Banyak Yang Salah, Ini Dia Perbedaan Komcad Dan Wajib Militer

2 min read

Perbedaan komcad dan wajib militer

Blog Militer – Hai kawan kalian tentu telah tahu bahwa sejak tahun lalu kementrian pertahanan telah melaksanakan pendidikan komcad, namun ternyata masih banyak yang salah dan belum mengerti perbedaan antara komcad ( komponen cadangan ) dan wajib militer ( wamil)

Nah untuk itu kali ini kita bahas sama sama ya Perbedaan komcad dan wajib militer karena hal ini perlu diketahui oleh kita sebagai warga negara Indonesia.

Perbedaan Komcad Dan Wajib Militer

Secara sekilas masih banyak yang menganggap komponen cadangan dan wamil merupkan hal yang sama , namun berdasarkan web resmi PPDI kemenhan ada perbedaan antara keduanya.

Komcad atau Komponen Cadangan adalah program sukarela yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Walaupun sama – sama dapat dikerahkan untuk mobilisasi apabila dibutuhkan dalam dan memperkuat kekuatan , yaitu Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai komponen utama pertahanan namun komcad harus berdasarkan kesediaan pribadi secara ikhlash.

Baca Juga:

Baca Juga : Al Zaki, Sosok Sang Prajurit Komando Berprestasi

Perbedaan mendasar dari Komcad dan wajib militer ada pada kesediaan diri. Dalam program wajib militer, negara mengharuskan setiap warganya untuk mengikuti pendidikan militer dan menjadi prajurit sesuai waktu yang ditentukan.

Ada beberapa negara berkembang hingga maju yang menerapkan sistemwajib militer seperti Korea Selatan, Kuba, Kolombia, Angola, Finlandia, Austria, Swiss, Timur Tengah, Israel, Vietnam, Laos dan Korea Utara

Nah Indonesia sendiri tidak menerapkan sistem wamil namun menerapkan sistem komcad seperti USA dan Singapura.

Setiap Warga NKRI yang bersedia masuk dalam Komcad / komponen cadangan bisa mendaftar untuk mengikuti pelatihan Militer di Tempat pendidikan Militer yang telah ditentukan.

Nah Komponen Cadangan ini tidak hanya dimobilisasi untuk kegiatan tempur namun juga dapat digerakkan ketika negara dalam kondisi darurat akibat ancaman selain militer seperti bencana alam.

Nah untuk Mobilisasi itu sendiri, Komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR untuk kepentingan pertahanan negara

Cara Mendaftar Menjadi Anggota Komcad

Berminat ingin mengabdi pada negara sebagai anggota komcad ? Gampang kok kalian bisa mendaftar melalui situs resmi yang telah disediakan, yakni komcad.kemhan.go.id. Atau juga bisa melalui aplikasi Komcad Kemhan yang bisa diunduh di Google Play dan App Store.

Siapa pun dengan latar belakang apa saja bisa mendaftar menjadi anggota Komcad. Bagi mereka yang lulus seleksi, akan mendapatkan pelatihan militer dasar selama 3 bulan di pusat-pusat pelatihan milik TNI, baik TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU.

Selama pelatihan, peserta mendapatkan uang saku, jaminan asuransi, dan kebutuhan lainnya. Negara juga menjamin peserta tetap mendapatkan hak-hak profesinya selama mengikuti pelatihan Komcad.

Berikut ini syarat mendaftar menjadi anggota Komcad:

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Setia pada NKRI berdasarkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945

3. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun

4. Sehat jasmani dan rohani

5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri

Lampiran persyaratan: 1. Surat lamaran 2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) 3. Kartu Keluarga (KK) 4. Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa 5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 6. Ijazah Pendidikan Terakhir 7. Foto ukurang 4×6 cm latar belakang merah 8. Surat Keterangan Sehat 9. Daftar Riwayat Hidup 10. Bersedia menandatangani surat pernyataan kesanggupan untuk mengikuti dasar kemiliteran

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal Masuk TNI Dan POLRI

Cara mendaftar Anggota Komponen Cadangan :

1. Kunjungi link komcad.kemhan.go.id atau unduh aplikasi Komcad Kemhan di Android atau IOS

2. Buat akun. Masukkan data: Nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Email, Nomor Telepon, Kata Sandi

3. Verifikasi Email (pendaftar akan mendapatkan link verifikasi di email yang didaftarkan

4. Login (masuk ke dalam sistem pendaftaran Komcad menggunakan email dan kata sandi yang telah didaftarkan

5. Klik tombol Daftar Sekarang

6. Isi form pendaftaran yang terdiri dari: Data diri, Pendidikan Diri, Prestasi, Profesi, Organisasi, Dokumen

7. Klim tombol Kirim

8. Selamat Anda berhasil melakukan pendaftaran personel Komcad

Akhir Kata

Nah demikian sobat, penjelasan kami tentang perbedaan Komponen Cadangan / Komcad dan wajib militer / Wamil. Yuk Daftar dan mengabdi pada negara melalui Komcad.

error: Alert: Content is protected !!