S – 500, Rudal Rusia Terkini Yang Mampu Tembus Antariksa

0
475
rudal antariksa rusia terkini

S – 500 Rudal Antariksa dari Rusia – Hai Sahabat Blog Militer Indonesia ” LITERACY MILITER ” di seluruh nusantara yang kami banggakan. Kali ini kita akan kembali menganalisis alustsista – alutsista di Dunia Militer khususnya dari senjata darat ke udara atau biasa disebut Rudal.

rudal antariksa

Saat ini Angkatan Rusia masih mengandalkan sistem pertahanan udara S – 400 Triumf sebagai senjata utama dalam menghadapi serangan – serangan pesawat tempur terbaik dan tercanggih di dunia, Sistem pertahanan canggih yang membuat banyak negara turut memesan pada Rusia guna menjaga kedaulatan udara negara masing – masing.

S – 400 Triumf memang masih di klaim sebagai rudal pertahanan udara paling canggih guna menghadapi serangan udara baik dari pesawat militer musuh maupun rudal arteleri medan yang masuk ke daerah pertahanan sendiri.

Sistem pertahanan udara Rusia ini makin tangguh tatkala Rusia meluncurkan S – 350 Vityas Guna melapisi S – 400 Triumf yang berguna sebagai pembersih pesawat dan rudal yang lolos daru sergapan S -400.

Baca Juga : Teknologi Militer Indonesia

Namun Rusia menyadari betul bahwa peperangan era baru akan terus berkembang dan tidak lagi mengandalkan pesawat – pesawat tempur biasa, yang saat ini dimiliki hampir oleh seluruh negara seperti F – 15, F- 16 , Su 27, Su 30 , Su 35 atau bahkan pesawat tempur Siluman semacam F- 22 Raptor, F – 35 lightning II maupun Sukhoi Su – 57.

Perang Era baru diperkirakan akan menggunakan alutsista yang lebih canggih dengan mengandalkan kemampuan komputer – komputer super seperti Pesawat udara nir awak ( PUNA )/ Drone, pesawat pembom siluman super canggih yang terbang jauh diatas kemampuan Radar Militer yang ada saat ini serta pertempuran jarak jauh dengan menggunakan Rudal – rudal yang di komandoi oleh satelit yang berada di luar angkasa.

Untuk Itu negara yang dipimpin Oleh Vladimir Putin ini segera menyiapkan penangkal dan pencegahnya yaitu Rudal Rusia terkini yang diklaim mampu menembus antariksa dengan S -500 PROMOTHEUS

S – 500, Rudal Rusia Terkini Yang Mampu Tembus Antariksa

Sebenarnya Pemerintah Rusia pada tahun 2019 telah sedikit membocorkan rencana pembuatan Rudal sebagai sistem pertahanan udara yang baru sebagai penerus Rudal S – 400 Triumph.

S – 500 sebagai Rudal Rusia terkini diklaim tidak hanya bertindak sebagai sistem pertahanan udara dan peluru kendali Konvensional namun akan merubah era baru sistem pertahanan udara rusia dengan kemampuan hingga menembus antariksa

Tujuan Pembuatan Rudal Rusia Terkini, S – 500 ” Promotheus “

S – 500 Promotheus memang dirancang dengan tujuan yang sedkit berbeda dengan pendahulunya seperti S – 300, S – 350, S- 400 dimana senjata pertahanan udara tersebut di desain untuk menghancurkan dan menghalau Rudal Konvensional dan pesawat tempur musuh.

Berikut 3 Tujuan utama pembuatan Rudal Rusia Terkini, S – 500 Promotheus antara lain :

1. Sebagai Penghancur Pesawat dengan nilai tinggi seperti Awacs ( Airborne warning and control sistem ). Dimana kedepan pesawat – pesawat Awacs akan mempunyai nilai tinggi dan strategis sebagai pengendali pesawat tempur tanpa awak yang menjadi alutsista utama di garis depan.

Pesawat Awacs ini akan ditempatkan jauh di belakang garis pertempuran sehingga tidak terjangkau dengan Rudal – rudal Konvensional serta berada pada wilayah yang relatif aman.

Namun sebenarnya bahwa otak pertempuran udara justru ada pada pesawat ini, dengan dibekali teknologi sangat canggih dan operator yang mumpuni pesawat Awacs seperti Boeing E-3 akan menjadi momok yang menakutkan pada negara negara yang berkonflik dengan Amerika serikat dan sekutunya.

Baca Juga : Pesawat tempur terbaik di Dunia

Agar hal tersebut tak terjadi maka Rusia menyiapkan sistem pertahanan baru yaitu S – 500 yang memiliki kemampuan mendeteksi dan menghancurkan pesawat yang aero dinamis bahkan rudal – rudal jelajah musush yang mempunyai kecepatan hipersonik serta pesawat yang berada jauh di garis belakang seperti Awacs.

2. Menghancurkan Pesawat Siluman Pembom Nuklir . Saat ini Amerika sedang mengembangkan pesawat B -21 sebagai penerus pesawat siluman pembom B – 2 yang mampu terbang diatas jangkauan rudal Konvensional seperti S – 300 dan S – 400 serta mampu membawa Bom Nuklir.

Bila tahun 1945 Amerika mampu membuat jepang bertekuk lutut dengan dijatuhkannya Bom di Hiroshima dan Nagasaki, tentunya kita semua dapat membayangkan betapa hebat dan berbahayanya pesawat Silumat pembom Nuklir B -2 apalagi B – 21 bila tak dapat dilumpuhkan.

Maka Rusia mengembangkan Program Nuklir terkinir S -500 Promotheus yang satu tujuannya untuk dapat mencegah dan mengatasi serta melumpuhkan pesawat pembom siluman seperti B -2 atau bahkan B-21.

Untuk itu S – 500 Promotheus akan dibekali kemampuan hingga mampu menembus antariksa yaitu kurang lebih hingga ketinggian 200 KM dan juga mampu menjangkau sasaran hingga 600 Km.

3. Menghancurkan Satelit – satelit buatan di Antariksa. Satelit – satelit yang mengorbit di antariksa mempunyai nilai yang sangat penting dalam pertempuran era baru dimana benda ini akan menjadi alat kelancaran telekomunikasi bahkan dapat menjadi mata – mata dan pengintai yang handal dengan mengirimkan hasil pencitraan yang mereka miliki dan menghasilkan data data yang sangat akurat.

Untuk itu Rusia merancang dan mendesain S – 500 sebagai rudal yang mampu menghancurkan satelit – satelit yang merugikan negara mereka terutama dalam pertempuran dimasa mendatang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai S – 500 Rudal Rusia Terkini yang mampu menembus antariksa dan diperkirakan akan menjadi Era Baru sistem pertahanan udara Rusia bahkan di Dunia. Namun tak seperti pendahulunya S -300, S – 350 dan S – 400 yang telah di export oleh Rusia ke berbagai negara seperti China, Suriah dan Turki, S – 500 Promotheus hanya dipakai oleh Angkatan Perang Organik Rusia dan terus dikembangkan agar lebih canggih.

Namun sebagai Manusia yang cinta damai tentunya kita berharap bahwa senjata – senjata canggih seperti Rudal Rusia S – 500 Promotheus ini tidak sampai digunakan karena memiliki dampak yang sangat menghancurkan.

Tinggalkan Balasan