Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Ilmu Tauhid

2 min read

Hai Kawan Blog Militer, kali ini pembahasannya sedikit berbeda dari biasanya. selaku orang Muslim saya juga punya kewajiban untuk berdakwah. Dan kali ini saya ijin menunaikan salah satu kewajibannya saya sebagai orang muslim. untuk itu saya akan membahahas tentang Ilmu Tauhid/

Dalam Agama Islam terdapat banyak aturan hingga pengertian ilmu yang mana masih sering dipelajari dan dimanfaatkan sebagai panduan beribadah. Karena itulah ada sebagian besar pengalaman dari umat Mulsim dalam mempelajari bagaimana pengertian ilmu tauhid yang nantinya diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Pada dasarnya semua agama memiliki pengetahuan ilmu, dan dalam Islam terdapat ilmu Tauhid yang semuanya memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Tidak sedikit umat Islam masih terus belajar lebih mendalam mengenai ilmu Tauhid. Sehingga pada dasarnya ada beberapa peluang menarik membuat ilmu Tauhid ini wajib dipelajari dari berbagai lapisan masyarakat.

Ilmu Tauhid

Pengetahuan ataupun Tauhid sendiri telah dikenal dalam agama Islam yang mana memberi rasa yakin kepada umat Islam untuk tetap tunduk ke Allah SWT. Karena itu, dari semua segi hidupan, seorang manusia harus mengerti bagaimana kuasa Tuhan secara mutlak. Karena itu, untuk bisa mengerti bagaimana ilmu Tauhid, sebaiknya kita cek seperti apa pengertiannya.

Baca Juga:

Pengertian

Pengertian Ilmu Tauhid amali sendiri telah dikenal sebagai sebuah pengetahuan dan ilmu mendasar dalam agama Islam.Ilmu Tauhid menjadi salah satu rasa keyakinan dan ketundukkan dari umat manusia terhadap Allah SWT. Semua pengaturan kehidupan dari Allah SWT telah banyak memberi manfaat ke semua manusia, sehingga dari sisi manusia juga perlu taat terhadap semua aturan Allah dan sudah tertuang di Al Quran.

Ilmu Tauhid sendiri memiliki beberapa jenis yang semuanya digunakan sebagai dasar keyakinan umat Islam di seluruh dunia. Bahkan pengertian ilmu tauhidsemdiri telah dikenal sebagai satu pondasi bagi umat Muslim untuk tetap bersatu dan tidak boleh mengalami keretakan. Dari sinilah Tauhid dimanfaatkan sebagai sebuah momen untuk kembali meyakinkan diri terhadap semua sendi kehidupan baik di dunia maupun di akhirat.

Pesan Dari Pengetahuan Tauhid Bagi Manusia

Menjadi salah satu dasar keyakinan umat Muslim di dunia, sudah pasti ilmu Tauhid ini memiliki pesan dasar yang semuanya memberi manfaat pasti ke seluruh umat Muslim. Dari sinilah kita dapat mencoba bagaimana isi pesan yang disampaikan sebagai sebuah informasi pengetahuan seputar Tauhid terhadap Allah SWT.

Menghormati Tuhan Sebagai Maha Pencipta

Pada dasar penjabaran Tauhid ini telah banyak pengertian dan pemahaman dituangkan dalam beberapa ayat suci Al-Quran yang mana menerangkan segala sesuatu baik di langit dan bumi hingga semua isi seluruh dunia berjalan sebagai bentuk ciptaan Tuhan. Karena itu, dari berbagai pemahaman atheis bisa langsung ditentang dengan ilmu Tauhid ini. Sehingga Tuhan memiliki peran penuh terhadap kehidupan manusia dan segala macam isi di Bumi.

Tuhan Sebagai Pemimpin dan Pelindung

Selain dari makna pemahaman tentang ilmu tauhid, pastinya ada ajaran bahwa Tuhan menjadi pemimpin sekaligus pelindung di dunia. Sebagaimana fungsi dari sebuah Raja bahwa pemberian perlindungan dan pemimpin bagi seluruh umatNya selalu menjadi bagian dari ajaran Tauhid. Untuk itulah, perlindungan serta petunjuk hingga rezeki menjadi hal penting yang harus dimengerti semua Umat Muslim. Manusia diharapkan bisa mengikuti semua aturan dari pemimpin, dalam hal ini Tuhan yang Maha Esa.

Pembuat Hukum

Pada pengertian ilmu tauhidjuga memiliki pemahaman bahwa Tuhan sebagai pembuat hukum yang sejati. Dari sinilah kehidupan di semua Bumi baik itu skala alam, manusia, kehidupan sosial dan semuanya sudah diatur dalam hukum Allah.

Oleh sebab itu seluruh fungsi hingga beberapa perubahan di muka Bumi semuanya sudah diatur menurut hukum Tuhan. Karena itu, manusia diharapkan tidak boleh melanggar hukum Allah. Sehingga dari dampak pelanggar aturan Allah bisa mendapat kesialan ataupun dampak besar yang merugikan bagi seorang manusia.

Secara keseluruhan pengertian ilmu tauhidini menjelaskan kepada umat Muslim bahwa Tuhanlah yang membuat segalanya, dan akhirnya manusia harus tunduk terhadap semua aturan hukum Allah.

Mengenai semua kebutuhan dalam beragama juga diharapkan bisa mengacu pada sifat baik Allah yang Maha Pemurah, sebagai pembuat hukum, pencipta, dan Maha segalanya. Semua aspek kehidupan sudah diatur sedemikian rupa oleh Allah SWT, hendaknya kita mengerti dan memahami semua peraturan yang sudah ditetapkan Tuhan hingga memberi dampak besar terhadap kehidupan beragama.

Kesimpulan

Ilmu Tauhid adalah ilmu yang sangat penting bahkan hal yang paling utma bagi kita seorang muslim. Sebagaimana menempatkan Syahadat sebagai rukun islam yang pertama sebelum rukun rukun yang lainnya.

Mari kita bersama sama untuk belajar dan mendalami ilmu tauhid, agar kelak dapat kembali dalam keadaan husnul khotimah dan kelak diakhirat dimudahkan jalannya menuju surganya Allah … Aamiin. Ikuti Juga Berita Militer Lainnya di Blog Tercinta Ini.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Surat Al – Kahf

Acuk Andrianto
11 min read

111. Surat Al – lahab

Acuk Andrianto
18 sec read
error: Alert: Content is protected !!