Fatal, Ini 7 Kesalahan Penyebab Gagal Lolos Tes Psikologi Dalam Rekrutmen TNI

0
98
penyebab gagal lolos tes psikologi

7 Kesalahan penyebab gagal lolos tes psikologiBlog Militer,- Hai Sobat, pernah mendaftar TNI/POLRI ? Gagal dalam Tes Psikologi ? Mungkin anda melakukan beberapa kesalahan baik disadari maupun tidak.

Atau anda sedang merencanakan mengikuti rekrutmen TNI/POLRI, Karyawan atau PNS yang didalamnya ada tes psikologi. Maka artikel yang dibahas dibawah ini akan sangat bermanfaat, karena kita memang harus banyak – banyak belajar dari pengalaman baik pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain.

Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang beberapa kesalahan dalam melakukan Tes Psikologi yang sering kita lakukan sehingga menyebabkan gagal dalam pelaksanaan tes psikologi.

7 Kesalahan penyebab gagal lolos tes psikologi

1. Tidak Mempersiapkan Diri secara Maksimal

Persiapan yang baik merupakan modal yang sangat baik dalam menghadapi sebuah ujian ataupun pekerjaan lainnya. Bahkan banyak para ahli mengatakan bahwa persiapan yang matang merupakan 60% keberhasilan.

Begitupun sebaliknya, tanpa persiapan yang matang dan baik maka hasil yang diperoleh tidak akan maximal bahkan mungkin mengecewakan dan membuat kita merana.

Dalam pelaksanaan tes Psikologi banyak hal yang harus kita persiapkan antara lain :

a. Persiapkan Mental dan Fisikmu. Mengapa ? Karena Tes Psikologi akan membutuhkan banyak energi dan tenaga yang dikeluarkan. untuk itu istirahatlah dengan cukup dan minumlah vitamin secukupnya.

b. Persiapkan Alat tulis yang dipakai. Alat Tulis adalah alat perang utama dalam melaksanakan tes psikologi. kendala yang terjadi dengan alat tulismu akan dapat merusak konsentrasimu dan sangat berpengaruh pada hasil ujianmu.

C. Pelajari Kebutuhan organisasi. Tes Psikologi adalah salah satu tes guna mengetahui Minat dan bakat peserta untuk mendapatkan pegawai atau karyawan yang sesuai dengan kebutuhan.

salah satu contoh bahwa TNI membutuhkan orang dengan mental kuat kuat dan pantang menyerah jadi kalian harus mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan mental yang kuat.

d. Pelajari soal – soal Psikolgi. Tes Psikologi mempunyai banyak macam tipe atau baterai tes, namun pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama setiap tipenya. Terutama pada soal – soal yang menguji kecerdasan, bila kalian jarang berlatih maka akan terkejut dan akan membuat hasil tes kalia kurang baik.

Serta banyak hal lainnya yang harus kalian persiapkan dengan baik dalam rangka menghadapi tes psikologi agar dapat berjalan baik dan lancar serta mendapatkan penilaian yang sesuai.

Sesuai dengan pengalaman yang saya alami dimana telah puluhan kali melaksanakan tes psikologi, saya selalu berlatih menggambar baik gambar Rumah, pohon maupun orang. Hal ini karena salah satu kelemahan saya adalah menggambar.

Mungkin Tiap orang bisa jadi akan berbeda hal utama yang dipersiapkan, karena ada juga yang ternyata lebih memilih latihan soal yang bersifat hitung – hitungan karena lemah di matematika.

Memang bagi sebagian orang akan bisa mengerjakan soal – soal dalam tes psikologi dengan baik dan benar serta mendapatkan nilai yang baik, namun itu merupakan anugerah yang tidak semua orang miliki.

Jadi semua bergantung pada anda, bila merasa telah dianugerahi oleh Tuhan yang maha kuasa kemampuan, kecerdasan dan bakat yang luar biasa, anda dapat melaksanakan tes psikologi tanpa persiapan, namun jika masih merasa sebagai orang yang normal – normal saja maka persiapkanlah diri anda dengan maksimal.

2. Tidak Fokus Terhadap Perintah Testor/Penguji

Dalam setiap pelaksanaan Psikotes akan ada Testor atau Penguji yang bertugas untuk memberikan arahan dan perintah tentang hal yang harus dikerjakan.

Perintah ini sangat penting untuk dicermati dan dimengerti, karena dalam setiap kata perintah yang diberikan ada kat kata kunci yang nggak boleh dilewatkan dalam pelaksanaan tes.

Kesalahan dalam mengartikan perintah akan membuat anda bingung dalam melaksanakan dan menjawab soal – soal yang diberikan. untuk itu fokus dan cermatilah perintah penguji/testor sesaat sebelum melaksanakan ujian.

Tips :

a. Dengarkan, cermati serta telaah perintah yang diberikan dengan teliti ;

b. Tanyakan hal – hal yang belum jelas.

