Pesawat Tempur Terbaik di Dunia, F – 22 Raptor

0
281
pesawat tempur terbaik di dunia

Blog Militer Indonesia,- Pesawat tempur merupakan Alutsista ( alat utama sistem pertahanan ) yang paling utama dalam perang Modern seperti saat ini. Hal tersebut membuat negara – negara maju seperti Rusia, Amerika dan China berlomba – lomba untuk membuat pesawat tempur terbaik di Dunia.

pesawat tempur terbaik

Saat ini teknologi pesawat tempur telah memasuki generasi ke 5 dimana didalamnya telah tertanam sistem avionik yang canggih dan mesin yang lebih ramah lingkungan serta tentunya teknologi siluman yang tak terdeteksi radar militer musuh.

Untuk itu Kali ini Mimin akan membahas sebuah pesawat tempur terbaik di dunia didasarkan pada spesifikasinya, senjatanya, teknologi dan kinerja tempurnya selama ini.

Dan Akhirnya setelah melewati pemikiran yang Puanjang Mimin memilih F-22 Raptor buatan negeri Paman Sam untuk menjadi Pesawat tempur terbaik di dunia versi literacymiliter.com tentunya.

Sekilas Pesawat Tempur terbaik di Dunia F -22 Raptor

F-22 Raptor merupakan Pesawat tempur yang dikembangkan oleh perusahaan dirgantara terbaik dari USA Lockheed Martin dan Boeing.

USA Lockheed Martin dan Boeing F – 22 Raptor adalah pesawat tempur taktis generasi kelima yang sangat canggih dan berkursi tunggal ( Singgle seater ).

Dibekali dengan teknologi Siluman ( Stealth Teknologi ), avionik terintegrasi dan kinerja yang superior membuat F-22 menjadi pesawat tempur yang sangat lincah dalam bermanuver di udara.

Angkatan Udara AS (USAF) menjadikan F – 22 Raptor sebagai pesawat tempur yang memiliki kemampuan superioritas udara dan sesuai perkembangan Zaman menjadi pesawat tempur multiperan ( Multirole ).

USA Lockheed Martin dan Boeing F – 22 Raptor mulai beroperasi dan melakukan penerbangan pertamanya pada September 1997.

Baca Juga : Helikopter Tercanggih di Dunia

Produksi pertama F-22 raptor dikirim ke Pangkalan Angkatan Udara Milik USAF di Nellis pada Januari 2003. Kemudian Pesawat tempur terbaik di dunia ini secara resmi memasuki beroperasi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat pada Desember 2005.

F-22 Raptor menggunakan rudal udara-ke-udara dan udara-ke-darat yang canggih. Teknologi baru yang terintegrasi di dalamnya, menjadikan Pesawat tempur yang unggul untuk berbagai operasi udara, termasuk diantaranya misi pengawasan, pengintaian, serangan, peperangan elektronik, dan sinyal intelijen.

Pesawat ini dibuat sangat spesial bagi Amerika serikat, bahkan untuk melindungi teknologi canggih yang ada didalamnya pihak pemerintah Amerika Serikat melarang F-22 untuk di export ke negara lain, dengan kata lain hanya Amerika yang saat ini memiliki pesawat tempur F-22 ini .

Walaupun Akhir – akhir ini tersiar kabar bahwa sebagai kompensasi penjualan F – 35 Lightning ke UEA, Maka Israel diperkenankan untuk mengimport F – 22 Raptor.

Jet Tempur ini juga diciptakan untuk mengembalikan kejayaan pesawat tempur buatan Amerika yang tersaingi dengan munculnya pesawat pesawat canggih buatan Rusia.

Pesawat Termahal di Dunia

Dengan Spesifikasi gahar tersebut layak kiranya Lokhed Martin / Boing F -22 Raptor di klaim sebagai Pesawat tempur terbaik di Dunia.

