Fakta Penting Perang Dunia 2 dan Rekam Sejarahnya

0
111
sejarah perang dunia 2

Majalah Militer Indonesia – Sebelum kemerdekaan Indonesia berlangsung, sejarah mencatat telah terjadi Perang Dunia 2 yang melibatkan hampir seluruh negara di dunia. Peperangan besar yang dasyat ini terjadi pada bulan September 1939 hingga Agustus 1945.

Mengapa Perang Dunia 2 Bisa Terjadi ?

Perang Dunia 2 sebenarnya terjadi karena masalah yang ada pada perang Dunia 1 benar-benar belum tuntas. Hal ini berawal dari kekalahan Jerman hingga membuat negara tersebut terpuruk dari segala sisi. Baik politik, ekonomi hingga sosial budaya yang sangat parah.

Peristiwa ini bermula dari rakyat Jerman yang kala itu memilih Adolf Hitler dari partai NAZI untuk memimpin mereka. Mungkin untuk mengangkat serta mengembalikan keadaan Jerman saja tidak salah karena hanya dalam 3 tahun negara tersebut berhasil bangkit dan menunjukkan kepercayaan dirinya lagi.

Baca Juga : Tank Terkuat Di Dunia

Sayangnya, peristiwa tersebut justru membuat Adolf Hitler kian serakah dan menganggap golongan mereka sebagai ras terbaik serta pantas menguasai dunia. Impian gila tersebut lebih mengarah kepada kekaisaran Roma dalam berkuasa sehingga mempoleh perlawanan.

sejarah perang dunia 2

Awal Mula Perang Dunia 2

Sejarah perang dunia 2 berawal ketika, Adolf Hitler sebagai pemimpin NAZI yang berhasil mengangkat kembali derajat bangsa Jerman memiliki sebuah impian gila. Ia menyebutnya sebagai “Third Reich” atau kekaisaran ketiga dengan menguasai seluruh dunia. Hal ini ia awali dengan menaklukkan Eropa.

Hingga pada 1 September tahun 1939, Adolf Hitler mulai melancarkan aksinya dengan menyerang Polandia sebagai langkah awal. Akibatnya, justru hal tersebut membuat banyak negara marah, salah satunya Inggris.

Mengetahui hal tersebut pun, perdana menteri Inggris langsung menyatakan perang kepada Jerman, tepatnya pada tanggal 3 September 1939. Hari itu, merupakan awal mula terjadinya Perang Dunia II dan berhasil melibatkan banyak negara termasuk kedua adikuasa, AS dan Uni Soviet.

Pihak yang Terlibat dalam Perang Dunia 2

Pada dasarnya dalam perang ini terdapat 2 blok sekutu yang saling melawan. Diantaranya adalah kelompok Axis yang terdiri dari Jerman, Jepang, Rumania, Hungaria, Italia, Slovakia dan Bulgaria.

Sedangkan pihak satunya, yaitu Alliance terdiri dari Inggris, Uni Soviet, Amerika Serikat, Australia, Denmark, Estonia, China, Brazil, Belgia, Kannada, New Zealand, Belanda, Norwegia, polandia, Yunani, India, Czechoslovakia, Yugoslavia,  Afrika Selatan, Latvia, Inggris dan Malta.

Kekuatan yang tidak seimbang ini sebenarnya sudah memperlihatkan kekalahan pihak Axis. Namun, mereka tetap melancarkan berbagai strategi perang. Hal ini karena Jerman juga memiliki tujuan lain, yakni menghapus ras Yahudi karena merasa kehidupan telah kotor karena ulah bangsa tersebut.

Pihak yang Beruntung dari Perang Dunia 2

Percaya atau tidak, dengan adanya Perang Dunia 2 ini ternyata ada pihak-pihak yang diuntungkan. Meskipun mereka tidak terlibat perang secara langsung. Bagaimana bisa? Itulah yang masih menjadi pertanyaan hingga saat ini.

Perang yang telah memakan korban terbanyak sepanjang sejarah ini justru menguntungkan beberapa pihak, seperti bankir. Sebab, mereka melakukan pembekuan pada akun-akun orang Yahudi, terlebih pabrik-pabrik yang menggunakan jasa mereka. Seperti Nestle, Coca Cola dan BMW.

Selain itu, ada beberapa keluarga di Amerika yang justru memberi pinjaman kepada negara-negara yang terlibat perang. Bagaimana bisa? Tidak ada yang tahu dan faktanya memang demikian. Keluarga super power tersebut adalah Morgan, Bush, Du pont, Rotschild dan Rockefeller.

