4 Perang Terbesar Dalam Sejarah Umat Manusia

1 min read

4 Perang Terbesar Dalam Sejarah Umat Manusia

Dalam sejarah kehidupan manusia, pasti tidak jauh dari peristiwa peperangan. Setiap zaman pasti ada saja peperangan yang terjadi akibat dari konflik tertentu.

Konflik antar umat manusia dalam skala besar ini sangat terbukti mengubah alur sejarah.

Berikut adalah perang terbesar yang terjadi dalam sejarah umat manusia.

 

1.Perang 100 Tahun

Perang ini terjadi selama 100 tahun sesuai dengan namanya mulai dari tahun 1337 hingga tahun 1453 antara kerajaan Inggris dan Prancis.

Baca Juga:

Perang yang terjadi selama 100 tahun ini merupakan salah satu konflik paling penting di Eropa, dimana ketika perang ini berakhir, perubahan zaman terjadi.

Pada awal zaman ini merupakan zaman kesatria dan kemudian digantikan dengan zaman persenjataan dan taktik perang yang lebih modern.

Perang ini juga menimbulkan dorongan pada gagasan nasionalisme Inggris dan Prancis.

 

2.Perang Salib

Perang salib terjadi di daerah kawasan timur laut tengah yang memperebutkan tanah suci Yerusalem. Dimana pada zaman itu, Paus Urban II menyerukan perang salib pertama untuk membantu militer kekaisaran Bizantium yang dipimpin oleh Aleksios I untuk berperang melawan orang Turki yang sudah menduduki Anatolia.

Akibat dari perang salib, perairan laut tengah dibuka kembali untuk kegiatan ekonomi dan pelayaran.

 

3.Perang Dunia I

Perang di zaman yang lebih modern ini terjadi pada 28 Juli 1914 dan berlangsung hingga 11 November 1918 yang merupakan salah satu perang terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah umat manusia.

Perang dunia I melibatkan 2 koalisi besar, yaitu Entente Tiga (Prancis, Rusia, dan Inggris) dan alians tiga (Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia).

Awal mula terjadinya perang dunia I adalah ketika Pangeran Franz Ferdinand dari Austria-Hongaria terbunuh di Sarajevo oleh Gravilo Princip yang merupakan seorang nasionalis Yugoslavia.

Akibat dari perang dunia I, terjadi titik balik dunia dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

 

4.Perang Dunia II

Setelah perang dunia I terakhir, terjadilah perang dunia II yang terjadi mulai dari tahun 1939 hingga tahun 1945. Awalnya terjadi karena invasi yang dilakukan oleh Jerman yang pada saat itu dikuasi oleh partai Nazi.

Jerman membentuk aliansi Poros bersama dengan Italia dan mulai untuk menguasai negara-negara lain di Eropa.

Berakhirnya perang dunia II adalah ketika partai Poros mengalami kekalahan dalam berbagai pertempuran dan peristiwa bunuh diri Adolf Hitler dan penyerahan tanpa syarat Jerman juga menandai akhir dari perang besar dalam sejarah umat manusia ini.

 

error: Alert: Content is protected !!