Perkuat Kerjasama Pertahanan, AL Rusia dan Indonesia Latihan Bersama

0
103

LiteracyMILITER – Hubungan Bilateral antara Indonesia dan Rusia memang telah terjalin sejak lama yaitu terhitung sejak tahun 1960 atau 70 tahun yang lalu. Guna memperingati dan memperkuat hubungan bilateral tersebut Rusia berencana untuk menggelar Latihan Militer bersama Indonesia yang melibatkan Angkatan Laut Rusia dan Indonesia.

Dalam rangka latihan tersebut Rusia akan mengirimkan Armada Angkatan Lautnya ke perairan Indonesia untuk berkunjung dan berlatih bersama. Walaupun demikian Duta Besar Rusia Vorobieva belum memberikan kejelasan secara detail kapan dan dimana latihan tersebut akan dilaksanakan.

Selain Latihan bersama Rusia juga akan memberikan Bea Siswa kepada personel TNI untuk belajar dan berlatih di lembaga pendidikan militer mereka.

BERITA DISARANKAN

Selain melaksanakan Latihan bersama Indonesia, Rusia juga berencana menggelar Latihan bersama negara negara ASEAN Lainnya.

Hal ini juga merupakan kelanjutan dari hasil lawatan Menhan Prabowo Subianto ke Moskow Rusia, dimana dalam lawatan tersebun Menhan Rusia jenderai Sergey shoigu mengatakan bahwa Rusia berminat meningkatkan kemitraan Strategis dengan Indonesia. Ia juga menganggap bahwa Indonesia merupakan mitra strategi Rusia di Asia Pasifik.

Dan terkait kemitraan strategis tersebut Vorobieva seperti dilansir cnnindonesia.com, berharap perjanjian tersebut dapat di tandatangani tahun ini.

Semoga rencana kemitraan Strategis ini dapat membuat Indonesia menjadi negara yang mempunyai kekuatan pertahanan lebih baik dan sejajar dengan negara maju lainnya.

( Red | LiteracyMILITER | Acuk )

Tinggalkan Balasan