Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Senjata Laras Panjang / Senapan Serbu Terbaik Di Dunia

4 min read

Senjata Laras Panjang / Senapan Serbu Terbaik Di Dunia

Bagi seorang prajurit senjata merupakan istri pertama yang dirawat melebihi benda apapun yang merekamiliki, Hal ini karena senjata yang akan menjadi pelindung dan penyelamat ketika berada di medan pertempuran. Berikut akan kita bahas Senjata Laras Panjang / Senapan Serbu Terbaik Di Dunia, Bahkan masih aktif dipakai oleh beberapa angkatan perang beberapa negara.

Baca Juga:

Senjata Laras Panjang / Senapan Serbu Terbaik Di Dunia

Senapan laras panjang memang akan selalu menjadi andalan bagi seorang prajurit di medan pertempuran hal ini selain dikarenakan merupakan indeks bagi setiap prajurit juga karena senapan serbu mempunyai kelebihan dalam menembakkan proyektil peluru lebih cepat dan akuran dibanding Pistol.

Namun tidak semua Senapan serbu disukai oleh seorang prajurit, bahkan ada beberapa tipe yang hanya bertahan sejenak untuk akhirnya diganti dengan model senapan serbu yang lebih baik tak terkecuali bagi prajurit TNI dan POLRI.

Nah saat ini kita akan bahas setidaknya 10 senapan laras panjang terbaik di dunia yang pernah ada :

1. M 16

M 16 merupakan senapan serbu dan senjata laras panjang terbaik Versi Cak acuk selaku Mimin literacymiliter.com. Menurut pengalaman mimin sebagai seorang prajurit Senjata laras panjang M 16 mempunyai banyak kelebihan yang tak dimiliki oleh senapan serbu lainnya.

M 16 merupakan senjata laras panjang yang digunakan oleh Prajurit amerika sejak awal tahun 1960an dengan kaliber 5,56 mm, dimana  hingga saat ini kurang lebih telah ada 4 varian yaitu M 16 A1 – A4.

Baca Juga : Cara Membobol WiFi dengan HP Android dan Laptop

Salah satu kelebihan M16 adalah kemampuannya untuk jarak efektif tembakannya yang cukup jauh hingga 550M dengan jarak maksimal hingga 800M. selain mempunyai keakuratan yang tinggi senjata ini juga Ringan dan cocok untuk segala medan.

Selain itu hentakan yang dihasilkan dari tembakan senjata laras panjang ini juga relatif lebih kecil dibandingkan dengan senjata sejenisnya seperti FNC dan AK. senjata yang menjadi standar pasukan NATO ini juga masih banyak digunakan oleh beberapa angkatan perang resmi beberapa negara hingga saat ini seperti Angkatan Darat , Angkatan Laut dan Marinir negeri paman Sam USA.

2. AK 47

Nah senjata laras panjang kedua ini adalah senapan serbu paling populer dan paling banyak digunakan di Dunia. senjata apakah itu ? Yup benar AK – 47.

Senapan laras panjang besutan Rusia yang didesain awal oleh Mikhael Kalashnikova ini merupakan senjata yang banyak digunakan oleh pasukan Revolusi di beberapa negara seperti Afganistan, Suriah dan beberapa negara Konflik lainnya.

AK 47 merupakan kepanjangan dari Avtomat Kalashnikova 1947 yang menunjukkan bahwa senjata ini dibuat pertama kali pada tahun tersebut.

Dengan laras yang lebih pendek dan menggunakan munisi kaliber 7,62mm , Senjata ini di klaim menjadi senjata laras panjang pembunuh terbanyak di dunia.

Mempunyai jarak efektif yang lebih pendek dari senapan serbu sejenisnya namun handal dalam berbagai cuaca dan kondisi medan serta harganya yang relatif lebih murah membuat senjata ini jadi yang paling banyak digunakan di dunia.

3. SS 2

Nah senjata laras panjang terbaik berikutnya adalah SS 2 Pindad, Yup benar kawan … dengan senjata ini TNI AD menjadi yang terbaik dan tidak terkalahkan selama 19 kali berturut turut dalam lomba menembak AASAM atau Australian Army of Skill Arms at Meeting .

Bahkan pada tahun 2019 beberapa kontingen dari negara lain mencoba untuk membuka atau memeriksa senapan serbu SS 2 Milik kontingen TNI AD karena tidak percaya dimana hampir semua kategori dimenangkan oleh kontingen garuda.

Senjata ini merupakan buatan PT Pindad yang menggunakan munisi sesuai standart NATO yaitu 5,56 mm. Hingga saat ini SS 2 telah tercatat mempunyai beberapa Varian yaitu SS 2 V1 – V5.

Selain dipakai oleh TNI sejak 2006 berbagai angkatan perang negara lain telah menggunakan senjata ini sebagai senjata organik mereka, tercatat beberapa negara seperti thailand, Myanmar dan Prancis telah menghubungi PT Pindad dan tertarik mengimpor SS 2 dalam berbagai Varian.

4. FAMAS

Famas merupakan senjata laras panjang buatan pabrikan senjata asal prancis St-Etienne Arms, layaknya M 16 senapan serbu ini juga menggunakan munisi standart negara negara NATO yaitu 5,56 mm

senjata ini mulai digunakan oleh angkatan perang prancis pada tahun 1970an dan hingga sekarang, tak hanya di dunia nyata, Famas juga senjata populer di Game Perang seperti Free Fire yang banyak dicari dengan menggunakan kode redeem FF terbaru.

Salah satu kelebihan yang membuat Famas sebagai nominasi senjata serbu terbaik adalah rancangan konfigurasi bullup yaitu letak magazennya terletak di belakang pelatuk serta dibekali sistem penembakan malam hari yaitu radioactive tritium sights.

5. M4 Karabin

Senjata laras panjang terbaik berikutnya merupakan besutan pabrik senjata COLT yang awalnya di desain untuk tentara UEA, namun dengan berkembangnya spesifikasi senjata tersebut Amerika Serikat juga menggunakankannya untuk mempersenjatai Angkatan Darat dan corps marinir mereka.

M4 Karabin sebenarnya merupakan kembaran M 16 dimana mempunyai spesifikasi hampir seluruhnya mirip kecuali panjang laras yang 14,5 inchi lebih pendek.

Setelah senjata ini digunakan dalam berbagai perang dan konflik di berbagai negara akhirnya Amerika Serikat meningkatkan standart dan kualitasnya dengan nama M4A! yang memiliki kemampuan menembak otomatis secara penuh.

6. Zh 05

ZH 05 adalah senjata terbaik berikutnya yang dibuat oleh perusahaan China, senjata ini di klaim sebagai salah satu yang tercanggih karena dibekali dengan grenade launcher / peluncur granat dan sistem penglihatan elektronik yang mampu menembak lebih tepat.

Selain itu kelebihan lainnya dari senapan serbu Zh 05 adalah penempatan komponen alat optiknya yang dapat diganti dan dipasang dengan cepat. senjata ini juga dibekali dengan alat elektronik untuk mengukur jarak peluncur granat agar lebih presisi.

7. Heckler & Koch G3

Senapan serbu G3 merupakan senjata yang telah digunakan banyak negara tercatat lebih dari 40 negara menggunakan jasa senapan serbu ini sebagai senjata organik angkatan perangnya.

Pakistan merupakan salah satu negara pengguna senjata G3 dari heckler & Koch ini. dalam Kondisi Standart senapan serbu ini memiliki magazen yang dapat terisi 30 butir peluru, dimana untuk tembakan lebih tepat dapat dipasang teropong diatas larasnya.

