Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Macam – macam Pasukan Khusus TNI

1 min read

Hai Sahabat Analisis Militer Blog kali ini kita akan membahas tentang macam – macam pasukan khusus TNI, Tahu apa saja ? ikuti terus ya

Tentara Nasional Indonesia ( TNI ) adalah Angkatan perang Indonesia, dimana di dalamnya berisi prajurit – prajurit yang dilatih agar selalu siap untuk menegakkan kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah dan melindungi segenap tumpah darah Indonesia.

Baca Juga : Cara membobol WiFi

Terbagi menjadi menjadi 3 Matra yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU dimana ketiganya mempunyai satuan pasukan khusus yang siap menjalankan tugas tugas berat.

Dan di dalam satuan khusus tersebut ada unit pasukan ” paling ” khusus, yang diisi orang orang hebat dan terlatih, mereka bukan tentara biasa melainkan tentara – tentara pilihan yang telah diuji kecerdasan, mental, kemampuannya untuk melaksanakan tugas paling berat dan rumit. Macam – macam Pasukan Khusus TNI antara lain adalah :

Baca Juga:

Macam – macam Pasukan TNI

1. Sat – 81 Kopassus ( Den 81/Gultor ) TNI AD. Satuan ini merupakan unit ” paling ” khusus milik TNI AD, satuan yang dibentuk pada 30 juni 1982 ini menjalankan misi khusus yang serba rahasia dari TNI AD. Pasukan ini merupakan prajurit – prajurit paling hebat yang dimiliki oleh Kopassus, satuan ini telah teruji di berbagai medan konflik seperti Aceh dan Papua. Secara khusus kekuatan satuan ini tidak dipublikasikan secara khusus baik jumlah personel maupun persenjataannya. Namun bila prajuri Kopassus saja terkenal memiliki kemampuan 10 X lipat tentara biasa tentunya dapat dibayangkan betapa hebatnya personel prajurit Sat-81 Kopassus.

Hasil gambar untuk denjaka
foto : Den Jaka ( beritasatu.com)

2. Denjaka ( Detasemen Jalamangkara ) Marinir TNI AL. Serupa dengan Sat,- 81 Kopassus, Satuan ini merupakan “paling” khusus milik TNI AL. Satuan yang mempunyai tugas utama sebagai penanggulangan anti teror aspek laut ( laut & pantai ) mempunyai kekuatan fisik dan mental yang tak perlu lagi diragukan. latihan yang keras membuat satuan ini menjadi salah satu pasukan palin elit di Indonesia. Sama seperti Sat-81 kekuatan satuan ini tak dipublikasikan secara umum namun kita telah dapat bayangkan kehebatan prajurit prajurit satuan ini.

Hasil gambar untuk sat bravo
foto : Sat

3. Sat Bravo – 90 Paskhas TNI AU. Bila TNI AD punya Sat – 81 dan TNI AL punya Denjaka, TNI AU juga tak kalah hebat dan memiliki Satuan ” paling” khusus Sat Bravo 90. Satuan yang mempunyai tugas pokok melaksanakan operasi udara dan penanggulangan teror /pembakan pesawat udara diisi oleh prajurit – prajurit terbaik Paskhas TNI AU. Serupa dengan Sat – 81 dan Denjaka kekuatan satuan ini juga tak dipublikasikan secara umum guna menjaga kerahasiaan TNI.

Ketiga pasukan ” paling ” khusus ini membentuk satuan elit yang berada langsung dibawah kendali Panglima TNI dengan nama Komando Operasi Khusus ( Koopssus ) TNI.

Itulah macam macam pasukan khusus TNI, ada yang berminat untuk bergabung ? siapkan fisik dan mentalmu dari sekarang. Negara menanti baktimu

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!