Beranda tes psikologi / psikotes Tips Mengerjakan Psikotes Deret Gambar TNI/POLRI dan PNS

Tips Mengerjakan Psikotes Deret Gambar TNI/POLRI dan PNS

0
94
psikotes-deret-gambar

Berbicara tentang Psikotes memang tak akan ada habisnya, Banyak Macam dan jenis Tes Psikologi yang biasa dilaksanakan dalam penerimaan TNI/POLRI dan PNS Serta masuk perguruan tinggi. Salah satunya adalah Tes Psikologi penalaran Logika Gambar atau Psikotes Deret Gambar. Tapi tenang, kami akan kembali membongkar Tips cara mengerjakan lengkap dengan contoh Soal dan penyelesaiannya.

Artikel Pilihan :

soal psikotes deret gambar

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas Tes Psikologi Gambar, dimana jenis psikotes tersebut digunakan untuk mengetahui kepribadian atau karakter tersembunyi anda.

Kali ini masih tentang Tes Gambar menggambar namun dengan tujuan yang berbeda yaitu untuk mengetahui kemampuan anda dalam memahami pola tertentu dalam wujud deret gambar untuk kemudian mencari jawaban atau memprediksi gambar berikutnya yang kosong.

Ada banyak yang bilang bahwa jenis psikotes ini termasuk yang paling sulit dan membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakannya, bahkan hanya sedikit orang yang bisa menyelesaikan persoalan tersebut hingga selesai dengan jawaban seluruhnya benar. Tes tersebut adalah psikotes logika penalaran gambar atau Tes Psikologi deret Gambar.

Psikotes logika penalaran gambar atau Tes Psikologi deret Gambar

Dalam mengerjakan Soal Psikotes deret gambar, Kalian akan disajikan beberapa buah seri gambar dengan pola berderet dimana ada satu deret gambar yang kosong. Dan tugas kalian adalah mencari gambar yang benar sesuai pola, guna melengkapi deret gambar tersebut dimana telah disiapkan dalam beberapa pilihan jawaban.

Diperlukan imajinasi dan ketenangan dalam menyelesaikan soal psikotes deret gambar, kita juga harus memahami variasi dan pola gambar yang diujikan.

Variasi Soal Tes Psikologi Penalaran Gambar

Ada beberapa Variasi pola yang harus kalian pahami dalam mengerjakan soal Psikotes logika penalaran gambar atau disebut juga Deret Angka, antara lain :

1. Rotasi Gambar. Variasi Pola pertama dalam soal psikotes deret gambar adalah rotasi atau perputaran gambar. Perhatikan contoh berikut : Mana jawaban yang benar.

contoh soal rotasi gambar

Bila kalian perhatikan dengan benar, gambar diatas menunjukkan bahwa panah bergerak searah jarum jam. Jadi Jawaban yang benar adalah D.

2. Penambahan atau pengurangan Gambar. Pola atau variasi gambar yang kedua adalah penambahan atau pengurangan jumlah elemen gambar yang tersedia. perhatikan contoh berikut.

contoh soal psikotes deret gambar

Dari gambar diatas dapat diketahui bahwa ada penambahan gambar , maka jawaban yang benar adalah gambar B.

3. Jaring – Jaring Gambar.

Variasi pola berikutnya adalah jaring – jaring gambar, yaitu kita harus mengimajinasikan gambar jaring yang tersedia untuk dirangkai atau dibentuk menjadi gambar 3 dimensi seperti kubus, maupun balok.

contoh soal psikotes deret gambar

Jawaban dari deret gambar diatas adalah B, Hal ini karena jaring – jaring yang disusun akan membentuk sebuar gambar 3 Dimensi kotak persegi panjang.

Sebenarnya masih banyak Variasi dan pola dalam soal deret gambar sesuai dengan baterai atau jenis tes psikologi yang diujikan, untuk itu banyak banyaklah latihan.

Tips Mengerjakan Soal Psikotes Deret Gambar

1. Amati Deret Gambar yang tersedia dengan seksama;

2. Cermati perubahan gambar dari gambar pertama, kedua dan seterusnya karena perubahan tersebut akan membentuk sebuah pola atau variasi gambar;

3. Perhatikan jumlah setiap gambar, Tebal – tipisnya garis Gambar, Panjang-pendek garis gambar dan semua unsur gambar. lalu amati perubahan pada gambar berikutnya dan imajinasikan gambar yang benar;dan

4. Teliti alternatif jawaban yang tersedia dan masukkan sesuai pola / variasi gambar pada kolom yang kosong, demikian seterusnya setiap gambar yang akan dikerjakan.

Contoh Soal Psikotes Deret Angka

contoh soal psikotes penalaran gambar
psikotes deret gambar

Baca Juga :

Akhir Kata

Demikianlah kawan artikel kali ini tentang Tips Mengerjakan Soal Tes Psikologi Logika Penalaran gambar atau Psikotes Deret Gambar TNI/POLRI dan PNS, semoga bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu dalam menghadapi dan mengerjakan tes psikologi.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected !!