PENTINGNYA, TRANSFORMASI ALUTSISTA TNI

2
311

Hai Sahabat  Blog Militer … Kali ini mimin akan membahas tentang Pentingnya, Transformasi Alutsista TNI ( Alutsista Militer Indonesia ), atau lebih tepatnya dengan thema :

PENTINGNYA TRANSFORMASI ALUTSISTA TNI DALAM MENJAGA KEDAULATAN NEGARA

Indonesia sebagai Negara Kepulauan terbesar di Dunia dengan lebih 17.000 pulau yang tersebar dari sabang hingga Merauke. Selain itu Indonesia juga mempunyai letak yang bernilai sangat strategis yang diapit 2 Benua Asia dan Australia serta menjadi penghubung 2 Samudera yaitu Samudera Hindia dan Belanda.

Indonesia yang berada didaerah tropis, mendapat sinar matahari sepanjang tahun membuat daerahnya kaya akan sumberdaya alam dan subur sehingga warganya dapat bercocok tanam dengan baik.

Hal ini tentunya akan mengancam kedaulatan NKRI pada masa mendatang, dimana pengamat militer mengatakan bahwa perang di masa mendatang akan bergeser dari perebutan sumber daya energi Fosil ( seperti yang saat ini terjadi di sebagian wilayah semenanjung arab, dimana hampir seluruh konfliknya didasari perebutan sumberdaya energi terutama minyak bumi ) menjadi perebutan sumber makanan.

ALUTSISTA TNI : DRONE CANGGIH DALAM NEGERI

Maka untuk mencegah kejadian tersebut benar benar terjadi di masa yang akan datang maka perlu adanya strategi pertahanan yang tangguh dan dihadapkan dengan wilayah yang sangat luas maka strategi pertahanan harus disusun dengan memperhatikan Kondisi geografi wilayah sehingga tercipta mobilitas pasukan TNI yang cepat dan sigap saat diperlukan dalam rangka memenuhi tugas pokoknya.

Saat Ini melalui Program Minimum Essential Force ( MEF ) atau Pemenuhan kebutuhan pokok minimum yang dibutuhkan, Indonesia telah mulai melakukan transformasi terhadap sejumlah Alutsista TNI yang telah dianggap usang dan kurang berguna.

Termasuk didalamnya adalah TNI AD dalam mendukung tugas pokok TNI perlu adanya pembaharuan alutsista dimana bila dibiarkan tentunya akan menjadi penghamabat dalam pencapaianan tugas pokok secara keseluruhan.

PEMBAHASAN

TNI pada dasarnya telah memiliki kemampuan personel dan alutsista cukup tangguh dan disegani oleh negara asia tenggara lainnya. TNI telah memiliki kekuatan yang telah dirancang bersasarkan pada tugas pokok yang diembannya.

Namun seiring dengan bergantinya waktu Alutsista ( Alat utama sistem persenjataan ) TNI mulai menua. Sehingga tidak dapat beroperasi maksimal dan diperlukan adanya regenerasi

Postur TNI yang Ideal tentunya adalah perpaduan dari seluruh Matra sehingga dapat dipergunakan dan digelar sedemikian rupa sesuai dengan tugas pokok dan fungsi matra masing – masing.

TRANFORMASI  ALUTSISTA TNI AD

Dalam rangka mendukung manuver Pasukan dan satuan, TNI AD memerlukan beberapa Alutsista baru yang tentunya juga menyesuaikan kebutuhan kecabangan masing – masing.

TNI AD mungkin merupakan Matra yang paling siap bila terjadi keadaan Darurat, Postur TNI AD baik secara personel dan Alutsista sudah cukup baik namun ada beberapa  Alutsista yang harus dilengkapi dan harus segera dipenuhi, sehingga TNI AD mempunyai Postur yang lebih kuat dan tangguh antara lain :

TankHarimau sumber detik.com

1.  Tank Medium .  Indonesia merupakan negara tropis dengan hutan yang heterogen dan cenderung lebat, Tank kelas medium akan sanagt membantu tugas Pokok TNI AD terutama di perbatasan darat seperti Perbatasan Indonesia – Malaysia, Indonesia – Timor Leste dan Indonesia – Papua Nugini.

Penempatan Tank – Tank kelas Medium di perbatasan sebagai beranda negara akan semakin memperkokoh dan mengamankan kedaulatan NKRI.

BERITA MENARIK : ISLAMIDINA

Apalagi Indonesia Melalui PT. Pindad sebenarnya juga telah mampu memproduksi Tank kelas Medium yang berkualitas sangat Baik seperti Tank Harimau.

Tank dengan kecepatan Maksimal 70 Km/jam dan bobot 30 ton ini akan sangat cocok digunakan oleh TNI AD. Ditambah kemampuan senjatanya yang dibekali Senjata utama Turret Kaliber 105mm serta beberapa teknologi canggih lainnya antara lain Battle management System dan proteksi hingga level 5 akan makin membuat negara tetangga segan berbuat sesuatu yang melaggar hukum di wilayah perbatasan.

