Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Contoh Pengingkaran Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara

2 min read

Contoh Pengingkaran Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara

Hai Sahabat Blog Militer, Sebagai Negara Hukum Indonesia Menjamin Hak dan Kewajiban Negaranya. Namun ada beberapa personel Individu yang melaksanakan Pengingkaran Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara, Contoh ?

Contoh Pengingkaran Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara

Setiap individu pasti mempunyai hak dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai seorang warga di suatu negara.

Jika pernah menemukan contoh pengingkaran hak dan kewajiban sebagai warga negara, itu menandakan buruknya hubungan antara warga dan negara.

Setiap warga negara Indonesia haruslah melaksanakan kewajiban yang sudah diatur oleh undang-undang.

Baca Juga : Ius Constitutum adalah Hukum Yang

Baca Juga:

Sementara, negara wajib memenuhi hak setiap warganya dengan baik. Dengan melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang, maka kehidupan bernegara bisa harmonis serta kondusif.

Namun, hak dan kewajiban warga negara seringkali tidak berjalan sesuai dengan ketentuan undang-undang. Hal seperti ini dapat mengakibatkan kehidupan bernegara menjadi kurang stabil.

Definisi Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara

Setiap warga negara hendaknya paham tentang definisi hak dan kewajiban warga negara. Jika ada kasus pelanggaran hak sebagai warga negara, kita bisa menyampaikan keluhan ke pejabat negara.

Di sisi lain, kita sebagai warga negara yang baik juga harus tahu kewajiban sebagai warga negara. Percuma jika kita ingin negara memenuhi hak-hak kita, namun kita abai terhadap kewajiban kepada negara. Ini juga berlaku bagi negara, di mana negara harus memenuhi hak setiap warganya dan tidak hanya menuntut kewajiban dari warga negara.

Artikel Menarik : Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Hak warga negara memiliki definisi sebagai seperangkat hak pada setiap individu yang mempunyai kedudukan sebagai seorang warga dari suatu negara. Hak warga negara Indonesia terdiri atas hak hukum dan hak konstitusional.

Hak hukum merupakan hak-hak warga negara berdasarkan peraturan undang-undang dan hak-hak yang mendapat jaminan perundang-undangan. Sedangkan, hak konstitusional adalah hak yang dijamin oleh UUD NKRI tahun 1945.

Definisi kewajiban warga negara yaitu semua hal yang harus dipatuhi dan dilakukan oleh setiap individu sesuai dengan peraturan undang-undang. Kewajiban sebagai warga negara sama dengan hak warga negara, yaitu dibatasi oleh status kewarganegaraannya.

Dalam sebuah negara, tentu pernah terjadi pelanggaran hak serta kewajiban sebagai seorang warga negara. Keduanya saling melakukan hubungan timbal balik.

Contoh Pengingkaran Hak sebagai Warga Negara

Ketahui beberapa contoh pengingkaran hak sebagai warga negara. Di antaranya yaitu :

1. Penangkapan Warga Negara Tanpa dasar yang Jelas

Negara dalam hal ini pemerintah melakukan penangkapan terhadap warga negaranya dengan dalih menjaga stabilitas keamanan negara. Tetapi, penangkapan atau penahanan tersebut tidak berlandaskan peraturan hukum yang berlaku.

2. Melakukan tindak kekerasan terhadap warga negara

Melakukan tindak kekerasan terhadap warga negara yang belum terbukti menggunakan tindakan ekstrim sehingga membahayakan keamanan nasional.

3. Hukuman Mati

Pelaksanaan hukuman mati bagi seorang warga negara yang melakukan tindak kejahatan berat. Hukumn mati masih menjadi hal yang kontroversial karena bertentangan dengan hak asasi manusia untuk hidup.

4. Pembungkaman Terhadap Media dan Pers

Melakukan pembungkaman terhadap media dan pers yang selalu melakukan kritik terhadap pemerintah. Alasannya, media yang kritis dapat mengganggu stabilitas nasional. Cara pembungkaman pers dan media oleh negara yaitu dengan mencabut Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP).

5. Kebijakan Sewenang Wenang

Pemerintah mengambil kebijakan dengan sewenang-wenang tanpa memikirkan hak warga negaranya. Contoh kasus pelanggaran hak seperti ini contohnya penggususran rumah.

Contoh Pengingkaran Kewajiban sebagai Warga Negara

Jika pengingkaran hak warga negara dilakukan oleh negara atau pemerintah, maka pengingkaran kewajiban tehadap negara dilakukan oleh individu yang berkedudukan sebagai warga suatu negara. Berikut adalah contoh dari pengingkaran kewajiban sebagai warga negara.

1. Tidak Mau Terlibat Dalam Upaya Bela Negara

Bela Negara Merupakan suatu kewajiban bagi bangsa Indonesia, dengan sistem pertahanan semesta yang menempatkan TNI sebagai Komponen Utama dan masyarakat dan SDA Lainnya sebagai Komponen Cadangan pendukung.

Maka Ketidakmauan seseorang dalam upaya membela negara merupakan contoh nyata Pengingkaran Kewajiban sebagai Warga Negara

2. Terlibat Kasus Tidak Membayar Pajak.

Sama seperti bela Negara, Membayar pajak merupakan suatu kewajiban kita pada negara.

3. Merusak lingkungan hidup.

Menjaga Lingkungan tetap asri dan bersih merupakan contoh lain kewajiban pada negara, maka merusak lingkungan hidup juga merupakan contoh pengingkaran Kewajiban Sebagai warga Negara.

4. Melanggar Aturan Dan Tidak Mentaati Hukum Yang Berlaku.

Sebagai Warga Negara kita Kita juga akan termasuk Golongan Masyarakat yang Ingkar terhadap kewajiban bila masih Melanggar Aturan Dan Tidak Mentaati Hukum Yang Berlaku.

5. Melakukan Pengrusakan dan Tindakan Vandalisme Terhadap Fasilitas Umum / Milik Negara.

Akhir kata

Nah sudah tahukan contoh Pengingkaran Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara.

Mengapa harus mengingkari karena sebenarnya banyak manfaat pemenuhan Hak sebagai warga Negara.

Jadi, itulah contoh pengingkaran hak dan kewajiban sebagai warga negara. Semoga kita selalu menjadi warga negara yang baik dan bermanfaat bagi negara Indonesia tercinta.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!