Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Sejarah Perang dari Generasi ke Generasi

3 min read

Perang

Hai sahabat Blog Militer Indonesia, kali ini kita akan membahas perjalanan dan sejarah perang dari generasi ke generasi, akankah ramalan bahwa senjata biologis akan menjadi awal perang dunia generasi ke 5 akan terjadi ? kita bahas bersama yu !!!

Manusia memang mempunyai sifat dasar untuk selalu ingin mendominasi guna menunjukkan eksistensi dan keberadaan diri dan kelompoknya, hal ini menyebabkan terjadinya konflik dan persaingan antar sesama guna menunjukkan siapa yang terkuat dan terbaik.

Pada dasarnya semua manusia yang ada di dunia ini sudah sadar bahwa perang akan mengakibatkan kepedihan, kemiskinan dan penederitaan bahkan menyebabkan banyaknya manusia yang tewas akibat perang, namun hal tesebut tak menyurutkan manusia untuk Berperang.

Seperti dilansir Wikipedia bahwa perang disebakan oleh beberapa hal seperti : Keinginan untuk memperluas wilayah kekuasaan, perbedaan idiologi, perbedaan kepentingan dan perebutan sumber daya alam.

Bentuk, macam dan strategi perang akan terus berkembang sesuai dengan generasinya, hal ini akan menyesuaikan dengan lingkungan strategis dan teknologi yang ada pada generasinya.

Baca Juga:

Wikipedia juga menyebutkan bahwa hingga saat ini perang telah memasuki generasi ke empat yang biasa disebut perang Modern atau perang Asimetris. Hingga seluruh dunia dikagetkan dengan mewabahnya virus Corona yang dimulai dari Wuhan cina pada desember 2019 ( Corona Virus disease 19/Covid-19 ), yang ditengarai akibat adanya kebocoran di laboratorium penelitian virus ( Wuhan Institute of Virology /WIV).

Akankah ini merupakan permulaan generasi baru perang ? ataukah memang sudah mulai masuk ke generasi perang ke 5 ? untuk coba mari analisa bersama perang dari generasi ke genarasi sebelum kita dapat menyimpukan hal tersebut

Sejarah Perang dari generasi ke Generasi

PERANG GENERASI KE I ( PERTAMA )

Generasi ini merupakan awal dari adanya suatu bentu perang yang formal dimana sebelumnya perang yang terjadi adalah perang yang carut marut dan didasari oleh kepentingan antar kelompok. Hingga akhirnya perang 30 tahun dieropa berakhir dan memberikan kedaulatan penuh pada jerman sebagai sebuah negara.

Dan sejak saat itu perang dianggap merupakan suatau cara yang efektif dalam mencapai suatu kepentingan negara ( perang sebelumnya selalu didasari kepentingan agama).

Ciri dari perang generasi pertama adalah mulai digunakannya senjata api sederhana/musket yang dikombinasikan dengan senjata tradisional lainnya seperti panah dan sangkur, adanya penentuan wilayah atau medan perang dengan batas batas tertentu, serta perang berbentuk rapi dan teratur.

Contoh perang generasi I ( Pertama ) adalah perang kemerdekaan mexico, perang saudara di Inggris, perang Inggris – Spanyol, Perang revolusi Amerikan dan Perang Napoleon.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!