3. Melamun

Rumus utama mengerjakan soal – soal dalam tes psikologi adalah Fokus. kehilangan Fokus dalam mengerjakan Soal – soal yang diberikan dalam Psikotes akan membuat kita tertinggal dan akan sangat sulit untuk kembali dan mengejarnya.

Kelelahan yang disebabkan tes yang berjalan secara Kontinyu terkadang juga membuat kita melamun dan lupa akan soal – soal yang harusnya dikerjakan.

Tips :

a. Sediakan air putih yang cukup, karena dehidrasi dapat menyebabkan kita kehilangan fokus;

b. Terus bergerak dan berpikir, jangan biarkan otak kita biarkan untuk melayang – layang pada hal – hal yang tidak penting.

4. Mengantuk

Tes Psikologi akan dilakukan secara maraton selama beberapa hari dari pagi hari hingga sore hari, sehingga akan menguras banyak tenaga dan akan meyebabkan mengantuk.

Ketika mengerjakan Tes Psikologi dalam keadaan mengantuk akan sangat merugikan anda, hal ini karena saat mengantuk kemampuan otak anda akan menurun.

Sedangkan banyak materi tes psikologi yang membutuhkan kecerdasan dan ingatan yang maksimal, dan ini akan dapat menyebabkan hasil tes yang kurang baik dan berujung kegagalan.

selain menurunkan ingatan, mengantuk juga dapat menyebabkan kemampuan daya tangkapa otak menurun, ketika daya tangkap menurun maka akan sangat dimungkinkan para peserta tes tidak benar – benar memahami soal yang harus dijawab

5. Kelaparan

Hal lain yang dapat menyebabkan anda gagal dalam pelaksanaan Psikotes adalah mengerjakan soal – soal dalam keadaan lapar. Hal ini dikarenakan saat keadaan lapar tubuh akan kekurangan nutrisi dan menyebabkan kemampuan otak menurun.

Rasa lapar juga akan membuat Fokus kita terbagi hanya kepada Makanan, Makanan dan Makanan. Hal ini sangat berdamapak buruk pada hasil pelaksanaan tes.

Selain Mengurangi kemampuan otak, mengalihkan fokus. Kelaparan juga akan menyebabkan tubuh kita merasa lebih mudah dan cepat lelah yang kembali lagi menyebabkan penurunan kinerja otak.

Tips :

a. Makan yang cukup sebelum melaksanakan tes.

b. Bawa air minum saat pelaksaan tes

c. Makan makanan yang dapat bertahan lama untuk mengganjal perut.

6. Sakit Perut ( Kebelet )

Kebelet atau sakit perut baik ingin buang air besar maupun buang air kecil ketika kita sedang melaksanakan tes psikologi tentunya akan sangat mengganggu.

Sama dengan mengantuk dan kelaparan, Sakit perut juga akan mengganggu Konsentrasi kita saat akan melaksakan berbagai materi yang harus dikerjakan

Tips Menghindari Sakit Perut saat Tes :

a. Makan makanan yang bergizi

b. Cuci bersih dan pastikan kebersihan tangan dan makanan saat makan.

7. Inkonsisten Dalam Menjawab Pertanyaan.

Kesalahan berikutnya yang sering terjadi pada peserta tes Psikologi adalah Inkonsisten dalam menjawab pertanyaan yang diberika oleh penguji.

Padahal Materi Tes Psikologi saling berhubungan dimana dibutuhkan konsistensi dalam cara dan pengisian jawaban – jawabannya.

Khusus dalam materi tes kepribadian maka akan dilanjutkan tes wawancara yang isi pertanyaannya merupakan pengecekan ulang atas apa yang telah dijawab saat tes tertulis.

Perbedaan jawaban saat tes tertulis dan tes wawancara akan menyebabkan hasil tes psikologi anda mengecewakan bahkan lebih burunya akan menyebabkan anda gagal dalam tes psikologi.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan kita kali ini tentang Penyebab Gagal Lolos Tes Psikologi, persiapan merupakan hal yang paling penting dalam menghadapi materi yang di harus dikerjakan.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab gagal dalam pelaksanaan tes psikologi, 7 hal diatas merupakan pengalaman saya yang telah melaksanakan beberapa kali tes dan beberapa kali gagal.

Dengan menghindari 7 hal diatas dan melaksanakan beberapa tips yang telah kami berikan makan kemungkinan gagal akan dapat berkurang dan kemungkinan lolos akan bertambah. Semoga sukses … aamiin

Baca juga beberapa tips psikologi penting lainnya : Strategi dan Tips Tes Koran, Tes Psikologi Gambar, Menggambar orang , Menggambar Pohon, Tes Wartegg , Tips Lolos Akmil atau berita penting lainnya Sejarah lahirnya pancasila, Urutan Pangkat TNI AD serta urutan pangkat TNI AL

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel ini bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb

Tinggalkan Balasan