Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Pinjaman Online / Pinjol : Kelebihan dan Kekurangannya

5 min read

pinjaman online / pinjol

Sahabat Blog Militer Indonesia, Kali ini kita akan membahas topik yang sedang hangat dikalangan tentara Indonesia, Dimana ada sebagian yang harus berurusan dengan Pinjaman Online. Berikut kita ulas apa sih sebenarnya Pinjol / Pinjaman Online berikut dengan pengertian, kekurangan dan kelebihannya.

Baca Juga:

Pinjaman Online / Pinjol

Memiliki masalah ekonomi memang merupakan hal yang sangat membingungkan. Namun ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika seseorang membutuhkan biaya mendadak. Salah satu cara yang banyak dipilih oleh masyarakat modern adalah melakukan pinjaman online.

Bagi masyarakat modern, pinjaman online memang banyak dianggap sebagai solusi terbaik. Ketika tidak ada orang yang bisa dimintai bantuan atau ketika tidak memiliki jaminan untuk meminjam uang di bank,  pinjol adalah solusi yang paling memungkinkan.

Baca Juga:

Baca Juga : Pinjaman Online / Pinjol Legal Terdaftar OJK

Memang ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh penyedia pinjaman secara online jika dibandingkan dengan pinjaman konvensional. Meskipun menawarkan banyak kelebihan, di sisi lain aplikasi ini juga memiliki kekurangan.

Sebelum Anda memutuskan untuk meminjam uang melalui aplikasi online sebaiknya memahami secara betul-betul kira-kira apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan, Anda akan mampu mengambil langkah yang paling tepat sehingga nantinya tidak akan mengalami penyesalan.

Mengetahui Kredibilitas Pinjol

Banyak yang menganggap jika pinjaman online merupakan cara yang paling mudah untuk bisa mendapatkan pinjaman. Hal ini dikarenakan memang persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa mencairkan dana tidaklah rumit. Saat ini ada banyak sekali aplikasi pinjaman online yang bisa Anda temukan di play store.

Dari banyaknya penyedia pinjaman tersebut, Anda harus berhati-hati dalam memilih aplikasi terbaik. Tidak semua aplikasi pinjaman online mampu memberikan pelayanan sesuai dengan harapan. Jika keliru dalam memilih penyedia pinjaman, dikhawatirkan Jika ternyata Anda mendapatkan pinjaman yang memberatkan.

Salah satu ciri dari penyedia pinjaman yang terpercaya adalah sudah terdaftar OJK. Cara yang paling aman Apabila Anda ingin melakukan pinjaman secara online sebaiknya mengetahui terlebih dahulu latar belakang dari penyedia pinjaman tersebut. Baca informasi secara lengkap mengenai persyaratan dan juga sertifikat-sertifikat yang dimiliki.

Tanpa adanya jaminan semacam ini, akan sangat sulit bagi Anda untuk mempercayainya. Ada banyak orang yang justru merasa menyesal setelah melakukan pinjaman karena ternyata bunga pinjaman tidak sesuai dengan kesepakatan.

Kredibilitas dari penyedia pinjaman harus diketahui terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk mengisi data diri. Baca secara menyeluruh mengenai persyaratan hingga berapa besaran bunga yang harus dibayarkan.

Penyedia pinjaman yang sudah terpercaya tidak akan membebani nasabah dengan bunga yang terlalu besar. Jaminan privasi dan data diri juga harus benar-benar diperhatikan. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar Anda tidak mengalami masalah di kemudian hari.

Kelebihan dari Pinjaman Online / Pinjol

Sebelum Anda benar-benar memutuskan menggunakan jasa pinjol sebaiknya mengetahui terlebih dahulu kelebihannya. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang perlu untuk Anda ketahui agar bisa menjadi bahan pertimbangan:

1. Bisa Melakukan Pinjaman dari Rumah

Kelebihan pertama yang akan didapatkan apabila Anda melakukan pinjaman secara online adalah bisa melakukan dari rumah. Umumnya, seseorang apabila ingin meminjam uang harus datang ke bank atau penyedia layanan. Akan tetapi jika memutuskan melakukan pinjaman secara online, Anda hanya perlu memanfaatkan smartphone atau HP.

Setelah menemukan aplikasi penyedia pinjaman yang terbukti kredibilitasnya, selanjutnya Anda bisa membuka aplikasi tersebut. Di sana terdapat berbagai macam informasi menarik seputar layanan yang disediakan oleh penyedia pinjaman.

