Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Tank Harimau, siap jadikan Indonesia Macan Dunia

1 min read

literacyMILITER – Hai Gaess kita akan kembali untuk Analisa Alutsista, Kali ini kita akan mengupas tentang Tank Buatan Dalam Negeri yaitu Tank harimau.

Banyak Tank terkuat di Dunia, Namun Sebagai negara tropis dan mempunyai hutan dengan tumbuhan yang relatif lebat dan rimbun serta memiliki dataran yang bervariasi, Indonesia membutuhkan kendaraan lapis baja yang ringan namun ampuh dalam mendobrak kekuatan musuh serta dapat menjadi pelindung bagi pasukan depan Infanteri.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut PT PINDAD bekerjasama dengan perusahaan handal dari Turki FNSS Savunma Sistemleri membuat varian Tank yang diproyeksikan sebagai Tank andalan satuan – satuan TNI terutama TNI AD.

Baca Juga : Pesawat Bell Boing V-22 Osprey

Tank Harimau Hitam/ Harimau medium Tank adalah jawabannya, Tank yang mempunyai berat 30 -35 Ton ini akan diawaki oleh 3 orang dengan persentaan yang melekat adalah Turret 105 mm, smoke grenade dan Senapan mesin  Coaxial 7,62 mm. Tank ini akan segera menggantikan Tank – Tank tua yang sudah tidak layak pakai sehingga diharapkan terjadi penyegaran Alutsista di satuan satuan TNI.

Selain memiliki persenjataan yang garang, Tank ini juga akan dilengkapi dengan sistem Proteksi yang canggih yaitu sistem proteksi STANAG 4569 level 4 yang dapat melindungi dari tembakan peluru dengan kaliber 14,55 mm serta STANAG 4569 level 5 yang tangguh terhadap proyektil peluru dengan kaliber 25 mm.

Baca Juga:

Tak cukup sampai disitu tank yang mampu berlari dengan kecepatan 70 km/jam ini juga dilengkapi anti radiasi Nuklir. Pemindai laser dan Granat asap yang sangat berguna dalam kondisi darurat.

Baca Juga : Senjata AK – 47

Tank ini tak hanya untuk digunakan oleh TNI namun Tank ini juga akan di Ekspor ke beberapa negara yang berpotensial dan memiliki kemiripan medan seperti Indonesia seperti Filipina dan negara asia lainnya.

Sebagai warga Negara Indonesia tentunya kita bangga, bahwa Indonesia saat ini mulai mengejar ketertinggalan di bidang kemiliteran dan sejajar dengan negara negara maju lainnya. Karena bila kita ingin negara aman maka kita harus siapkan sistem dan perlengkapan keamanan negara itu sendiri.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Tank Harimau, Tank Buatan anak dalam negeri yang siap menjadikan Indonesia sebagai Macan di Asia bahkan Dunia.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!