Pesawat Tempur China Tercanggih, Chengdu J-10

1 min read

pesawat-tempur-china

Hai Gaess kita tentu sudah tahu tentang beberapa pesawat tempur terbaik di Dunia seperti Su – 35, F – 22 Raptor, Su -57 atau bahkan pesawat terkini Amerika F-35 Lightning II. Namun tahukah kalian bahwa Beberapa Pesawat Tempur China Tercanggih juga tak kalah baiknya, seperti Chengdu J -7, J-10, atau Shenyang J-11 dan J-16.

pesawat-tempur-china

Selain Rusia dan Amerika, beberapa negara juga mengembangkan jet tempur dengan teknologi stealth ( Siluman ) yang tak kalah canggih seperti Prancis, Korea Selatan dan J-10 China. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang kehebatan pesawat buatan china, Yupp .. Chengdu J-10.

Chengdu J -10, Pesawat Tempur China Tercanggih

Pesawat ini merupakan Jet tempur dengan sayap delta ini didesain sebagai pengebom ringan segala cuaca dan mampu terbang dengan kecepatan 2.327 km/jam, menjadikannya salah satu pesawat tempur China tercanggih.

Baca Juga : Aplikasi Foto Penghasil Uang 2021

Pesawat tempur J-10 adalah pesawat tempur multi peran pertama yang dikembangkan China yang secara kemampuan dan teknologi mendekati kemampuan jet tempur Amerika, Rusia dan Eropa.

Baca Juga:

Pesawat ini dikenal sebagai Meng Long atau Vigorous Dragon di Tiongkok dan sebagai Firebird di Barat. Pengembangan J-10 dimulai pada 1988 sebagai taktik China dalam mengejar jet tempur generasi keempat Amerika dan Soviet seperti MiG-29 dan Su-27 dan F – 16.

Chengdu J-10 Pada awal desainnya direncanakan sebagai pesawat tempur superioritas udara, namun runtuhnya Uni Soviet dan perkembangan beberapa konflik Militer di dunia makan berubah menjadi pesawat dengan Multi peran.

Baca Juga : Kekuatan Militer China

Pesawat ini resmi melakukan penerbangan perdananya pada tahun 1998. Keseluruhan proyek dijaga kerahasiaannya. Perlu disebutkan, bahwa foto pertama J-10 keluar hanya 3-4 tahun setelah penerbangan pertama.

Beberapa sumber mengklaim bahwa itu dipengaruhi oleh IAI Lavi. Pesawat tempur multi-peran J-10 memasuki layanan dengan angkatan udara China pada tahun 2004, namun pertama kali diumumkan kepada publik pada tahun 2006. Saat ini sekitar 240 dari pesawat ini dalam pelayanan.

Diperkirakan 300 pesawat tempur jenis ini dibutuhkan untuk angkatan udara China dan mungkin juga penerbangan angkatan laut. Sejumlah negara, termasuk Indonesia, Iran, Pakistan, dan Thailand menyatakan minatnya untuk membeli pesawat ini.

Pesawat tempur buatan china yang dirancang mirip F-22 Raptor sebagai Jet dengan dominasi udara ini juga dibekali dengan Rudal udara ke udara jarak jauh PL-15, yang mempunyai daya jangkau hingga 300 km lebih jauh 120 km daripada rudal AARAAM yang hanya mampu menjangkau 180 km.

Bahkan dengan rudal ini pesawat tempur siluman Chengdu J-10 Mighty Dragon diklaim akan dapat melumpuhkan F-22 Raptor milik Amerika Serikat (AS) seperti ulasan yang ditulis oleh national interest

Dan kedepan J-10 akan makin perkasa, karena akan dibekali dengan Rudal yang saat ini sedang dikembangkan yaitu PL -21 dengan daya jangkau yang lebih jauh.

Baca Juga : Helikopter Tercanggih di Dunia

Saat ini China sedang gencar – gencarnya menawarkan varian Ekspor pesawat tempur siluman J-10 ke berbagai negara seperti India, Bangladesh dan Laos.

Dengan harga $ 41 USD dan segala kecanggihannya sepertinya pesawat ini juga dapat dijadikan alternatif ditengah alotnya negoisasi Su – 35 dan F-35

Pada Akhirnya kita tentu berharap Indonesia dapat segera mendatangkan pesawat tempur canggih guna memperkuat Armada Udara TNI AU agar dapat mengawal kedaulatan Angkasa Indonesia.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Chengdu J-10, Pesawat Tempur China Tercanggih ?, Namun perlu diingat bahwa hingga saat ini China juga mengembangkan Chengdu J – 20 sebagai kelanjutan pesawat ini, jadi nggak sabar bagaimana spesifikasinya. Simak terus ya bersama kami Blog Literacy Militer.

error: Alert: Content is protected !!