Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Radar Militer Tercanggih Indonesia

4 min read

Radar Militer indonesia

Hai sobat Blog militer Indonesia dimanapun berada, pembahasan kali ini kita akan membahas Alutsista ( Alat Utama Sistem Pertahanan ) Milik Indonesia, yamg keberadaannya kurang begitu terdengar, namun sebenarnya mempunyai peran yang sangat penting bagi sistem pertahanan suatu negara yaitu Radar Militer tercanggih Indonesia.

Baca Juga:
radar-militer-indonesia-tercanggih-vera-ng

Radar – radar tersebut merupakan Perangkat canggih di bidang militer yang memiliki fungsi sangat vital terutama dalam memantau dan mengetahui benda – benda asing seperti Pesawat tempur canggih, Helikopter Tercanggih dan benda asing lainnya yang memasuki wilayah kedaulatan NKRI.

Dimana Radar – radar militer tersebut ditempatkan di beberapa daerah terdepan dan sangat strategis yang memungkinkan kerjanya dalam melaksanakan pemantauan lebih maksimal.

Baca Juga:

Baca Juga : Teknologi Militer Indonesia

Dan tahukah sobat bahwa sekarang Indonesia sudah memiliki beberapa jenis radar dengan teknologi terbaik. Meskipun masih cukup terbatas mengenai informasi seputar jenis radar sampai akhirnya banyak orang ingin tahu seperti apa kecanggihan dari setiap radar.

Pada umumnya, kriteria dari radar yang dipakai masih memiliki spesifikasi hampir sama. Akan tetapi, bagi Anda yang kurang mengetahui seperti apa daftar radar canggih sebaiknya cermati dari beberapa aspek utama dalam mengembangkan jenis radar secara tepat.

Jenis – Jenis Radar Militer Tercanggih Indonesia

Radar Militer Vera-NG

Indonesia masih diperhitungkan dalam sisi keamanan wilayah udaranya karena memiliki jenis radar Vera-NG. Dimana Radar ini Menjadi salah satu jenis radar militer tercanggih Indonesia, ternyata kemampuan radar satu ini tidak main-main.

Sebab dari kecanggihannya bisa mendeteksi sasaran mencapai 200 titik sekaligus. Sehingga dari kecepatan deteksi sasaran bisa dikatakan sempurna dan lebih luas.

Vera – NG merupakan Radaf Pasif yang bekerja dengan mode operasi menggunakan langkah – langkah dukungan elektronik, yang menggunakan pengukuran dengan mencatat perbedaan waktu kedatangan pada beberapa tempat yang akan mendeteksi secara akurat pemancar udara bahkan dikalim mampu mendeteksi pesawat tempur siluman macam F -22 Raptor atau Sukhoi Su 57.

Keunggulan lainnya dari Vera-NG ini diantaranya bisa mengenali identitas sampai 10.000 jenis sasaran. Baik itu jet tempur dengan teknologi stealth, ataupun drone hingga burung sekalipun bisa terdeteksi secara sempurna.

Bahkan beberapa negara maju seperti Amerika Serikat sempat merasa khawatir dengan kemunculan radar satu ini, karena teknologinya terbilang canggih.

Radar-militer-aws-2

Radar AWS II

Meskipun ada beberapa negara yang sudah memiliki teknologi radar militer canggih. Tentu saja Indonesia tidak mau kalah dengan meluncurkan jenis radar AWS II. Pada jenis radar satu ini masih menggunakan tipe radar analog yang mana dipakai oleh TNI AU. Bahkan radar satu ini mendapatkan sistem update yang mana bisa diubah dalam versi digital.

Menariknya lagi dari kemampuan radar satu ini telah dipergunakan untuk proses pemandu pesawat terbang dan pesawat tempur dalam menjadikan pesawat lawan sebagai target. Karena itulah dari kalangan instansi TNI AU ini membutuhkan radar berteknologi canggih dan sekarang sudah tersedia dalam versi AWS II tersebut.

Giraffe Radar

Menjadi salah satu jenis radar militer tercanggih Indonesia yang mana dikatakan sebagai radar legendaris dari TNI AD. Giraffe Radar ini telah banyak dipakai bahkan sering digunakan sebagai Passive Electronically Scanned Array Radar. Sehingga jangkauan deteksi dari sasaran bisa sampai jarak 350 km. Sedangkan kemampuan dari jangkauan radar militer Indonesia ini bisa mencapai ketinggian 20 km.

Beberapa satuan artileri pertahanan udara Kostrad memakai jenis radar satu ini yang mana dipakai untuk peralatan deteksi dini. Kemudian dari teknologi yang dihasilkan radar ini berasal dari Saab Swedia. Dalam beberapa kesempatan, teknologi Giraffe Radar ini mampu mendeteksi musuh lebih cepat, sehingga walaupun terbilang legendaris, tetapi dari fungsinya masih tetap bisa dipakai maksimal.

