Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Penjelasan Senapan Serbu FN SCAR

1 min read

Penjelasan Senapan Serbu FN SCAR

FN SCAR merupakan salah satu senjata yang cukup populer di dunia. FN SCAR merupakan sebuah senjata yang digunakan untuk pasukan operasi khusus.

Sistem senapan ini merupakan sistem yang memenangkan  kompetisi pembuatan senapan serbu baru untuk tentara USSOCOM pada Desember 2004.

Senapan ini memiliki barel yang dapat dipertukarkan dan dipasang ke bagian atas dengan dua baut melintang.

Memiliki mode menembak dalam semburan tunggal dan terus menerus serta juga memiliki stok plastik terlipat ke samping dan juga dapat disesuaikan panjangnya. Uniknya, peluncur granat 40 mm atau pegangan depan dapat dipasang.

Senapan serbu FN SCAR memiliki 2 jenis, yaitu FN SCAR L (ringan) dan FN SCAR H (berat). Perbedaan antara keduanya terdapat pada amunisi yang digunakan.

Baca Juga:

FN SCAR L dirancang untuk hanya menggunakan peluru kartrid NATO 5,56×45 mm seperti peluru M855 konvensional dan peluru Mk.262 yang lebih berat.

Sedangkan FN SCAR H menggunakan kartrid NATO 7,62×51 mm yang jauh lebih kuat sebagai amunisi dasar. Kemungkinan menggunakan kartrid lain setelah mengganti komponen yang diperlukan yaitu baut, laras, bagian bawah penerima dengan penerima magazine.

Walaupun memiliki cukup banyak varian, FN SCAR memiliki perangkat yang sama, control yang sama, prosedur perawatan yang sama, serta perbaikan dan pembersihan yang sama. Selain itu, FN SCAR memiliki kemungkinan pertukaran suku cadang dan aksesoris yang paling besar.

Persentase pertukaran aksesoris yang dimiliki oleh FN SCAR adalah 90%. FN SCAR memiliki sistem penembakan jarak menengah yaitu sekitar 500-600 meter.

Senapan serbu FN SCAR bermesin otomatis dengan mesin gas, dengan langkah pendek terpisah dari baut pembawa piston gas yang terletak di blok gas pada laras. FN SCAR juga memiliki baut putar yang memiliki tiga lugs, penguncian dilakukan dibelakang sungsang laras.

Untuk varian SCAR L, memiliki penerima yang terdiri dari dua bagian atas, tempat laras dan kelompok baut terpasang, dan bagian bawah terdapat penerima magazine dan modul mekanisme penembakan.

Sedangkan untuk varian SCAR H, memiliki mekanisme penundaan baut yang menghentikan baut di posisi terbuka saat semua katrid di magazine habis. Selain itu, terdapat juga penundaan rana dimatikan dengan tombol di sisi kiri senjata serta terdapat tombol Pelepas magazine di kedua sisi senjata.

Sangat banyak sekali pasukan khusus yang menggunakan senjata ini karena tingkat kenyamanan serta fungsi yang cukup tinggi.

 

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!