Rahasia Kapal Selam Indonesia Alugoro 405

4
144
alugoro 405

Blog Militer Indonesia;Rahasia Kapal Selam Indonesia Alugoro 405,- Indonesia adalah satu-satunya negara ASEAN yang mampu memproduksi kapal selam sendiri. Namun isu pembuatannya menjadi sensitif dan tidak secara bebas disebarkan, kebijakan ini dilaksanakan agar rahasia kapal selam Indonesia tidak dicuri oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Awal Indonesia Mempunyai Kapal Selam Sendiri

Dikatakan bahwa sejak perang terdahulu, penggunaannya sebagai senjata perang memanglah penting sebagai media perlawanan. Saat World War II, terdapat beberapa jenis kapal besar milik sekutu yang bisa ditenggelamkan oleh torpedo kapal selam milik Jerman.

Hal itulah yang membuat Letnan Ginagan mulai memiliki niatan agar Indonesia merakit kapal selam sendiri untuk menambah kekuatan militer dalam negeri. Kemudian pembuatannya dimulai tahun 1947 dengan panjang hanya sekitar 7 m dan lebar 1 meter. Namun naas, alutsista tersebut disita Belanda.

BERITA DISARANKAN

Perakitan tersebut merupakan awal proses pembuatan kapal selam sendiri oleh Indonesia. Namun baru puluhan tahun kemudian, negara ini memilikinya sendiri yaitu Alugoro 405 yang telah menjalani uji NDD di perairan Bali pada akhir Januari lalu.

Indonesia Satu-satunya di Asean Pembuat Kapal Selam

Mungkin hal tersebut tidak bisa dipercaya bagi rakyat Indonesia namun pelan-pelan tapi pasti, negara ini telah bisa merakit kapal selam sendiri oleh teknisi dalam negeri. Pembuatannya dibuat di Surabaya tepatnya galangan kapal PT. PAL Persero Indonesia.

Proses pengerjaan kapal selam ini merupakan kerja sama antara Indonesia bersama Korea Selatan. Pembuatannya di masing-masing kedua negara dengan mengharuskan adanya transfer teknologi dan pengetahuan kepada tenaga ahli serta teknisi dalam negeri.

Pembuatan Alugoro 405 melibatkan teknisi sebanyak 206 baik dalam negeri maupun dari Negeri Ginseng tersebut. Sebelumnya dua kapal selam milik Indonesia yaitu Nagapasa 403 dan Ardadedali 404 telah dibuat di Korea Selatan, sekarang keduanya telah dioperasikan TNI angkatan laut.

kapal selam alugoro 405

Pembuatan Kapal Selam Alugoro 405

Tipe Alugoro 405 tersebut menjadi yang pertama dirakit oleh Indonesia dan berhasil lolos tahap pengujian. Pembuatannya merupakan kapal selam ketiga oleh PT PAL, kali ini bekerja sama dengan DSME, sebuah teknisi asal Korea Selatan.

Alugoro 405 berhasil menjalani pengujian NDD atau Nominal Diving Depth yang dilakukan pada 21 Januari 2020 lalu di Perairan Pulau Bali bagian utara. Kapal selam tersebut sukses menyelam sampai kedalaman mencapai 250 meter.

Kapal selam Alugoro 405 ini merupakan Diesel Electric Sub Marine Chang Bogo Class U209/1400. Sebelumnya Indonesia telah memproduksi Nagapasa (2017) dan Ardadeli (2018), ketiganya menjadi symbol kerja sama antara dua perusahaan namun keduanya masih belum diproduksi di Indonesia.

Asal Usul Pemilihan Nama Alugoro

Pemilihan nama diambil dari cerita pewayangan nusantara dimana Alugoro sendiri merupakan salah satu senjata yang digunakan Prabu Baladewa, tokoh wayang dikenal memiliki watak tegas, jujur dan bijaksana. Asal usul ini dipilih agar nantinya kapal selam tersebut dapat berfungsi sekuat mungkin.

Senjata tersebut memiliki bentuk gada dengan dua sisinya yang lebih runcing. Alugoro sendiri merupakan hadiah untuk Prabu Baladewa didapatkan dari gurunya, Batara Baladewa. Kekuatannya dipercaya mempunyai serangan sehingga bisa memusnahkan musuh sangat dahsyat.

Kini Alugoro mendapat sebutan The Sillent Killer van Surabaya sebab dirakit di kota Surabaya. Selain itu, semenjak Perang Dunia Kedua kapal selam merupakan satu-satunya perlengkapan perang yang mematikan dan tidak mudah untuk dideteksi oleh lawan.

Spesifikasi Kapal Selam Alugoro 405

Kapal selam ini berukuran panjang hingga 61,3 meter dengan bobot total mencapai 1460 ton dan 1596 ton saat menyelam. Alugoro 405 memiliki kecepatan 21 knot ketika di bawah air serta 12 knot sewaktu berada pada permukaan. Selain itu mampu menampung sebanyak 40 kru.

