Rangkuman Sejarah Perang Dunia 2

0
184
PERANG DUNIA 2

literacymiliter.com,- Hai sahabat Blog militer yang kami cintai. Kali ini kita akan kembali membahas tentang Sejarah. yaitu Rangkuman Sejarah Perang Dunia ke 2 : Latar Belakang, Penyebab, Kronologi dan jalannya.

Perang Dunia 2 tercatat dalam sejarah hingga kini sebagai Perang terdahsyat sepanjang masa. Hal ini Karena dalam Rangkuman sejarah perang dunia 2 melibatkan negara terbanyak. Dan mengakibatkan jumlah korban yang sangat besar yaitu kurang lebih + 70 juta Jiwa bahkan lebih.

Perang Dunia 2 secara resmi terjadi mulai tahun 1939 hingga 1945 yang melibatkan 2 blok militer di Dunia. Yaitu blok Poros dan Blok Sekutu.

Blog Poros diikuti oleh Jeman, Italia, Jepang Sebagai pemeran utama, sedangkan Blog Sekutu beranggotakan Amerika Serikat, Britania, Rusia dan China.

Penyebab Perang Dunia 2

Saat itu semua negara di Dunia sedang asyik untuk membangun pertahanan negara dan militernya masing – masing. Hal ini menjadi salah satu penyebab perang dunia 2, Ada beberapa alasan lainnya sebagai latar belakang perang Dunia 2 adalah :

Lomba Persenjataan dan saling memperkuat Angkatan Perang

Penyebab perang Dunia 2 yang pertama adalah adanya perlombaan senjata Militer dan saling memperkuat Angkatan Perangnya masing – masing.

Hal ini menjadi latar belakang perang dunia 2. Terutama setelah diperburuk dengan adanya pembentukan 2 Blog Militer besar yaitu Blog Poros dipimpin oleh Jerman dan Blog Sekutu dengan pimpinan Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Adanya Pertentangan Faham Fasisme, Komunisme dan Demokrasi

Penyebab perang Dunia 2 yang kedua adalah adanya pertentangan 3 Paham besar yaitu Fasisme yang menganut Prinsip kepemimpinan tang mutlak dan otoriter.

Komunisme yaitu Paham yang menganut kepemilikan bersama dan tidak adanya status sosial. Serta Paham Demokrasi yaitu Paham yang menganut keterlibatan seluruh masyarakat segala bentuk pemerintahan.

Perbedaan Blog ini akhirnya menyebabkan Paham Komunisme dan Demokrasi sepakat bersekutu ( Blog Sekutu ), untuk menegaskan kekuatan militer yang mereka miliki.

penyebab-perang-dunia-2

Serangan Terhadap Polandia

Latar Belakang perang dunia 2 juga karena adanya penolakan Polandia yang takut akan kehilangan kemerdekaannya untuk bergabung dengan Pakta Anti Komintern.

Hal ini membuat Hitler selaku pimpinan jerman memutuskan untuk menyerang Polandia pada 1 September 1939, dan menyebabkan Britania dan Prancis menyatakan perang terhadap Jerman pada 3 September 1939.

Jalannya Perang Dunia 2

Sebelum Perang

jalannya Perang Dunia 2 tentu tak bisa dilepaskan dengan tokoh sentralnya yaitu Adolf Hitler, Dimana dia mulai menjabat menjadi Kanselir Jerman pada Januari 1933 dan memegang kekuasaan penuh terhadap Jerman.

Pada July 1937 keinginan jepang untuk menguasai Asia Pasifik akhirnya membuat jepang menyerang China dan dimulailah terjadinya perang antara Jepang dan China.

Di eropa Jerman juga ingin memperluas kekuasaan akhirnya harus menganeksasi Austria dan Chekoslavia. serta memaksa Chekoslavia untuk menyerahkan sebagian wilayah kekuasaannya pada Polandia dan Hongaria.

Pada Agustus 1939 Jerman dan Uni Soviet Menandatangani Pakta Non Agresi.

Selama Perang

Perang Dunia 2 secara resmi dimulai dengan Penyerangan negara yang dipimpin oleh Hitler tersebut ke Polandia sehingga menyebabkan Britania Raya, Prancis dan negara – negar persemakmuran menyatakan perang terhadap Jerman.

Bahkan Dalam Pidatonya pada masyarakat jerman, Adolf Hitler mengatakan bahwa ” Saya sudah bekerja 6 tahun mempersenjatai kembali angkatan perang kita.

Dalam jangka waktu ini, 90 Milliar telah digunakan untuk membangunnya. Sekarang dengan peralatan terbaik dan berbeda dengan tahun 1914. Keyakinan saya sudah tidak diragukan kembali “

April 1940 Jerman kembali melanjutkan misinya dengan menginvasi dan menyerang Denmark dan Norwagia, dilanjutkan bulan mei 1940 dengan menyerang Belgia dan Belanda.

Pada Juni 1940, Italia yang bergabung dengan jerman di Blog Poros menyerang dan menginvasi Perancis. Hal ini menyebabkan Sekutu harus mengevakuasi pasukannya di prancis sebanyak 330.000 Orang.

September 1940, Jerman, Italia dan Jepang menandatangani perjanjian Triparti dan pada April 1941 Jerman, Bulgaria dan Honggaria menyerang dan menginvasi Yugoslavia dan yunani.

Jalannya perang Dunia 2 berlanjut Setelah berhasil menguasai Yugoslavia dan yunani, Jerman dan sekutunya melancarkan Operasi Barbarosa yaitu sebuah serangan dan Agresi terhadap Uni Soviet. Hal ini tentunya telah melanggar perjanjian Non Agresi yang telah ditandatangani oleh Jerman dan Uni Soviet.