Mistral Coordination Post

Instansi TNI AD masih memiliki jenis radar Mistral Coordiantion Post. Bahkan dari teknologi radar satu ini telah memperlihatkan manfaat dan kegunaannya. Bahkan perlindungan aset tempur di TNI AD sudah menggunakan deteksi radar satu ini. Sehingga jenis radar udara memang dikatakan cukup penting untuk memberi perlindungan terbaik untuk bisa memproteksi daerah dan juga beberapa wilayah kedaulatan.

Mistral Coordination Post dikategorikan sebagai radar dengan deteksi dini dari rudal Mistral. Kemudian untuk sistem kerjanya, bisa digunakan untuk mendeteksi musuh di udara dengan jarak 30km. Sedangkan ketinggian cakupan terbang dari Mistral Coordination Post ini bisa mencapai 4km. Sehingga dari ruang lingkup cakupan radar satu ini bisa dikatakan lebih luas bahkan lebih baik dibanding jenis lainnya.

Radar-militer-ar-327

Radar AR327

Kemungkinan besar dari penggunaan radar dari TNI AU dan TNI AL sampai TNI AD akan terus mendapatkan perubahan teknologi. Namun, dari jenis radar AR327 memiliki keunggulan dalam bentuk S-Band Log Range Tactical. Sehingga teknologi dengan melakukan deteksi penerbangan asing, ataupun dari jenis penerbangan biasa bisa diandalkan dengan teknologi radar satu ini.

Salah satu keunggulan jenis radar militer tercanggih Indonesia adalah mampu mendeteksi secara cepat, kemudian bisa diandalkan untuk radar dalam versi mobile. Tidak heran beberapa penerbangan asing atau biasa disebut black flight mudah dideteksi. Sampai akhirnya kemampuan tingkat deteksi radar satu ini benar-benar bisa diandalkan untuk negara-negara lain termasuk Indonesia.

Radar Master T

Bila Anda mencari teknologi radar tercanggih saat ini yang dimiliki TNI AU, maka jenis radar Master T adalah yang paling dikenal. Bahkan radar satu ini diciptakan oleh Thales Raytheon System Perancis. Sehingga dari sisi kecanggihannya tidak diragukan lagi. Hingga mampu melakukan pendeteksian sampai tinggi 30km hingga deteksi daerah di dataran rendah mencapai 444km.

Kecanggihan radar satu ini sudah dikenal sampai ke berbagai negara maju. Sehingga Indonesia masih bisa menggunakan jenis radar satu ini sebagai langkah proteksi dini untuk bisa melakukan deteksi secara cepat jika ada pesawat tempur ataupun ancaman lainnya. TNI AU sudah memasang 20 unit jenis radar Master T ini, sehingga dari beberapa daerah vital Indonesia sudah terlindungi berkat radar Master T tersebut.

Radar Thomson TRS 2215R

Masih dikategorikan sebagai radar reflector yang mana sudah jadi salah satu jenis radar militer tercanggih Indonesia andalan TNI AU. Jenis radar Thomson TRS 2215R telah dikenal sebagai radar dengan kemampuan deteksi objek dari ketinggian. Kemudian keunggulan dari radar satu ini bisa digunakan untuk mendeteksi objek pada cuaca buruk sekalipun. Maka dari itu, Thomson TRS 2215R ini lebih dikenal sebagai Radar early warning ataupun bisa dikatakan sebagai ground control interception.

Berkat teknologi radar canggih inilah semua daerah ataupun sistem pertahanan dari TNI AU dikatakan lebih mudah dikontrol. Sehingga jangkauan 350Nm membuat radar satu ini banyak dipakai untuk beberapa kebutuhan di kalangan TNI AU. Bahkan kemampuan radar canggih satu ini bisa dipadukan dengan penggunaan drone UAV dan Pespur dari TNI. Sehingga ada banyak akses untuk bisa beri pengalaman terbaik dalam melindungi daerah Indonesia.

Baca Juga : urutan Pangkat TNI

Teknologi radar yang sudah sering kita dengar, pada umumnya masih memakai jenis fighter recovery radar. Oleh sebab itu pendeteksian radar dengan sistem lebih cepat pastinya membuat keunggulan radar mudah dirasakan. Bahkan fungsinya bisa digunakan untuk menuntun pesawat tempur untuk bisa kembali ke pangkalan.

Rata-rata jenis radar satu ini digunakan untuk beberapa tujuan terutama pada kegiatan latihan ataupun pada situasi darurat. Beberapa jenis radar lain seperti Gap Filler Radar, dan Low Cover Radar pun bisa dianggap sebagai teknologi canggih yang nantinya bisa berguna dalam jangka panjang.

Teknologi jenis radar militer tercanggih Indonesia sudah dianggap sebagai salah satu kemajuan untuk memproteksi daerah vital Indonesia. Kemudian dari fungsinya akan terus beri manfaat secara pasti baik itu di kalangan TNI AU, AD, dan AL. Ke depannya ada beberapa teknologi radar lebih baik yang membuat semua konsep perlindungan daerah Indonesia bisa terpenuhi.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!