Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Sarana Dan Prasarana Adalah, Apa Perbedaannya ?

3 min read

sarana dan prasarana adalah

Hai sahabat blog militer, Apakah kalian telah mengetahui apa itu sarana dan prasarana adalah ? Di artikel kami kali ini akan membahas mengenai sarana dan prasarana : pengertian, perbedaan dan contohnya. Silahkan simak artikel di bawah ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Baca Juga:

Sarana dan Prasarana Adalah

Sarana dan prasarana adalah elemen yang penting dalam menunjang keberhasilan suatu aktivitas. Contohnya seperti pada sebuah organisasi ataupun kepanitiaan. Istilah ini umumnya di gunakan bersamaan karena kebanyakan orang sering menganggapnya sama.

Secara umum, sarana dan prasarana ini merujuk kepada seperangkat hal yang di pakai guna membantu suatu proses kegiatan bagi siapapun termasuk seorang Waiters Sehingga akan membuat tujuan dari kegiatan tersebut bisa tercapai.

Baca Juga:

Akan tetapi, sebetulnya sarana dan prasarana mempunyai arti yang berbeda. Lalu apakah perbedaan dari keduanya? Mari bersama-sama kita lihat penjelasan di bawah ini.

Sarana memiliki arti sebagai segala sesuatu yang bisa di pakai sebagai alat ataupun media untuk mencapai maksud atau tujuan. Sedangkan prasarana merupakan segala sesuatu yang adalah penunjang utama bagi terselenggaranya suatu proses (usaha, proyek, pembangunan, dan yang lainnya).

Contoh sederhanya misalnya:

  • Saat kita ingin pergi ke suatu tempat memakai kereta. Jadi, kereta merupakan sarana, sedangkan rel merupakan prasarananya,
  • Ketika mahasiswa mengerjakan tugas di perpustakan menggunakan laptop. Jadi, laptop merupakan saranya, dan perpustakaan sebagai prasarananya.

Fungsi dari sarana dan prasarana antara lain:

  1. Mempercepat proses pekerjaan
  2. Meningkatkan produktivitas barang atau jasa
  3. Hasil yang berkualitas
  4. Menimbulkan rasa puas
  5. Menimbulkan rasa nyaman

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Dari pengertian di atas tadi, telah jelas bahwa pada dasarnya sarana dan prasarana merujuk pada hal berbeda, tetapi saling berhubungan. Kedua hal ini merupakan fasilitas umum penunjang bagi manusia agar bisa melakukan suatu aktivitas secara mudah dan efisien.

Di bawah ini merupakan perbedaan antara sarana dan prasarana.

  1. Berdasar Bentuk

Umumnya, prasarana mempunyai ukuran yang lebih besar sehingga susah atau bahkan tidak dapat di pindahkan. Sedangkan sarana adalah benda yang bisa dengan mudah kita pindahkan karena memiliki ukuran yang lebih kecil.

Selain itu, prasarana juga mempunyai sifat yang menetap pada suatu tempat. Sedangkan sarana bisa kita bawa dengan mudah.

  1. Berdasar Kepemilikan

Pada umumnya, sarana bisa merupakan milik individu, swasta, dan pemerintah. Sedangkan, prasarana biasanya merupakan milik suatu badan institusi contohnya seperti pemerintah dan swasta.

  1. Berdasar Fungsinya

Sarana mempunyai fungsi utama dari sebuah kegiatan tertentu. Sedangkan prasarana biasanya mempunyai fungsi sebagai penunjang.

  1. Berdasar Pembiayaan Pengadaan

Pembiayaan pengadaan sarana lebih kecil jadi dapat dilakukan oleh pihak tertentu yang menyelenggarakan suatu aktivitas. Sedangkan pembiayaan bagi pengadaan prasarana jauh lebih tinggi. Jadi, pembiayaan seluruhnya berasal dari suatu institusi tertentu, misalnya pemerintah.

urutan-pangkat-pamen-tni-ad

Contoh Sarana dan Prasarana

  1. Contoh Sarana dan Prasarana di Kantor

Setiap kantor pastinya mempunyai sarana dan prasarana yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Namun, pada umumnya sarana yang terdapat di kantor berupa peralatan mesin, peralatan komunikasi, perabotan, dan perlengkapan yang lain.