Selain itu senjata canggih ini juga dapat dipasang peluncur granat dibawah laras, dengan bahan dasar plastik salah satu kelebihan assault riffle ini adalah memiliki berat yang lebih ringan dibanding dengan senjata sejenisnya sehingga disukai oleh prajurit ketika beroperasi tempur.

8. SA80A2

Senjata ini merupakan senjata yang digunakan oleh angkatan perang Inggris, senapan yang pertama kali digunakan pada tahun 1980an ini awalnya merupakan pengganti assault riffle L1A1.

Layaknya senapan serbu Famas SA80A2 juga mempunyai mekanisme dan magazen di belakang pelatuk atau bullup sehingga lebih ringkas, dan seperti senjata standart NATO lainnya senjata ini menggunakan munisi dengan kaliber 5,56mm.

Baca juga : Sejarah Kerajaan Perlak: Kerajaan Islam Pertama di Nusantara

Setelah berbagai evaluasi dalam peperangan dan pertempuran akhirnya Inggris juga meningkatkan standart senjata ini diberbagai bagian seperti extractor dan hammer assembly sebagai salah satu cara meningkatkan kemampuan senjata serbu ini.

Selain Inggris negara negara persemakmuran lainnya seperti Malaysia, Brunei dan Afrika selatan menggunakan jasa senapan serbu terbaik nuatan Inggris ini untu mempersenjatai angkatan perangnya.

9. MKEK MPT-76

MKEK MPT-76 merupakan senjata yang diapakai oleh tentara Turki, yang diproduksi oleh perusahaan alutsista lokal MKEK atau Makina ve Kimya Endustrisi Kurumu sebagai pengganti G3 yang selama ini dijadikan senjata pamungkasnya.

Senjata yang mulai digunakan pada tahun 2017 ini menggunakan munisi dengan kaliber 7,62 milimeter dimana sebelum menggunakannya, pemerintah turkin telah mengevaluasi dan menilai kinerja senjata mempunyai keefekttifan layaknya G3 jerman.

Dengan jangkauan efektif sejauh 600 meter dan mampu menembak secara otomatis dengan kecepatan 600 butir peluru permenit senjata ini di klaim mempunyai keandalan yang sama layaknya AK 47 dan M16 yang telah lebih dulu populer.

10. AK 103

Senjata serbu terbaik di dunia yang terakhir versi literacy militer adalah AK 103 miliik tentara Iran, seperti nama depannya AK 103 merupakan modifikasi dari senjata yang buatan Rusia yang telah lebih dulu mendunia yaitu AK 47.

Iran sedikit memberikan perubahan pada bahan dasar serta sistem alat optik sehingga mempunyai kemampuan yang lebih baik dalam menembak sesuai dengan ahli senjata yang dimiliki oleh Iran.

Dengan tetap menggunakan munisi seperti pendahulunya AK 47 yaitu kaliber 7,62 mm, senjata ini juga diklaim sebagai senapan serbu pembunuh terbaik saat ini. Hebatnya lagi Iran juga telah mengekspor senapan serbu kloningan AK 47 ini ke berbagai negara. tak hanya mengekspor Iran juga telah memberi beberapa negara lisensi pembuatan senjata Ak 103 sehingga dapat memproduksi senjata ini di negara masing masing.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat disimpulakan bahwa kecanggihan sebuah senapan serbu dilihat dari berbagai faktor seperti bahan baku, alat optik, ketepatan dalam menembak serta perlengkapan pendukung lainnya seperti peluncur granat.

Tak hanya itu senapan serbu terbaik ini juga harus telah teruji di berbagai medan pertempuran atau perlombaan yang diadakan antar angkatan perang di Dunia layaknya pertandingan AASAM dll.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Senapan Serbu Terbaik Di Dunia, dan terima kasih telah mampir di blog militer indonesia ikuti terus artikel menarik lainnya seperti Helikopter tempur tercanggih di dunia dan Pesawat tempur terbaik di dunia serta artikel lainnya, semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!