Tips Lolos masuk Akmil !!!

5
684
tips lolos masuk akmil

Hai Sahabat Literacy Militer,- Kesempatan Kali ini mimin akan membahas tentang Tips lolos Masuk Akmil, tentunya sesuai dengan versi dan pengalaman penulis sebagai lulusan Akmil.

Semangat pagi, Malam ini tiba tiba saya teringat bahwa pendaftaran on-line Akmil akan segera berakhir dan selanjutnya adik adik akan segera melaksanakan seleksi masuk akmil ketat dan berjuang demi cita cita yang mulia.

untuk itu ada beberapa tips lolos masuk akmil, yang mungkin bisa adek adek tiru sesuai dengan pengalaman yang saya alami dan akhirnya di tes yang Three baru berhasil masuk lembah tidar Magelang ( tempat pendididkan Akmil )

BERITA DISARANKAN

Apa itu Akmil ?

Sebelumnya saya akan sedkit menjelaskan apa itu Akmil agar kalian tahu apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh lembaga ini ?? dan bagaimana kalian menyiapkannya.

AKMIL adalah Kepanjangan Akademi Militer yaitu sekolah yang mendidik calo perwira muda TNI Angkatan Darat. Akmil adalah lembaga pendidikan setara dengan S -1 dimana lulusannya selain dilantik menjadi perwira pertama TNI AD dengan pangkat pangkat Letnan Dua ( Letda ) juga berhak menyandan gelar S.S.T.Han. ( Sarjana Sains Terapan Pertahanan ).

Akmil merupakan pendidikan pembentukan pertama paling tinggi di jajaran TNI AD yang akan disiapkan menjadi pimpinan TNI dimasa depan, hal itu menyebabkan standart penerimaan Taruna juga tentunya lebih tinggi dari pendidikan pembentukan lainnya.

Persyaratan Akademi Militer

a.         Persyaratan umum. Persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain:

1)         warga negara Indonesia;

2)         beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

3)         setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945;

4)         berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 1 Agustus 2020;

5)         tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia (dilengkapi pada saat calon mengikuti pemeriksaan psikologi);

6)         sehat jasmani dan rohani ; dan

7)         tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

b.         Persyaratan lain.

1)         laki-laki, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.

2)         berijazah minimal SMA/MA dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut:

            a)         lulusan SMA/MA tahun 2015, program IPA dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 55,00;

               b)         lulusan SMA/MA tahun 2016program IPA dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 50,00;

            c)         lulusan SMA/MA tahun 2017program IPA, dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 47,00;

            d)lulusan SMA/MA tahun 2018program IPA, dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 46,00;

            e)lulusan SMA/MA tahun 2019program IPA dan IPS, dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal IPA 47,50 dan IPS 42,00; dan

            f)lulusan SMA/MA tahun 2020, program IPA dan IPS, nilai rata-rata minimal UAN akan ditentukan kemudian.

3)         memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

4)         belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 1 (satu) tahun setelah selesai pendidikan pertama.

5)         bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun.

6)         bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

7)         harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi:

             a)       administrasi;

             b)       kesehatan;

             c)       jasmani;

             d)       psychological ideologi;      

             e)       psikologi; dan          

             f)       akademik.     

c.          Persyaratan tambahan.

1)         harus ada surat persetujuan orang tua/wali dan selama proses penerimaan prajurit TNI AD tidak melakukan intervensi terhadap panitia penerimaan maupun penyelenggara pendidikan pertama dalam bentuk apapun, kapanpun dan dimanapun.

2)         tidak berlaku nilai remedial dan bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain atau lembaga pendidikan di luar naungan Kemendikbud, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud atau Disdik Kota/Kabupaten.

3)         tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

4)         bersedia mematuhi peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung, apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jika pelanggaran tersebut ditemukan di kemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama. 

7)         memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif. 

Hal ini seperti dilansir di halaman Resmi rekrutmen TNI AD

Hal – Hal yang Harus Dipersiapkan Dan Tips Lolos masuk Akmil

A. Persiapakan Persyaratan Administrasi

Hal pertama yang harus kalian persiapkan adalah persyaratan Administrasi yang terdiri dari :

  1. Pasfoto Four x 6
  2. Kartu tanda penduduk ( Okay.T.P ) calon
  3. Kartu tanda penduduk ( Okay.T.P ) orang tua / wali
  4. Kartu keluarga
  5. Akte kelahiran
  6. Surat keterangan catatan kepolisian ( S.Okay.C.Okay )
  7. Ijazah dan skhu SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK
  8. Raport SMA

Ingat jangan sampai perjuangan kita kandas hanya karena Administrasi, Tips dari saya adalah mulai saat ini persyaratan diatas sudah mulai disiapkan dari sekarang, Dokumen penting yang telah ada segera dijadikan satu dalam satu berkas, dan untuk yang belum ada maka segera dilengkapi dan untuk berkas yang hilang maka segera cari surat keterangan sebagai pengganti dokumen asli dari dinas terkait ( Contoh hilang ijazah SD, maka segera ke sekolah asal minta surat keterangan dan pengantar untuk meminta Duplikat atau surat pengganti lainnya di Disdik setempat )

B. Persiapkan Kondisi Kesehatanmu

Salah satu seleksi yang akan dilaksanakan setelah pelaksanaan seleksi administrasi adalah Seleksi kesehatan, Seleksi ini terdari berbagai macam materi baik fisik maupun kejiwaan. Untuk tes kesehatan fisik kalian akan di cek dari ujung rambut sampai ke ujung kaki.

Sedangkan untuk tes kejiwaan kalian akan melaksanakan seleksi pengecekan kondisi kejiwaan untuk mengetahui ada kelainan atau tidak ( Waras atau gila … hihihi )

Tips lolos masuk akmil kesehatan :

Segera laksanakan Medical Test Up ke RS. Tentara terdekat yang akan menjadi tempat pengecekan/seleksi . sekali lagi intinya pada melaksanakan pengecekan pada Rumah Sakit tempat Tes dilaksanakan. Mengapa ? Karena merekalah nanti Dokter yang akan mengetes selama pelaksanaan seleksi. sehingga hasil medical Test up tidak akan jauh berbeda dengan saat pelaksanaan tes. kalaupun ada kekurangan maka kalian akan dapat langsung membenahi pada dokter yang tepat.

Begitu juga dengan kesehatan jiwa laksanakan tes di tempat yang sama, karena di beberapa RS tes kejiwaan dilaksanakan berbeda dengan MCU.

C. Persiapkan Kondisi Kesamaptaanmu ( Kebugaran Fisik )

Selanjutnya Kalian juga harus menyiapkan Kodisi kebugaran fisikmu untuk menghadapi tes kesamapataan.

Tes Kesamaptaan terdiri menjadi 2 yaitu tes kesegaran Jasmani dan tes ketangkasan.

Tes kesegaran Jasmani terbagi menjadi 2 yaitu :

a) Garjas A. Melaksanakan Lari selama 12 menit dengan menempuh jarak yang sejauh jauhnya sesuai kemampuan. usahakan minimal dapat jarak 2800 M ( nilai 70)

b) Garjas B. Terbagi menjadi 5 Materi yaitu B1 ( Pull-up ) B2 ( Sit-up ) B3 ( Push-up ) B-4 ( Lunges ) dan B-5 ( Suttle Run/ lari angka 8 )

Tes Ketangakasan yaitu melaksanakan renang sejauh 50 M. Untuk Tes renang kalian hanya perlu untuk berenang sejauh 50M dengan gaya katak tanpa diperhitungkan waktu ( asal sampai )

Tips Khusus Tes kesamaptaan tak ada kata lain selain Latihan , Latihan dan latihan. Namun ada beberapa Trik yang dapat digunakan dan nanti akan kami bahas lebih dalam per materi ( Disimak terus Blog ini ya )

D. Persiapakan Kondisi Psikologi

Hal Keempat yang harus kalian persiapkan adalah Kondisi Psikologi, Pada saat tes psikologi ada beberapa materi yang diseleksi baik untuk mengetes IQ ( Kecerdasan ). EQ ( Kondisi emosional/jiwa) maupun minat dan bakat apakah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Akmil selaku lembaga yang akan mendidik para Taruna.

Tips Tips lolos masuk akmil Psikologi: Laksanakan kegiatan sehari hari dengan penuh rasa tanggung jawab dan disiplin yang tinggi , hal ini akan berpengaruh pada hasil psikologi kalian yang akan secara tidak sadar muncul saat pelaksaan Tes, Suggestions kedua bila ada rezeki lebih maka laksanakan bimbingan tes psikologi. mereka akan memberikan saran apa yang harus kalian perbaiki.

E. Persiapkan Akademik

Hal yang berbeda antara tes AKMIL dan Bintara / Tamtama adalah pada tes masuk taruna akmil ada dilaksanakan tes Akademik terdiri dari berbagai materi yang seperti Matematika, IPA dan bahasa dll ( Sesuai UAN )

Tips Tips lolos masuk akmil Akademik: Pelajari materi dan soal soal UAN yang telah lalu, karena selain mirip tingkat kesulitannya biasanya sama dengan soal soal yang di ujikan saat UAN ( untuk lulusan tahun ini berarti lihat dan pelajari soal soal UAN tahun lalu )

Begitulah beberapa Tips lolos masuk akmil yang harus dipersiapkan saat kalian akan melaksanakan tes Akmil, Usahakan maximal pada setiap tes dan mendapat Rating 30% dari yang dibutuhkan. Mengapa karena hal ini akan sangat membantu saat sidang pantukhir dimana sebenarnya hampir yang melaksanakan tes pantukhi telah memenuhi syarat untuk jadi taruna ( lulus). Namun ingat ini adalah seleksi dan ada batas Kuota yang harus dipenuhi. dan ini sanagat membantu Kelolosanmu. ( peserta yang ikut sidang pantukhir biasanya disebut lulus tapi tidak lolos / karena keterbatasan alokasi )

Paling terakhir dan ini adalah yang paling penting adalah berdoa. Ingat tugas kita adalah berusaha namun yang menentukan hasilnya ada Allah yang maha kuasa.

Jangan percaya terhadap orang yang menawarkan kelolosan karena saat ini semua serba transparan, dan kemungkinan kecil ada yang bisa merubah hasil tes. Bila Yang maha kuasa menghendaki kamu Lolos maka tidak akan ada yang dapat menghalangi kalian menjadi seorang taruna AKMIL

Selamat berusaha semoga sukses

Salam kami alumni pendaftar AKMIl tahun 1999,2000 dan 2001 (sudah tua ternyata … hihihi)

5 KOMENTAR

  1. Berat juga yah, pastinya yang lolos akmil benar-benar SDM yang sangat berkualitas dengan lolos banyak saringan seperti ini, makasih infonya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here