Namun Tak hanya terbaik, Alutsista ini juga merupakan pesawat tempur termahal di Dunia dengan kisaran harga antara 150 US$ Per Unit, jauh diatas pesawat canggih lainnya seperti Su -35, Chengdu j – 20 atau bahkan Su – 57 .

Belum lagi biaya Operasional dari pesawat ini, dimana disebutkan bahwa tak akan semua negara mampu membiayai biaya operasinal dari pesawat tempur termaha di dunia ini.

Alasan F -22 Raptor merupakan pesawat terbaik di dunia :

RASIO PERBANDINGAN PEMBUNUHAN 108 : 0

F – 22 merupakan pesawat dengan perbandingan pembunuhan 108 : 0, artinya hingga saat ini hampir tidak ada yang berhasil mengalahkan F-22 dalam petempuran di udara di berbagai peperangan di dunia, dan dengan Rasio seperti tersebut pantas kiranya jika F – 22 diklaim sebagai pesawat tempur terbaik di dunia.

KAPASITAS SENJATA YANG SANGAT BESAR

Pesawat tempur generasi ke 5 ini dibekali dengan kemampuan membawa senjata yang luar biasa, dimana pada sayap – sayapnya memiliki four cantelan yang dapat membawa 5000 Lbs dan mampu menahan tangki fuel atau senjata AMRAAM AIM 120A.

Selain itu F-22 juga dilengkapi dengan three ruang senjata dalam badan pesawat serta ruang utama yang mampu membawa senjata dan rudal terbaik di dunia. Bahkan seperti dilansir Hotcars bahwa F -22 mampu membawa senjata 2 X lebih banyak daripada F – 35.

TEKNOLOGI SILUMAN TERCANGGIH

Dengan desain sayap utama dan sayap belakang yang sejajar dengan sangat tepat membuatnya akan tampak seperti lebah kecil ketika mengudara dan membuatnya tak terlihat di Radar.

Pesawat tempur F-22 Raptor spesial dirancang untuk pertempuran, dimana misi pertamanya dilakukan di Suriah ketika mengahaancurkan ISIS pada 23 September 2014.

Namun Teknologi tremendous canggih tersebut tentunya juga berakibat pada biaya operasional pesawat yang sangat besar, dimana biaya operasional per jam mencapai nilai US $ 68, 362.

KECEPATAN MAX 2414 KM/JAM

Tak hanya mempunyai spesifikasi teknologi siluman dan senjata yang Gahar, Pesawat tempur terbaik di dunia ini juga mampu melesat cepat meninggalkan para kompetitornya jauh di belakang.

Kecanggihan Aerodinamika F-22 Raptor memungkinkan pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan hingga 2414 Km/Jam. Hal ini seperti dilaporkan oleh Wikipedia.

MASA PAKAI PESAWAT YANG PANJANG

Kelebihan Lain yang membuat Mimin menjadikan Raptor menjadi pesawat terbaik di dunia adalah Masa Pakai Pesawat yang panjang bila dibandingkan dengan pesawat sekelasnya terutama pesawat tempur buatan China dan Rusia.

Hal ini Karena Jet tempur F-22 juga dirancang dengan masa pakai pesawat yang sangat panjang dimana diperkirakan mampu untuk bertahan dengan jangka waktu hingga 30 tahun.

Itu belum termasuk untuk program “ Construction Retrofit “ dengan nilai $ 100 juta yang dapat memperpanjang umur dan masa pakai Lokhed Martin Boing F- 22 Raptor.

Demikianlah 5 alasan yang membuat F-22 merupakan pesawat tempur terbaik di Dunia hingga saat ini, mungkin hingga Muncul Generasi terbaru yaitu pesawat tempur Generasi ke 6 yang hingga saat ini sedang di rahasiakan. Dan tentunya sambil berharap Indonesia juga mampu untuk segera mengadakan pesawat tempur canggih guna mensejajarkan diri dengan negara maju lainnya.

Tinggalkan Balasan