Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Sebutkan 4 Contoh Perjuangan Fisik Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

1 min read

Sebutkan 4 Contoh Perjuangan Fisik Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia – Kita kembali belajar sejarah yuk ! Materi ini sebagai salah satunya ulasan dalam buku tematik Topik 2 kelas 6 SD dan MI mengenai usaha menjaga kemerdekaan Indonesia.

Sebutkan 4 Contoh Perjuangan Fisik Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Tahukah kamu bila usaha menjaga kemerdekaan Indonesia dilaksanakan lewat dua langkah, yakni langkah fisik dengan peperangan dan lajur diplomasi dengan pembicaraan.

Nach, berikut ialah contoh jawaban dari sebut Sebutkan 4 Contoh Perjuangan Fisik Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia :

1. Pertempuran Medan Area

Perjuangan fisik pertama rakyat Indonesia yang akan kita bahas adalah pertempuran Medan Area. Pemicu berlangsungnya Pertempuran ini karena adanya keinginan sekutu ingin kuasai kota Medan.

Pasukan sekutu tiba ke kota Medan dan diboncengi NICA Belanda pada 9 Oktober 1945 dipimpin T.E.D Kelly.

Baca Juga:

Pasukan sekutu memasangkan tulisan batasan sah daerah Medan “fixed boundaries medan area” untuk mengadang dan batasi gerak pemuda – pemuda medan Sumatera Utara.

Tak hanya itu pasukan sekutu juga ultimatum kepada para pejuang untuk menyerahkan semua senjata yang dimiliki. Namun permintaan ini tidaklah dihiraukan sehingga terjadilah pertempuran sengit antara sekutu dan para pejuang dengan bebrbagai urutan pangkat TNI dari anggota hingga komandan.

Namun karena besarnya kekuatan sekutu dan kurangnya persenjataan para pejuang akhirnya sekutu berhasil menduduki medan pada april 1946, setelah sebelumnya melakukan serangan besar – besaran terhadap para pejuang.

2. Pertempuran Ambarawa

Pertarungan Ambarawa atau Palagan Ambarawa ini terjadi di Semarang sisi selatan, Jateng.

Di tanggal 11 Desember 1945, Kol. Soedirman melangsungkan pertemuan dengan beberapa Komandan Bidang TKR dan Laskar. Di tanggal 12 Desember 1945 jam 04.30 pagi, gempuran mulai dilancarkan.

Pembukaan gempuran diawali dari shooting partnerliur lebih dulu, selanjutnya diikuti oleh penembak-penembak senapan karabin.

Pertarungan berkobar di Ambarawa. Satu 1/2 jam selanjutnya, jalan raya Semarang-Ambarawa terkuasai oleh kesatuan-kesatuan TKR.

Pertarungan Ambarawa berjalan seru. Kol. Soedirman langsung pimpin pasukannya yang memakai strategi gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari ke-2 segi hingga lawan betul-betul terkurung. Supply dan komunikasi dengan pasukan induknya diputus sama sekalipun.

Sesudah berperang sepanjang 4 hari, di tanggal 15 Desember 1945 pertarungan usai dan Indonesia sukses merampas Ambarawa dan Sekutu dibikin mundur ke Semarang.

Kemenangan pertarungan ini sekarang didokumentasikan dengan dibangunnya Monumen Palagan Ambarawa dan diperingatinya Hari Jadi TNI Angkatan Darat atau Hari Juang Kartika. ( source : https://id.wikipedia.org/wiki/Palagan_Ambarawa )

3. Bandung Lautan Api

Tentara sekutu awalannya mempunyai tujuan untuk menanggalkan tentara Jepang, mereka minta supaya polisi dan TKR untuk memberikan senjata yang dimiliki dan kosongkan kota Bandung.

Untuk mencegah Belanda menguasai Bandung, Tentara Rakyat Indonesia pada akhirnya membumi hanguskan kota Bandung pada 23 Maret 1946 yang akhirnya dikenal Sejarah Bandung Lautan Api : Kronologi, Tokoh, dan Penyebabnya

sebutkan 4 perjuangan fisik dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia

sumber foto : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:IWM-SE-5865-tank-Surabaya-19451127.jpg

4. Pertempuran Surabaya

Pasukan sekutu di bawah pimpinan AWS Mallaby mendarat di Surabaya, pertarungan terjadi dan tewaskan AWS Mallaby.

Tepatnya pertempuran Surabaya sebagai pertarungan tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dan tentara Britania Raya dan India Britania.

Pucuknya terjadi di tanggal 10 November 1945. Pertarungan ini ialah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing sesudah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertarungan paling besar dan paling berat dalam riwayat Revolusi Nasional Indonesia sebagai lambang nasional atas perlawanan Indonesia pada kolonialisme.

Selesai pertempuran surabaya, Dukungan rakyat Indonesia dan dunia internasional pada perjuangan kemerdekaan Indonesia makin kuat.

Dan Akhirnya 10 November diperingati tiap tahun sebagai Hari Pahlawan di Indonesia.

Akhir kata

Nah demikianlah jawaban yang harus kalian berikan bila mendapat pertanyaan Sebutkan 4 Contoh Perjuangan Fisik Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!