2.  Senjata Arhanud ( Pertahanan Udara ). Selain Tank Medium indonsia juga membutuhkan pertahanan udara yang tangguh, ini karena dalam peperangan Modern Pesawat tempur dan Rudal merupakan alutsista utama yang sangat menentukan dan harus diantisipasi.

Senjata Arhanud sebenarnya juga bukan hanya kebutuhan TNI AD namun juga merupakan kebutuhan semua Matra dalam TNI. Karena Di TNI AL dan TNI AU juga mempunyai Satuan pertahanan udara.

Untuk jenis senjata yang diperlukan tentunya tergantung kebutuhan dana yang ada, Sistem pertahanan udara S-400 milik Rusia dan Rudal Patriot milik Amerika Serikat merupakan senjata Arteleri pertahanan udara canggih yang dapat didatangkan saat ini.

TRANFORMASI  ALUTSISTA TNI AL

TNI AL juga membutuhkan beberapa alutsista canggih agar semakin memperkuat Posturnya. Ada beberapa Alutsista yang menurut saya perlu Kemenhan datangkan untuk TNI AL, antara lain :

 1. Kapal Selam. Kapal Selam merupakan Alutsista utama yang harus segera dilengkapi, Saat ini TNI AL memang telah mempunyai Kapal Selam nagapasa/Changbogo Class 401 – 405. Namun Sesuai MEF Indonesia membutuhkan setidaknya 3 lagi agar dapat memenuhi kebutuhan pokok minimum sesuai dengan wilayah kita yang 2/3 merupakan lautan. Kapal Selam Scorpene buatan Prancis atau Kapal selam Brey class buatan Rusia akan melengkapi kekuatan TNI AL Kita bila dapat di datangkan

2. Kapal Perang Corvette.  Sekali lagi demi menjaga kedaulatan NKRI di wilayah lautan . TNI AL membutuhkan kapal perang canggih salah satunya adalah jenis Corvette. Hal ini karena Indonesia butuh kapal yang cepat dan gesit namun juga tangguh. Corvette merupakan jenis kapal yang lebih kecil dari fregat namun lebih besar dari kapal patroli pantai. Kapal perang corvette Gowing buatan prancis saya kira layak memperkuat TNI AL.

TRANFORMASI  ALUTSISTA TNI AU

Sama Halnya dengan TNI AD dan TNI AL, TNI AU juga membutuhkan trasformasi alutsistanya. Pesawat tempur Tua seperti F-5 tiger sudah waktunya untuk digantikan agar TNI AU lebih hebat. Ada bebrapa alutsista yang dapat didatangkan TNI AU antara lain:

 1.  PESAWAT TEMPUR GENERASI 5. Pesawat tempur yang ada saat ini memang telah memasuki generasi 5. Dan Indonesia sementara belum mempunyainya. Agar TNI AU dapat sejajar dengan negara tetangga seperti singapu maka harus dilakukan regenerasi pesawat – pesawat tempur kita. Su-35 milik Rusia atau F-35 milik Amerika serikat dapat menjadi pilihan terbaik untuk di datangkan. Namun Dassault Rafalle milik prancis juga tidak kalah hebat. Bila salah satu dari tiga pesawat itu dapat didatangkan maka bukan tidak mungkin TNI AU akan meraih supremasi di udara “ Air Supremacy “

2.  Radar .  Merupakan alat pertama yang mendeteksi benda asing terutama pesawat tempur yang dapat mengancam kedaulatan negara, dimana seharusnya sesuai MEF Indonesia membutuhkan setidaknya 32 Radar. Jauh dari yang saat ini dimiliki oleh TNI AU sektar 20 buah sistem radar. Menambah dengan mendatangkan kembali Radar Canggih Vera-NGb buatan republik ceko menjadi pilihan realistis saat ini.

Radar yang diklaim dapat mendeteksi pesawat siluman “ Stealth “ akan mampu membawa TNI AU semakin berjaya di udara karena tidak ada lagi black Flight yang tidak terdeteksi

KESIMPULAN

Saat ini kebutuhan Tranformasi Alutsista TNI memanglah sangat diperlukan. Karena pepatah mengatakan “ Si Vis Pacem, Para Bellum “ yang kurang lebih bermakna bila ingin damai maka bersiaplah untuk perang.

Indonesia saat ini sedang berusaha memenuhi MEF “ Minimum Essential Force “ atau kebutuhan pokok minimum Alutsista TNI untuk selanjutnya menuju ke program berikutya IEF “ ideal Essential Force “ … Aamiin

Sumber : Blog Berbagi Ilmu Islami

NKRI HARGA MATI

2 KOMENTAR

  1. Mantaps Bang, Artikelnya sangat membangun… Info2 menarik tentang militer yang masyarakat jarang tau,.. Nice info bang,. Next Tetap Semngat Buat ngeblognya,.

Tinggalkan Balasan