Desersi, Pengertian Dan Ancaman Hukumannya

1 min read

PENGERTIAN DESERSI DAN ANCAMANNYA

Hai sahabat Blog Militer, Kembali lagi bersama kami admin literacymiliter.com, Nah Kawan akhir – akhir ini banyak diberitakan di berbagai media baik cetak maupun elektroni tentang adanya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh mantan prajurit yang desersi/ desertir. Nah sebenarnya apa sih Pengertian Desersi ? dan apa ancaman hukumannya ? Yuk kita bahas dan kupas bersama dalam artikel kali ini.

Tindak Pidana Militer

Nah sebelum kita membahas tentang apa itu pengertian desersi kita harus paham dulu bahwa prajurit TNI sebagai warga negara indonesia juga memiliki   peran   sebagai   pendukung   terbentuknya   budaya   hukum   di lingkungan  mereka.

Jadi bila terdapat seorang prajurit melakukan tindak perbuatan yang dilarang oleh Hukum yang berlaku di Indonesia maka wajib juga mendapatkan ancaman (sanksi) sesuai dasar hukum tersebut.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal TNI POLRI

Nah perbuatan melanggar hukum yang diperbuat oleh seorang prajurit itu dinamakan dengan Tindak Pidana Militer, dimana telah diatur dalam KUHPM atau Kitab Undang – Undang Hukum Pidana Militer.

Baca Juga:

Dimana menurut KUHPM bahwa Tindak Pidana Militer terbagi menjadi 2 Bagian Yaitu antara lain :

1.  Tindak Pidana Militer Murni (Zuiver Militeire Delict)

Tindak Pidana Militer Murni merupakan suatu tindak pidana yang hanya dilakukan oleh seorang militer, karena sifat khusus militer.

Menurut dasar diatas setidaknya Ada 4 (empat) contoh tindak pidana yang digolongkan dalam tindak pidana militer murni yakni:

  • Militer yang pergi dengan maksud (oogmerk) untuk menarik diri selamanya dari kewajiban-kewajiban dinasnya.
  • Militer yang pergi dengan maksud menghindari bahaya perang.
  • Militer yang pergi dengan maksud menyeberang ke musuh.
  • Militer yang pergi dengan maksud untuk memasuki dinas militer pada suatu negara atau kekuasaan lain tanpa dibenarkan untuk itu.

2. Tindak Pidana Militer Campuran

Tindak Pidana Militer Campuran merupakan tindakan yang dilarang atau diharuskan yang sudah ditentukan atau diatur dalam peraturan perundang-undangan lain, sedangkan ancaman hukumannya dirasakan terlalu ringan apabila perbuatan itu dilakukan oleh seorang militer.

Baca Juga : Contoh Pengingkaran Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara

Oleh karena itu perbuatan yang telah diatur perundang-undangan lain yang jenisnya sama, diatur kembali ke dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana Militer (KUHPM) disertai ancaman hukuman yang lebih berat. ( Moch Faisal Salam, Hukum Pidana Militer di Indonesia. Mandar Maju, Bandung, 2006, hlm. 25 )

Pengertian Desersi

Nah dari Dasar KUHPM diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pengertian desersi adalah Tindak pidana militer dimana seorang prajurit TNI pergi  dengan  maksud :

  1. menarik  diri  untuk  selamanya  dari kewajiban-kewajiban   dinasnya
  2. menghindari   bahaya   perang
  3. menyeberang  ke  musuh  atau  memasuki  dinas  militer  pada  suatu  negara atau kekuasaan  lain  tanpa  dibenarkan  untuk itu.
  4. yang  karena  salahnya  atau  dengan  sengaja  melakukan  ketidakhadiran tanpa  izin  dalam  waktu  damai  lebih  lama  dari  30  (tiga  puluh)  hari, dalam  waktu  perang lebih lama  dari  4 (empat)  hari.

Ancaman Hukuman Desersi

Ancaman hukuman bagi prajurit yang melakukan desersi sanksinya adalah penjara dan pemecatan dari anggota militer, karena terdapat ancaman pidana dalam pasal tersebut.

Lamanyan saksi penjara juga tergantung dengan putusan hakim sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan dengan berdasar pada UU yang berlakuk yaitu pasal 88 KUHPM.

Akhir Kata

Nah oleh sebab itu bagi kalian yang bercita – cita untuk menjadi seorang prajurit TNI maka tanamkan kembali dalam benak kalian bahwa apa yang kalian cita – citakan merupakan wujud sebagai pengabdian bagi bangsa dan negara Indonesia.

Dimana kedisiplinan merupakan kewajiban dan mutlak harus dilaksanakan sehingga pelanggaran kedisiplinan terlebih dengan meninggalkan tugas merupakan suatu tidak pidana ( kejahatan) yang akan diancam dengan sanksi cukup berat.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Pengertian Desersi dan ancaman hukuman bagi prajurit TNI yang melaksanakan tindak pidana militer tersebut. Semoga berguna.

error: Alert: Content is protected !!