.

Latihan tersebut jauh berada diatas latihan orang normal agar membuat orang yang merupakan anggota pasukan elit tersebut mempunyai keahlian yang sangat luar biasa. Anggota dari pasukan elit ini adalah orang –  orang pilihan terbaik dari yang terbaik.

Berikut adalah 5 daftar pasukan elit khusus yang paling ditakuti dunia.

 

1.US Navy SEAL

United State Navy Sea, Air and Land (SEAL) dibentuk pada tahun 1962. Pasukan elit ini terkenal karena kemampuan mereka pada saat beroperasi dibawah air, oleh karena itu Navy SEAL mempunyai julukan “Frogman” atau manusia katak.

Baca Juga:

Misi yang biasa dilakukan oleh Navy SEAL adalah menangani pengintaian khusus, penaggulangan terorisme, penyelamatan sandera, dan perang non konvensional. Reputasi dari Navy SEAL sudah diakui karena banyaknya operasi penting yang sukses mereka jalankan.

Salah satu operasi yang berhasil Navy SEAL lakukan adalah saat Navy SEAL berhasil membunuh Osama Bin Laden yang merupakan teroris di markasnya Pakistan.

 

2.Alpha Group

Alpha Group dibentuk pada tahun 1974 dan tekenal sebagai unit elit anti terorisme. Alpha Group memiliki nama resmi yaitu Directorate “A” of the FSB Special Purpose Center (TsSN FSB). Unit elit khusus ini merupakan sub-unit elit dari pasukan khusus asal Rusia dan berdiri sendiri.

Operasi terkenal yang pernah dilakukan oleh Alpha Group adalah penyelamatan yang dilakukan pada sandera sekolah Beslan pada tahun 2004, dimana Alpha Group berhasil membunuh 31 teroris yang menyandera 1.200 sandera.

 

3.SAS Inggris

SAS adalah singkatan dari Special Air Service yang merupakan rekan infanteri dari Special Boat Service. SAS memiliki semboyan “Siapa yang berani akan Berjaya”. SAS biasanya melakukan pengintaian target jarak dekat dan perang kontra revolusioner.

SAS memiliki kemampuan khusus dimana mereka dapat bertahan lama saat berada di pegunungan, hutan, gurun dan lingkungan kota.

Operasi sukses yang terkenal adalah ketika SAS berhasil mengakhiri Krisis sandera di kedutaan Iran di London dan berhasil menyelamatkan 19 sandera.

 

4.Kopassus

Kopassus merupakan singkatan dari Komando Pasukan Khusus yang dibentuk sebagai pasukan khusus asal Indonesia pada tahun 1952. Operasi-operasi yang dilakukan oleh Kopassus adalah perang non konvensional, anti terorisme, kontra pemberontakan, pengumpulan intelijen, dan sabotase.

Operasi terkenal yang pernah Kopassus lakukan adalah saat kelompok ekstremis Islam yang membajak pesawat Garuda Penerbangan 206 pada tahun 1981. Kopassus berhasil membebaskan 50 penumpang dan menewaskan 3 orang pembajak.

 

5.Kaibiles

Kaibiles adalah pasukan komando kontra revolusioner Guatemala yang didirikan pada tahun 1975. Operasi yang dijalankan adalah menentang pemberontakan dan peperangan hutan merupakan keahlian bagi pasukan ini.

Mereka mempunyai moto yaitu “Jika saya maju, ikuti saya. Jika saya berhenti, desak saya. Jika saya mundur, bunuh saya.”

Operasi terkenal yang pernah dilakukan adalah serangan di Kongo sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB. Namun, operasi tersebut dinyatakan gagal karena 8 personel Kaibiles tewas saat sedang ingin menangkap wakil komandan pasukan perlawanan Tuhan Uganda.

 

Demikian beberapa daftar pasukan elit khusus yang ditakuti oleh dunia. Salah satu pasukan tersebut berasal dari Indonesia yang harus membuat kita bangga.

error: Alert: Content is protected !!