Peralatan mesin yang terdapat di kantor yaitu laptop, printer, komputer, scanner, dan mesin fotocopy. Peralatan mesin yang biasanya terdapat di kantor yaitu telepon dan wifi, serta segala sesuatu yang memudahkan karyawan dalam bertukar informasi.

Perabotan yang biasanya terdapat di kantor yaitu kursi, meja, dan papan tulis. Peralatan tambahan lainnya yaitu alat tulis, buku, dan kertas.

Prasarana di kantor yaitu fasilitas penunjang yang tidak bisa bergerak. Contohnya seperti gedung, fasilitas sanitasi, ruangan, dapur, dan ruang kantin yang terdapat di dalamnya.

  1. Contoh Sarana dan Prasarana di Sekolah

Sekolah mempunyai sarana dan prasarana yang berbeda. Prasarana yang umumnya terdapat pada setiap sekolah yakni gedung sekolah, ruang kelas, perpustakaan, lapangan untuk olahraga, ruang guru, dan lainnya.

Selain itu, sekolah juga wajib untuk mempunyai sarana yang mendukung dalam kegiatan belajar mengajar. Misalnya seperti perabotan, media pendidikan termasuk buku, peralatan pendidikan, dan perlengkapan yang lain.

  1. Contoh Sarana dan Prasarana di Ruang Publik

Ruang publik merupakan ruangan yang bisa masyarakat manfaatkan dengan cuma-cuma. Ruang publik sering berbentuk ruangan yang terbuka, misalnya taman kota. Akan tetapi, juga terdapat ruang publik yang bersifat semi privat. Sehingga terdapat sejumlah biaya yang akan di minta untuk dapat mengaksesnya, misal taman safari.

Umumnya sarana yang ada di ruang publik yaitu kursi santai, lampu taman, permainan anak, tanaman hias, kran air, dan lainnya. Sedangkan prasarana yakni lahan, ruang toilet, ruang beribadah, arena bermain, taman, dan lainnya.

  1. Contoh Sarana dan Prasarana Pada Kesehatan

Apabila berkaitan degnan kesehatan, maka sarana dan prasaran yang terdapat biasanya telah tersedia di rumah sakit.

Prasarana kesehatan dapat berwujud dalam bentuk gedung rumah sakit, puskesmas, ruang rawat inap, ruang tata usaha, ruang konsultasi, ruang tindakan. Selain itu juga ada ruang untuk tenaga kesehatan, ruang pendidikan untuk diskusi, ruang loker, dapur, kamar mandi, dan lain sebagainya.

Sedangkan sarana kesehatan misalnya seperti alat, jaringan, dan sisem kesehatan. Alat kesehatan yang di maksud contohnya seperti alat pacu jantung, stetoskop, tabung oksigen, suntikan, termometer, vaksin, berbagai macam obat-obatan.

  1. Contoh Sarana dan Prasarana Pada Komunikasi

Di zaman sekarang ini yang serba digital prasarana komunikasi utama yaitu internet. Sedangkan sarana untuk menjangkau internet sendiri bisa berupa berbagai jenis alat seperti laptop, komputer, tablet, Aplikasi Sdgs Desa Versi 1.8dan telepon genggam.

Lewat internet kita bisa melakukan komunikasi dengan berbagai macam cara. Mulai dari panggilan suara, panggilan vidio, dan saling menyapa satu sama lain pada sosial media.

Di daerah yang terpencil, umumnya jaringan internet di bantu oleh tower guna menguatkan sinyal. Prasarana yang telah ada sejak dahulu kala yakni jaringan telepon. Walaupun pemakainya semakin sedikit, tetapi jaringan telepon masih terpakai hingga sekarang.

Sedangkan sarana untuk menjangkau fasilitas jaringan telepon ini yaitu telepon rumah, dan berbagai gawai. Contohnya seperti telepon genggam dan tablet.

Akhir Kata

Itu tadi informasi tentang sarana dan prasarana adalah ? Lengkap dengan pengertian, perbedaan dan contohnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian. Semoga bermanfaat!

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!