Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Rekrutmen TNI AD, Cara Mendaftar Dan Persyaratannya

2 min read

Dalam rangka pemenuhan personel, TNI AD kembali membuka  Rekrutmen TNI AD / pendaftaran penerimaan calon prajurit TNI AD baik Tamtama, Bintara maupun Akmil dan Sepa PK ( Perwira sumber Sarjana ).

Baca Juga:

Tahun 2020 adalah Rekor dalam rencana pemenuhan personel TNI AD, dimana bahwa tahun ini direncanakan akan ada perekrutan Prajurit lebih dari 17.200 Prajurit baru guna mengisi satuan satuan baru.

Kamu yang bercita – cita menjadi seorang Prajurit Kopassus, Kostrad, Raider, Arhanud, Armed dan Corps dalam TNI AD lainnya agar terus menyimak dan memantau terus perkembangan proses seleksi calon prajurir TNI AD di web resmi rekrutmen TNI AD atau kami di Blog Militer ini, karena kami akan mencoba terus mengupdate informasi yang ada.

Rekrutmen TNI AD Bintara Dan Tamtama PK

Untuk Tamtama PK ( Prajurit Karier ) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat ( TNI AD ) akan dibagi menjadi 2 Gelombang dimana untuk Gelombang 1 sudah memasuki tahap seleksi, sedangkan tahap 2 akan dilanjutkan pada Triwulan III atau IV tahun 2020 . Dimana Mabes TNI AD mempermudah standarisasi penerimaan dengan menerima pemuda lulusan SMP untuk didik sebagai Prajurit Tamtama TNI AD.

Sedangkan untuk pendaftaran Registrasi Bintara Prajurit Karier  (PK), Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat(TNI AD) akan tetap hanya 1 gelombang dimana untuk pendaftaran on-line saat ini sedang berlangsung hingga akhir Triwulan III 2020 atau tepatnya pada 24 Agustus 2020.

Akademi Militer

Untuk Pendaftaran Taruna Akademi Militer saat ini juga sedang dilaksanakan pendaftaran on-line dimana untuk batasnya adalah tanggal 26 April 2020, jadi tanggal 27 – eight Mei adalah untuk Validasi atau daftar ulang.

Jadi bagi kamu yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai calon prajurit TNI AD segera persiapakan diri kalian baik secara administrasi, Jasmani maupun Psychological. Karena persiapan merupakan tonggak awal keberhasilan kalian.

Demikian Persyaratan Calon Prajurit TNI AD Seperti Dilansir oleh Net Resmi REKRUTMEN TNI AD

Persyaratan Umum Rekrutmen Prajurit TNI AD

1. Merupakan Warga Negara Indonesia;

2. Beriman serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

3. Setia kepada Negera Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) yang bersumber pada Pancasila serta Undang- Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945;

4. Tidak mempunyai catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia;

5. Sehat jasmani serta rohani;dan

6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Persyaratan Lainnya

1. Pria serta/ ataupun wanita, bukan anggota/ mantan prajurit Tentara Nasional Indonesia(TNI)/ Polri ataupun PNS Tentara Nasional Indonesia(TNI).

2. Berijazah minimun SLTA( SMA/ MA ) untuk Taruna Akmil, SLTA( SMA/ MA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)) untuk Bintara PK dan Minumum lulusan SMP untuk Tamtama PK

3. belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama;

4.    bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi prajurit TNI AD;
    
5.    bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan

6.    harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi:

        a)    administrasi;
        b)    kesehatan;
        c)    jasmani;
        d)    psychological ideologi; dan    
        e)    psikologi.    

7.    memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif. 

Panduan Tata Cara Pendaftaran

1. Calon mendaftar On-line melalui internet Resmi rekrutmen Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD)  disini  REKRUTMEN TNI AD, sesuai dengan batasan waktu yang sudah ditetapkan sesuai dengan golongan yang akan didaftar.

( Untuk calon yang belum menguasai metode mendaftar lewat On-line bisa langsung tiba ke tempat registrasi buat memperoleh uraian dari petugas registrasi gimana metode mendaftar dengan bawa persyaratan administrasi cocok syarat yang berlaku)

2. Isi Formulir pendaftaran on-line secara lengkap dan jelas.

3. Cetak atau Printout formulir pendaftaran.

4. Melaksanakan Validasi atau daftar ulang ke Ajendam/ Rem terdekat sesuai dengan bats waktu yang ditentukan dengan membawa bukti printout formulir pendaftaran on-line dan persyaratan administrasi lainnya.

5. Mempersiapkan diri dengan baik untuk melaksanakan seleksi

6. Simak tahapan pilih yang sudah diatur oleh Panda masing- masing

7. Sepanjang proses aktivitas penerimaan tidak dipungut bayaran apapun.

Catatan : Selama Proses Rekrutmen dan seleksi calon Prajurit TNI AD adalah Free of charge, Jangan ada yang percaya akan janji Oknum yang dapat meloloskan menjadi Prajurit dengan imbalan tertentu. Saat ini Proses seleksi telah berjalan transparan dan Profesional.

Dukung agar TNI AD menjadi Intitusi yang PROFESIONAL, MODERN dan DICINTAI RAKYAT

Demikian Panduan dan persyaratan Rekrutmen TNI AD … Semoga berhasil menjadi Prajurit TNi AD

TNI AD adalah KITA … NKRI HARGA MATI …

Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!