Senjata Andalan yang Digunakan Militer Israel

1 min read

Senjata Andalan yang Digunakan Militer Israel

Salah satu negara militer di dunia adalah Israel. Militer yang beroperasi di Israel adalah Israel Defense Forces (IDF). IDF merupakan militer yang menduduki peringkat 16 terkuat di dunia.

Selain memiliki kekuatan militer yang kuat, Israel juga mengirimkan beberapa senjata mereka kepada negara-negara lain seperti India dan Arab Saudi.

Untuk menambah kekuatan militer, Israel didukung oleh beberapa jenis senjata. Berikut adalah daftar senjata andalan yang digunakan oleh militer Israel atau Israel Defense Force.

 

1.MBT Merkava

MTB Merkava merupakan sebuah tank tempur yang menjadi tank andalan Pasukan Pertahanan Israel. Awal mulanya, tank ini dikembangkan pada tahun 1970 dan mulai digunakan pada tahun 1979.

Baca Juga:

Tank ini pertama kali digunakan secara luas selama perang Lebanon pada tahun 1982. Merkava ini memiliki 4 varian dan nama Merkava sendiri berasal dari nama awal program pengembangan IDF.

Tank ini memiliki desain yang bisa bertahan ketika pertempuran, efektivitas biaya dan bisa berjalan di jalur yang off road dengan letak mesin di depan sehingga kubah tanki terletak agak dibelakang.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan perlidungan lebih dari serangan frontal terutama pengemudi tank ini.

Di belakang tank ini juga memiliki ruang yang cukup luas untuk menampung banyak penyimpanan serta pintu masuk agar para prajurit bisa keluar masuk dengan mudah.

 

2.Spike Missile

Spike Missile adalah sebuah peluru kendali yang berjenis peluru kendali antitank dengan sebuah hulu ledak HEAT tandem charge.

Senjata ini merupakan buatan Israel dan dikembangkan oleh perusahaan Rafael Advanced Defense Systems.

Baca Juga : Analisa Alutsista TNI, Kemana Arahnya ?? Barat atau Timur ?

Senjata ini mempunyai beberapa varian rudal yang mampu menembak, mengamati lawan, dan bisa diperbarui dengan metode panduan.

Varian yang diandalkan oleh Israel adalah Spike SR, Spike MR, Spike LR, Spike ER, dan Spike NLOS.

 

3.Multiple Launch Rocket System (MLRS) Meratetz

Senjata ini merupaka senjata pelontar misil yang diproduksi oleh Lockheed Martin Missiles and Fire Control. MLRS ini merupakan pelontar yang menggunakan senjata M270.

Unit peluncur ini bisa diisi dengan 12 roket. MLRS ini dioperasikan oleh komputer untuk menggerakkan kendaraan dan operasi peluncuran roket.

Peluncur misil MLRS ini menembakkan roket dari permukaan ke permukaan dan sistem rudal taktis tentara (ATACMS).

Senjata ini merupakan salah satu senjata andalan militer Israel karena senjata ini dapat dengan mudah diangkut ke area operasi menggunakan pesawat ataupun kereta api.

Peluncur MLRS ini juga merupakan senjata yang dioperasikan dengan menggunakan komputer. Setiap meluncur, MLRS bisa mengirimkan hampir 8000 amunisi dalam waktu kurang dari 1 menit pada jarak melebihi 32 km.

 

 

error: Alert: Content is protected !!