Jangan buru-buru untuk mengisi data diri sebelum Anda yakin dengan apa yang dilakukan. Setelah selesai menelusuri dan membaca syarat dan ketentuan melakukan pinjaman, selanjutnya tinggal melakukan pengisian formulir dengan mengikuti instruksi yang muncul di layar handphone.

Apabila pengajuan pinjaman disetujui maka nantinya uang akan dapat dicairkan. Bahkan orang dari penyedia pinjaman akan datang langsung untuk mengirimkan uang tersebut. Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah atau pergi ke bank untuk mengajukan pinjaman.

2. Proses Mudah dan Cepat

Kelebihan selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah bahwa penyedia pinjaman online sistem dan proses pencairan yang mudah dan juga cepat. Apabila dibandingkan dengan melakukan pinjaman melalui bank, meminjam uang secara online jauh lebih mudah. Apabila sudah mengisi formulir dan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, uang bisa segera dicairkan secepatnya.

Terkadang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 minggu atau kurang dari waktu tersebut untuk bisa mencairkan dana. Uang tersebut akan diberikan kepada Anda beserta dengan bukti pengajuan dan tandatangan persetujuan.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan pinjaman secara online, tentu tidak perlu bingung mengatur waktu. Sesibuk apapun kegiatan yang Anda miliki, tetap bisa melakukan pengajuan pinjaman. Jam operasional dari penyedia pinjaman juga lebih longgar dibandingkan bank konvensional.

3. Pencairan Dana Super Cepat

Hal menarik lain yang juga perlu Anda ketahui dari penyedia pinjaman online adalah adanya kesempatan untuk bisa mencairkan dana dalam waktu kurang dari 3 hari. Banyak dari penyedia yang yang memang menyediakan layanan seperti ini bagi mereka yang membutuhkan dana darurat.

Misalnya saja Anda membutuhkan uang untuk membayar biaya rumah sakit. Tentu harus segera mendapatkan biaya agar keluarga atau orang yang sakit bisa segera ditangani. Dengan mengajukan pinjaman darurat melalui pinjaman online maka Anda bisa mendapatkan uangnya segera.

4. Syarat yang Sangat Mudah

Persyaratan yang dibutuhkan Apabila ingin melakukan pinjaman secara online juga sangatlah mudah. Bahkan banyak juga penyedia pinjaman yang tidak membutuhkan jaminan.

Beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan Apabila ingin melakukan pinjaman antara lain seperti dokumen berupa KTP, slip gaji, rekening tabungan, NPWP, dan yang sejenisnya. Dokumen tersebut merupakan hal-hal yang biasanya sudah dimiliki oleh nasabah.

Baca Juga : Aplikasi Vito, Penghasil Uang Atau Penipuan ?

Anda tidak membutuhkan jaminan seperti BPKB, sertifikat rumah atau apapun yang berharga. Penyedia layanan pinjaman secara online memang memberikan kemudahan bagi nasabah. Meskipun demikian, ada hal-hal yang tetap harus diperhatikan apabila akan meminjam uang secara online.

Persyaratan yang sangat mudah seperti ini menjadi kelebihan utama dari pinjaman online. Hampir siapapun yang membutuhkan dana bisa mengajukan pinjaman. Meskipun Anda tidak memiliki jaminan seperti sertifikat atau BPKB, uang tetap bisa dicairkan dengan cepat.

Kekurangan dari Melakukan Pinjaman Online / Pinjol

Setelah mengetahui jika ternyata pinjaman online memiliki banyak kelebihan, selanjutnya ada juga harus mengetahui mengenai kekurangan-kekurangannya. Dengan mengetahui kekurangan dari pinjaman secara online, Anda akan lebih yakin apakah akan mencairkan dana melalui aplikasi tersebut atau tidak.

1. Bunga Harian

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman, perlu untuk Anda ketahui bahwa pinjaman secara online biasanya memiliki sistem bunga harian.

Sistem ini berbeda dengan apabila Anda meminjam uang melalui bank. Semakin lama waktu atau tenor pinjaman, bunga yang dibebankan akan terasa berat. Jadi apabila ingin memutuskan melakukan pinjaman sebaiknya memilih tenor yang singkat.

Bagi calon peminjam sebaiknya menghitung secara sadar kira-kira berapa bunga yang harus dibayarkan dari uang yang dipinjam. Jangan sampai hanya karena membutuhkan dana dengan cepat, Anda justru terbebani di kemudian hari karena bunga yang terlalu tinggi.