Kapal selam ini memiliki kemampuan bergerak paling lama diperkirakan sampai 50 hari berturut-turut. Keunggulannya yang lain, Alugoro 405 memang dirancang secara life time sehingga mempunyai umur kisaran 30 tahun selama pemakaian.

Kapal selam Alugoro 405 yang diproduksi sebagai kendaraan perang dilengkapi dengan berbagai persenjataan cangih mulai dari 8 torpedo 533 mm, 14 rudal, roket anti kapal perang buatan Boeing. Selain itu, bisa melancarkan serangan hingga mencapai jarak 124 kilometer.

Kelebihan Kapal Selam Alugoro 405

Proses pembuatan yang dikerjakan di Indonesia membuat spesifikasi kapal tidak jauh menyesuaikan dari kondisi sekitar. Utario menyebut Alugoro 405 ini merupakan alutsista laut paling optimal oleh PT PAL sebab kemampuannya dalam manuver cocok dengan kedalaman kepulauan tanah air.

Keunggulan lainnya yaitu mampu mencapai kedalaman laut sampai 250 meter saat pengujian bahkan pencapaian tersebut bukan maksimum yang dapat ditembus oleh Alugoro. Hal ini merupakan kelebihan paling menarik kapal selam tersebut.

Dalam pengembangan kapal selam ini, PT PAL mendapatkan modal tambahan sebagai Penyertaan Modal Negara (PMN) mencapai 1,5 triliun. Biaya tersebut akan terus digunakan untuk penyelesaian pengerjaan Alugoro 405 yang masih dalam proses 90%.

Pembuatan Kapal Selam Alugoro Menambah Kekuatan Militer Indonesia

Pembuatan perlengkapan perang yang dapat dilakukan sendiri oleh Indonesia pastinya akan menambah kekuatan untuk armada militer tanah air ini. TNI sebelumnya sudah memiliki alutsista cukup lengkap sehingga adanya Alugoro dapat meningkatkan sistem pertahanan angkatan laut.

Sebelumnya Indonesia telah memiliki Nanggala 402, KRI Cakra, Ardadeli 404 dan Nagapasa 403 sudah menjadi koleksi armada laut di Indonesia. Dengan begitum Alugoro yang dibuat sendiri oleh negara akan menambah perlengkapan tersebut.

Alugoro berhasil melewati tahapan NDD yang menunjukkan bahwa pembuatannya telah mencapai angka 90% dan hampir selesai sempurna. Selain itu, PT PAL juga sukses merakitnya dengan meraih predikat zero defect. Nantinya kapal selam tersebut akan diserahterimakan Desember 2020 ke TNI.

Simak Kapal Selam Milik Indonesia yang Lain

Meskipun Alugoro 405 merupakan yang pertama dibuat di Indonesia namun negara ini awalnya juga sudah mempunyai kapal selam lain buatan Korea Selatan, yaitu Nagapasa 403 dan Ardadedali 404. Keduanya telah dioperasikan baik oleh TNI, simak sedikit ulasannya:

Nagapasa 403

Nagapasa 403 telah hadir di pangkalan Surabaya Armada RI pada Agustus 2017 lalu. Kapal selam ini merupakan tipe diesel elektrik 209/1400. Para tentara Indonesia berhasil menambatkan tali ke KRI tersebut sesaat tiba menuju Dermaga Koarmatim Ujung, Surabaya.

Kedatangannya disambut upacara yang dipimpin oleh Ade Supandi, sebagai Kepala Staf Angkatan Laut. Nagapasa 403 berukuran 61,3 meter dan mampu mencapai kecepatan sekitar 21 knot saat menyelam di bawah air.

Ardadedali 404

Kapal selam ini juga merupakan hasil kerja sama dengan Korea Selatan semasa Ryzamizard Ryacudu, Menteri Pertahanan di masa itu. Pemilihan nama dimaksudkan agar senjata tersebut memiliki kesamaan dalam segi kesaktian Ardadedali, senjata milik mahabarata Arjuna.

Kapal selam Ardadedali 404 ini diserahterimakan dari Korea Selatan menuju Menteri Pertahanan berlangsung di galangan kapal DSME, Korea Selatan. Ryzamizard meyakini bahwa kerja sama tersebut dapat menambah kekuatan armada militer Indonesia.

Itu tadi penjelasan mengenai pembuatan Alugoro 405 hingga Nagapasa 403 dan Ardadedali 404. Pembuatannya memang sengaja tidak dibocorkan serta menjadikannya isu sensitif sehingga muncullah rahasia kapal selam Indonesia yang berhasil dirakit seperti keluaran negara lainnya.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here