Akhir Perang Dunia 2

Berakhirnya perang dunia 2 kala itu bermula dari pihak sekutu yang berhasil merebut titik-titik penting milik kelompok Axis. Selain itu, mereka juga mengirimkan agen mata-mata untuk mencari tahu kelemahan serta membongkar rahasia kekuatan NAZI.

Keunggulan inilah yang Amerika sebut sebagai titik tolak kemenangan. Selain itu, berakhirnya peristiwa besar dalam sejarah itu juga karena faktor penting yang disebut sebagai operasi militer D-Day karena sekutu sukses menembus pertahanan Jerman.

Alhasil, proses tersebut membuat Jerman kian terdesak dan membuat para jenderalnya melarikan diri. Salah satunya Adolf Hitler sendiri yang bersembunyi di Bunker Museum Berlin. Namun, pada akhirnya ia bunuh diri karena tahu sudah tidak bisa berbuat apa-apa.

perang dunia 2

Kekalahan Jerman

Banyak sejarawan yang sepakat bahwa kekalahan Jerman ini sebenarnya bisa datang dari faktor yang lebih besar. Bahkan kemenangan sekutu tidak bisa dijamin hanya dari satu peperangan saja.

Selain itu, para sejarawan banyak yang mengatakan bahwa NAZI dari Jerman sebenarnya bisa saja menang. Hal ini karena beberapa faktor berikut ini yang memicu kekalahan:

1.     Peralatan yang Salah

Kemampuan Jerman dalam memproduksi senjata hebat memang sudah tidak diragukan lagi. Misalnya MG34, MG42 hingga StG44 yang menjadi alat perang paling hebat. Selain itu, bangsa tersebut sebenarnya juga memiliki armada laut yang hebat dan kuat.

Sayangnya mereka kurang mengerahkan dana dan kekuatan untuk membangun senjata yang lebih hebat lagi sehingga bisa mengalahkan kekuatan Inggris. Bahkan, pesawat yang mereka kembangkan sebagai alat tempur jarak jauh juga kurang efektif.

2.     Kesalahan Strategi

Faktor yang paling fatal bagi Jerman adalah ketika melawan negara adikuasa. Seharusnya bangsa tersebut bisa belajar dari sejarah perang dunia 1 yang memberikan pengalaman kelam bagi mereka. Dalam hal ini, justru Adolf Hitler melakukan kekeliruan fatal.

Di antaranya menyerang Uni Soviet pada tahun 1941. Padahal kala itu ia belum benar-benar mengalahkan Inggris yang menyatakan perang padanya. Selain itu, Jerman justru membuang-buang waktu untuk melakukan pengamanan pada penduduk Yunani sebelum menyerang Uni Soviet.

3.     Memerangi Amerika

Jepang adalah salah satu sekutu dari pihak Axis yang menyatakan perang terhadap Amerika. Padahal hal itu tidak perlu terjadi. Apalagi negara tersebut adalah adikuasa yang bahkan invasi pantai baratnya saja tidak pernah bisa ditaklukkan Jerman dan Jepang.

Jaminan kekalahan tersebut pada akhirnya terbukti ketika terjadi peristiwa besar dan memilukan bagi bangsa Jepang. Di antaranya dijatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki secara berturut-turut hingga menyebabkan Jepang menyerah tanpa syarat.

Dibalik Perang Dunia 2

Salah satu peristiwa penting akibat adanya Perang Dunia 2 ini adalah berdirinya negara Israel. Pada masa itu, orang-orang Yahudi yang merupakan sekutu dari negara adidaya terusir dari rumahnya di Eropa. Hingga akhirnya menjadi kaum tuna wisma karena sudah tidak memiliki tempat tinggal.

Hingga akhirnya sebagian orang Yahudi banyak yang mengungsi dan diterima oleh bangsa Palestina secara terbuka. Sayangnya, hal ini justru membuat bangsa tersebut tidak tahu diri dan perlahan-lahan mencaplok tanah milik mereka. Hingga akhirnya berdirilah sebuah negara yang disebut Israel pada 1948.

Meskipun begitu, kebenaran ini masih simpang siur. Sebab beberapa sumber banyak yang mengatakan jika Perang Dunia 2 sengaja dibuat oleh para petinggi Yahudi. Hal ini karena adanya “Tanah perjanjian”  dalam negara Palestina.

Bagaimanapun hasil Perang Dunia 2, sudah seharusnya hal tersebut tidak perlu diperdebatkan. Apalagi perseteruan seperti ini tidak akan menghasilkan apapun kecuali kerusakan dan perpecahan. Selain itu, apapun awal mula dan motif sebenarnya sudah sepantasnya tidak terulang kembali.

Tinggalkan Balasan