Sejarah Kemerdekaan Indonesia : Proklamasi

2
153
sejarah kemerdekaan indonesia
Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia mempunyai jalan yang sangat panjang, setelah berjuang lebih dari 350 tahun akhirnya kesempatan itu datang pada tahun 1945

Hai Sobat kali ini Cak Acuk akan berbagi tentang salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah negara kita tercinta yaitu Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Proklamasi merupakan pernyataan kemerdekaan republik Indonesia yang di ucapkan oleh sang proklamator, SOEKARNO – HATTA pada 17 Agustus 1945. Dengan adanya proklamasi kita resmi menjadi negara merdeka dan berdaulat untuk menentukan nasib sendiri hingga saat ini.

Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia mempunyai jalan yang sangat panjang, setelah berjuang lebih dari 350 tahun akhirnya kesempatan itu datang pada tahun 1945. Bahkan setelah merdekapun masih banyak ancaman yang datang terutama dari belanda dan sekutunya yang ingin Indonesia kembali berada dalam kekuasaanya, berikut sejarah singkat kemerdekaan kita :

Penjajahan Belanda

Indonesia mulai kehilangan kedaulatannya sejak VOC masuk pada Maret 1602, VOC perusahaan dagang milik belanda yang diberi kekuasaan memonopoli perdagangan serta memiliki tentara sendiri.

Masuknya VOC membuat penduduk Indonesia harus menjual semua hasil sumber daya alamnya terutama rempah – rempah, dan bagi siapa yang tidak mematuhinya maka VOC melalui tentara – tentaranya tak segan – segan untuk membunuhnya.

Sejarah mencatat bahwa Kekuasaan VOC di Indonesia hingga 31 Desember 1779 dan kekuasaan beralih ke pemerintahan belanda, oleh karena itu sejak 1 januari 1800 Indonesia berganti nama menjadi Hindia Belanda. Dan Herman W. Daendels adalah Gubernur pertama Hindia – Belanda yang bertugas mempertahankan Indonesia dari Invasi Inggris.

Penjajahan Inggris

Herman W. Daendels menjalankan roda pemerintahan di Hindia Belanda dengan sangat Kejam, Hal ini membuatnya banyak dibenci oleh masyarakat Indonesia, Dan akhirnya atas Perintah Napoleon Bonaparte Daendels diganti oleh Den William Jhonson.

Namun dibawah kepemimpinan Jhonson, Belanda tidak mampu mempertahankan kekuasaannya dan kalah oleh tentara Inggris, sejarah mencatat Batavia dan sekitarnya jatuh ke tangan Inggris pada 26 Agustus 1811.

Inggris pun akhirnya berhasil merebut seluruh kekuasaan dari belanda dengan adanya perjanjian yang berisi tentang penyerahan wilayah Jawa kepada Inggris pada 18 September 1811 yang disebut Perjanjian Tuntang.

Pemerintahan Raffles yang mempunyai Faham liberal membuatnya menghapus perbudakan dan membagi jawa menjadi 16 Karisidenan, hal tersebut dinilai kebijakan yang sangat mahal dan membuatnya digantikan oleh Jhon Fendall.

Kembalinya Penjajahan Belanda

Pergantian kekuasaan dari Raffles pada Jhon Fendall rupanya merupakan bagian dari persiapan pengembalian kekuasaan Inggris ke Belanda , hal ini sesuai dengan perjanjian Anglo Dutch menjelang berakhirnya perang Napoleon di Eropa.

Dan Akhirnya pada tahun 1816 Jawa akhirnya kembali kepada kekuasaan belanda, Hal ini berlanjut hingga terjadinya perang Dunia II dimana Jepang yang bersekutu dengan jerman dan Italia sangat bernafsu menguasai Pasifik.

Penjajahan Jepang

Perang Dunia II yang pecah antara Blok Sekutu dan Blok Poros sejak tahun 1939 membuat belanda juga terlibat di dalamnya, Jerman akhirnya tunduk pada Jerman pada Mei 1940.

Hal ini menyebabkan kekuatannya di Hindia Belanda juga berkurang, Hal ini digunakan oleh jepang yang juga ingin menguasai Asia tenggara untuk merebut kekuasaan Belanda atas Indonesia.

Jepang Akhirnya benar – benar dapat mengalahkan Belanda pada Maret 1942, Dalam masa penjajahan Jepang di Indonesia melakukan penindasan terhadap Pribumi, namun mereka juga membentuk badan persiapan kemerdekaan yang diberi nama BPUPKI ( Badan penyelidik usaha -usaha persiapan kemerdekaan Indonesia )

Penjajahan belanda ini berlangsung kurang lebih 3,5 tahun hingga akhirnya Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 yang diucapkan oleh sang Proklamator Soekarno – Hatta di kediaman Soekarno jalan pegangsaan timur no 56.

Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Sejarah Kemerdekaan Indonesia mencatat bahwa kekalahan Jerman pada perang Dunia 2 juga berimbas pada kekuatan jepang sebagai sekutu utama Jerman, Amerika Serikat Akhirnya menyerang jepang dengan menjatuhkan Bom Atom pertama di Hiroshima pada 6 Agustus 1945.

Dilanjutkan dengan penjatuhan Bom Atom kedua di Nagasaki pada 9 Agustus 1945, 2 serangan ini membuat jepang benar benar terpukul dan akhirnya menyerah tanpa syarat pada sekutu di tanggal 14 Agustus 1945.

Kejadian ini membuat para tokoh proklamasi bergerak cepat untuk menyiapkan kemerdekaan Indonesia dimulai dengan berangkat beberapa tokoh ke Dalat Saigon Vietnam untuk menemui Pimpina tentara jepang marsekal Terauchi.

Sejarah Kemerdekaan Indonesia Dilanjutkan pada tanggal 16 Agustus 1945 para pemuda mengungsikan Soekarno beserta keluarga ke rengasdengklok untuk menghindari bujuk rayu jepang pada Soekarno.

Dan Akhirnya Teks Proklamasi berhasil dibacakan oleh Soekarno didampingi oleh Muhammad Hatta untuk kemudian membebaskan Indonesia dari segala bentuk penjajahan dan menjadi negara berdaulat.

Demikian Sejarah Kemerdekaan Indonesia : Proklamasi, Sebagai bagian cerita panjang perjalanan Indonesia sebagai negara yang merdeka berdaulat adil dan makmur.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan