Pesawat Militer Indonesia Yang Siap Pertahankan Negara

0
104
pesawat militer indonesia

Hai Sobat Blog ” LITERACY ” Militer yang saya banggakan, Kali ini kita kedatangan penulis tamu yang membahas tentang Pesawat Militer Indonesia Tercanggih Siap Mendukung Pertahanan Negara . Yuk Diikuti ulasannya …

Secara Geografis Indonesia adalah negara besar yang merupakan negara kepulauan terbanyak dengan hampir 17.000 Pulau. Dimana pulau – pulau tersebut tersebar dari ujung barat Sabang hingga ujung Timur Merauke.

Hal ini yang menjadikan Indonesia memiliki keistimewaan yang luar biasa baik dari bentang alam, sumber daya alam maupun kekayaan mineral yang terkandung didalamnya, sehingga tak jarang ancaman datang dari negara lain kerap mengintai kekayaan alam yang kita miliki.

BERITA DISARANKAN

Untuk itu perlu kiranya Indonesia mempunyai Angkatan Perang yang Kuat baik dari segi Personel, Alutsista, Perlengkapan dan peralatan yang kita miliki agar negaranmampu menjaga kedaulatan

Dengan kekuatan Tentara Nasional Indonesia saat ini dan didukung dengan kekuatan alat dan strategi militer yang baik, akan menjadikan Indonesia menjadi negara yang mampu mengatasi berbagai konflik ancaman dari luar. Ini tidak lain karena didukung dengan peralatan yang canggih sehingga para prajurit penjaga kedaulatan dan keamanan negara dengan maximal serta dapat mencegah ancaman yang tidak di inginkan.

Salah satu Alutsista pendukung untuk menjaga kedaulatan yang berfungsi juga sebagai alat yang dapat digunakan sewaktu waktu jika terjadi hal yang kurang baik bagi keamanan negara kesatuan republik Indonesia adalah pesawat tempur.

Apa Sajakah Pesawat Militer Indonesia Yang Siap Pertahankan Negara ??

Tidak banyak yang tahu memang tentang banyak macam dan jenis pesawat militer Indonesia tercanggih yang dimiliki, sebagai pengetahuan bahwa negara kita memiliki pesawat tempur yang canggih dan diakui di dunia diantaranya adalah sebagai berikut simak ulasannya

F-16 Fighting Falcon

F-16 Fighting Falcon merupakan pesawat tempur yang memiliki kecepatan yang sangat luar biasa, dan tak heran pesawat ini banyak digunakan dibeberapa negara maju didunia salah satunya Indonesia. Pesawat ini di produksi dari Amerika dan negara tempat pesawat ini diproduksi juga menggunakan pesawat ini sebagai pesawat tempurnya.

F-16 sendiri terbagi menjadi 3 tipe yaitu tipe F-16A , F16-B, dan F-16C/D. dengan total jenis pesawat ini Indonesia memiliki jumlah 24 buah . jenis pesawat F16 ini sudah digunakan oleh TNI AU sejak tahun 1989 untuk melindungi dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sukhoi Su-27

Koleksi pesawat Militer Indonesia tercanggih selanjutnya adalah Sukhoi Su-27. Jenis pesawat ini digunakan resmi oleh Indonesia sejak tahun 2003, asal diproduksi psawat ini dari Rusia meskipun begitu Amerika juga menggunakan pesawat ini sebagai pelengkap peralatan militernya. Pesawat ini lebih sering digunakan untuk berpatroli oleh TNI AU yaitu untuk menghalau pesawat asing yang memasuki teritorial batas udara negara Indonesia, jika tidak memiliki ijin masuk.

Su – 27 merupakan karya Biro desain perusahaan Rusia ” Sukhoi “, Pesawat yang mengandalkan kelincahannya dalam bermanuver ini juga mampu membawa persenjataan berat yang lebih banyak dari pesawat sejenisnya.

Selain itu Su – 27 juga mempunyai daya jangkau yang cukup jauh yaitu 3.530 KM, dengan kemampuan ini Sukhoi Su – 27 merupakan pesawat tempur Indonesia yang mempunyai jangkauan paling jauh

Sukhoi Su-30

Selanjutnya koleksi pesawat Militer TNI Indonesia adalah Sukhoi-30 ini merupakan pengembangan dari pesawat tempur Sukhoi-27. Dengan melengkapi fitur dari pesawat terdahulu sukhou-30 ini juga dilengkapi dengan perlatan Meriam dan peluru yang sangat canggih. Kabar baiknya Indonesia telah memiliki 11 Sukhoi-30 ini. Karena terkenal lincah dan sudah banyak dipakai oleh negara di dunia Sukhoi-30 ini terkenal sebagai penyerang daratan yang handal.

BAE Hawk

BAE Hawk merupakan salah satu koleksi Pesawat Militer Indonesia yang memiliki 3 jenis Bae Hawk ynag dimiliki Inodenesia, dengan jumlah total pesawat yang dimiliki sebanyak 42 buah yaitu dengan jenis Hawk 53, Hawk 109, Hawk 32. Pesawat ini merupakan pesawat tempur ringan biasanya digunakan untuk latihan penyerangan. Ini dimaksudkan sebelum pilot pesawat tempur menggunakan F-16, pilot pesawat tempur harus mahir menggunakan pewat jenis Hawk ini. Untuk masalah persenjataan pesawat jenis Hawk ini memiliki Meriam yang beratnya mencapai 3.000 kg lebih.

Lockheed C-130 Hercules

Lockheed C-130 Hercules merupakan salah satu pesawat yang tidak bisa dipisahkan dari pesawat lainnya. Ya memang karena fungsinya pesawat ini untuk menganggkut prajurit yang akan melakukan perang.

Bukan hanya prajurit senjata dan perlengkapan lain juga menggunakan transportasi ini untuk mengangkutnya. Meskipun bukan merupakan pesawat inti perang Hercules ini merupakan peswat yang penting karena juga sebagai penunjang mobilitas kelangsungan dan kelancaran pasukan dan pelengkapan perang.

Beberapa pesawat diatas merupakan pesawat militer Indonesia yang selama ini dimiliki, meski tidak begitu familiar mungkin bagi Anda yang sama sekali tidak mengenal dunia dirgantara tak ada salahnya kita mengetahui pesawat apa saja yang sudah dimiliki negara kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Dengan adanya informasi ini diharapkan kita mampu lebih mencintai dan dan Bersama sama menjaga kedaulatan negara dengan tidak terpengaruh isu maupun provokasi yang ingin memecah belah bangsa Indonesia.

Namun kita semua berharap agar ke depan ada pembaharuan pesawat tempur yang Indonesia miliki, hal ini karena beberapa macam pesawat tempur tersembut sudah dimakan usia.

Ada beberapa pesawat tempur yang rencana didatangkan oleh pemerintah Indonesia antara lain Sukhoi Su-35 buatan Rusia, F – 35 Lightning II buatan Amerika atau Dassault Rafale Buatan Perancis.

Dan Pesawat manapun yang didatangkan tentunya akan makin memperkuat pertahanan udara Indonesia dalam menghadapi ancaman , ganguan , hambatan dan tantangan yang timbul di masa mendatang.

Demikianlah ulasan tentang beberapa pesawat militer yang siap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut BLOG MILITER INDONESIA ” LITERACY MILITER “

Tinggalkan Balasan