2. Suku Bunga Cukup Tinggi

Banyak dari masyarakat yang merasa takut untuk melakukan pinjaman online karena dianggap memiliki suku bunga yang terlalu tinggi. Setelah memutuskan untuk meminjam uang, biasanya nanti akan banyak kekurangan yang harus dibayarkan dari dana yang dipinjam tersebut. Jadi misalnya saja anda meminjam uang Rp1.000.000, uang yang di diterima belum tentu berjumlah tersebut. Hal ini dikarenakan ada biaya-biaya yang harus dibayarkan dan dipotong dari jumlah pinjaman.

Suku bunga yang tinggi juga membuat banyak orang yang terjerumus dalam aplikasi pinjol merasa sangat terbebani. Jika dibandingkan dengan meminjam uang melalui bank, bunga dari pinjaman online bisa berkali-kali lipat. Jumlah bunga yang harus dibayarkan bisa saja membuat seseorang merasa menyesal setelah mengajukan pinjaman.

Baca secara sungguh-sungguh detail mengenai bunga dan syarat-syarat dari pinjaman online. Transparasi dari penyedia pinjaman menjadi tanda apakah penyedia tersebut memiliki kredibilitas yang bagus atau tidak.

Bunga yang besar seperti ini memang hal yang umum terjadi dalam pinjaman secara online. Hal ini dikarenakan, pengajuan pinjaman sangatlah mudah dan tidak memiliki jaminan. Resiko kerugian dan keuntungan penyedia dibebankan pada bunga yang besar.

3. Data Pribadi Sangat Beresiko

Kekurangan berikutnya yang juga perlu untuk diketahui sebelum mengajukan pencairan dana adalah data diri sangat beresiko disalahgunakan. Perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman secara online bisa saja memanfaatkan data tersebut secara ilegal.

Hal ini tentu sangat merugikan bagi nasabah yang sudah terlanjur memasukkan data. Biasanya data tersebut bisa disalahgunakan apabila nasabah atau peminjam tidak mematuhi persyaratan dan telat dalam melakukan pembayaran.

Bagi Anda yang rutin membayar cicilan serta mengikuti persyaratan yang telah disebutkan tentu tidak perlu merasa khawatir. Hanya saja memang setiap orang tidak pernah tahu apakah kedepannya mengalami masalah dalam membayar cicilan atau tidak.

Berdasarkan dari pengalaman orang yang melakukan pinjaman online, data yang dimasukkan dalam persyaratan ternyata pernah disalahgunakan oleh perusahaan tersebut. Cara menagih cicilan atau tunggakan terbilang kurang humanis. Hal ini harus Anda pikirkan secara matang sebelum benar-benar memasukkan data diri untuk mengajukan pinjaman.

4. Beresiko Didatangi Dept Collector

Penyedia pinjol memiliki sistem yang cukup keras dalam menagih cicilan. nasabah yang ternyata sering tidak tepat waktu dalam membayar cicilan, memiliki resiko besar untuk didatangi oleh debt collector.

Banyak yang beranggapan jika meminjam uang secara online akan terbebas dari dept collector. Anggapan ini sangatlah keliru karena justru penyedia pinjaman  memiliki banyak dept collector yang selalu siap untuk mendatangi nasabah yang kurang disiplin.

Anda memang sebaiknya memahami secara detail tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh pinjaman online. Di satu sisi meminjam uang secara online memang sangatlah praktis dan mudah. Akan tetapi disisi lain Anda juga harus berhati-hati karena ada banyak resiko yang mungkin saja terjadi.

Saat ini bahkan banyak juga penyedia pinjol yang ilegal. Mereka menyasar masyarakat yang membutuhkan uang dengan cepat tanpa memikirkan resiko yang terjadi. Anda mungkin saja sudah pernah menerima pesan berupa SMS atau WA yang menawarkan pinjaman secara online. Anda harus berhati-hati dengan tawaran semacam ini karena kebanyakan merupakan penyedia ilegal.

Cara yang bisa dilakukan untuk memastikan Apakah penyedia pinjaman tersebut terpercaya atau tidak adalah dengan melihat legalitas pinjaman online dari situs Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Jangan sampai Anda tidak memastikan legalitas serta kredibilitas penyedia pinjaman. Resiko yang mungkin saja terjadi akan membuat Anda merasa frustasi.

Demikianlah informasi tentang kelebihan dan juga kekurangan dari pinjaman online / Pinjol . Semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!