Serangan ini membuat pemimpin Uni Soviet ” Joseph Stallin “menyatakan bergabung dengan sekutu dan memimpin peperangan melawan Blog Poros. Dan pada Akhirnya Uni Soviet melakukan serangan yang sangat hebat pada Jerman dan sekutunya pada 6 Desember 1941.

Pada 7 Desember 1941 Jepang menyerang Pangkalan utama Angkatan Laut Amerika Serikat ” Pearl Harbour “, dan menyebabkan turut langsung bergabung dalam peperangan bersekutu dengan Uni Soviet dan Britania.

Pada Mei 1942 Angkatan udara Kerajaan Britania Raya mulai berani melakukan serangan terhadap jerman dimulai dengan serangan terhadap kota Collogne. Dan saat ini adalah pertama kali penduduk jerman secara langsung terlibat dalam pertempuran.

Di lain pihak pada waktu yang hampir bersamaan Jepang menginvasi dan menyerang Asia Tenggara dimulai dengan Filipina dan Singapura. Namun pada Juni 1942 jepang harus mengakui keunggulan Amerika Serikat dalam pertempuran Midway. Serta pada November 1942 berhasil merebut guadalcanal dari tangan jepang.

Di seberang Dunia yang lain Uni Soviet juga melaksanakan serangan balasan pada jerman yang dikenal dengan perang Stallingrad, dan pada akhirnya pada angkatan darat ke enam menyerah pada Uni Soviet.

Pada July hingga Agustustus 1943 melalui operasi Husky, Amerika Serikat dan sekutunya mulai menginvasi Sisilia dan daratan utama Italia. Dan setelah pemecatan Perdana Menteri Italia Benito Musssollini oleh Dewan Agung Partai Fasis maka Italia menyerah pada 8 September 1943 ke tangan pasukan Anglo – Amerika.

Namun Bennito Mussollini yang ditahan setelah pemecatannya berhasil diselamatkan oleh jerman dan membuat Rezim Neo Fasis di Italia bagian utara yang berada di bawah kekuasaan Jerman. Hingga Akhirnya menyerah pada 2 Mei 1945.

Pada 6 Juni 1944 atau dikenal ” D Day ” Tentara Sekutu yng terdiri dari tentara Amerika Serikat, Kanada dan Inggris mulai melakukan operasi besar – besaran dengan mendaratkan pasukannya di Normandia Prancis. Dengan Operasi besar – besaran tersebut yang melibatkan kurang lebih 150.000 pasukan akhirnya sekutu berhasil membebaskan Prancis pada Agustus 1944. Operasi dilanjutkan dengan menyeberang ke Jerman pada 11 September 1944.

Pasukan Soviet pun tak mau kalah dengan melakukan serangan ke Tentara Hongaria dan jerman yang menduduki Polandia, Serangan ini berhasil membebaskan Polandia dari cengkraman tentara Hongaria yang akhirnya menyerah pada tentara Uni Soviet.

Serangan Sekutu pada Jerman berlanjut dengan penjatuhan Bom di Dresden Jerman, Serangan ini menyebabkan banyaknya warga jerman yang terbunuh, tercatat kurang lebih 35,000 orang terbunuh dalam kejadian ini.

Pada Maret 1945 Akhirnya sekutu benar benar berhasil menginvasi Jerman dimana serangan besar oleh Uni Soviet pada 16 April 1945 membuat tentara sekutu berhasil mengepung Ibu Kota Jerman ” Berlin “, Hal ini menyebabkan Kanselir Jerman sebagai pimpinan tertinggi Adolf Hitler bunuh diri pada 30April 1945.

Kematian Hitler membuat Jerman kehilangan arah tanpa seorang pimpinan utama sehingga Akhirnya memutuskan menyerah pada sekutu pada 7 Mei 1945 di Reims ( Pimpinan Amerika Serikat ) dan di Berlin pada 9 Mei 1945 ( Pimpinan Uni Soviet ).

Dengan Menyerahnya Jerman maka Blog Poros hanya meninggalkan Jepang yang masih menguasai sebagian wilayah di Pasifik, Namun hal ini tidak berjalan lama karena Akhirnya Jepang juga menyerah tanpa Syarat pada sekutu pada 2 September 1945 setelah Amerika serikat menjatuhkan Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki yang mengakibatkan terbunuhnya 120.000 Orang.

Setelah Perang

Jalannya perang dunia 2 berakhir dengan Menyerahnya Jerman dan Jepang pada sekutu merupakan Akhir dari Perang Dunia II, Namun peperangan masih terjadi di beberapa negara bekas jajahan Jepang.

Seperti Indonesia yang Akhirnya memproklamirkan Kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 setelah dijajah oleh Belanda selama 350 Tahun dan Jepang selama 3,5 tahun.

Sekutu yang melalui Inggris dan Belanda juga masih terus ingin menginvasi Indonesia dengan melaksanakan Agresi Militer, Namun Tekad Kuat dan perjuangan Gigih Tentara Nasional Indonesia dibawah Pimpinan Jenderal Soedirman mampu menjaga tetap tegaknya kedaulatan NKRI.

Demikianlah rangkuman sejarah Perang Dunia 2 dengan keterlibatan Indonesia di dalamnya, Simak terus berita Militer terbaik dan terpercaya hanya di Blog Militer Indonesia.

Tinggalkan Balasan