Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Senjata-senjata Buatan Indonesia yang Mendunia

1 min read

Senjata-senjata Buatan Indonesia yang Mendunia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekuatan militer yang kuat di dunia. Beberapa pasukan khusus yang berasal dari Indonesia bahkan ditakuti oleh dunia.

Bukan hanya memiliki militer yang kuat, Indonesia juga membuat senjata yang cukup mendunia. Berbicara soal persenjataan, siapa yang tidak mengetahui tentang PT.Pindad? bagi yang tidak tahu, PT.Pindad adalah perusahaan milik negara yang didirikan untuk membuat alutsista negara. PT. Pindad ini membuat mulai dari persenjataan hingga kendaraan perang.

Sekedar info juga, PT. Pindad berasal dari pabrik peralatan militer yang dibangun di Surabaya tahun 1808. Dulu pabrik ini memiliki nama Contructie Winkel (CW) dibawah  pemerintahan Gubernur Jenderal Daendels.

PT.Pindad sudah banyak membuat senjata dan produk militer lainnya yang sudah mendunia. Berikut adalah beberapa senjata yang dibuat oleh PT. Pindad asal Indonesia ini.

 

Baca Juga:

1.G2 Elite 9mm

Pasti penggemar game perang tidak asing dengan istilah 9mm. 9mm adalah jenis sebuah pistol yang banyak digunakan di dunia. G2 Elite 9mm buatan Indonesia ini sudah banyak digunakan cukup banyak di daerah Timur Tengah dan India.

Pistol G2 Elite 9mm ini memiliki operasi semi-otomatis yang menggunakan mekanisme barrel John Moses Browning. Untuk kapasitas magazine, pistol G2 Elite 9mm ini memiliki kapasitas magazine 15. Untuk peluru yang digunakan, pistol ini menggunakan jenis peluru 9×19 mm parabellum.

Pistol ini pertama kali diekspor pada tanggal 1 Juni 2018 ke negara India dengan bekerja sama dengan Bhukhanvala Industries.

 

2.SSBA 5.56 mmh

Senjata ini memiliki keunikan tersendiri dan memiliki nama lain senapan serbu bawah air. Sesuai dengan namanya, senjata ini dapat digunakan di dalam air dan dikhususkan untuk pasukan amfibi yang digunakan saat berada di bawah air.

Dislitbang TNI Angkatan Laut mengembangkan senjata ini dengan kolaborasi bersama PT. Pindad.

Peluru yang digunakan untuk senjata ini adalah peluru 5.56 mm

 

3.SSX 7.62 mm

Pasti kalian tidak asing dengan senjata FN SCAR asal Belgia, SSX 7.62 mm ini merupakan senjata yang dibuat dan terinspirasi dari senjata FN SCAR tadi.

Senjata ini cukup sangat kuat dengan memiliki jarak tembak efektif yang mencapai 800 m, bahkan senjata ini mengalahkan senjata fenomenal yang sangat terkenal di dunia yaitu AK-47 yang hanya memiliki jarak tembak efektif yang mencapai kisaran 300 m.

 

4.SS2-V4 Kal. 5.56 mm

Senjata berjenis rifle ini pernah memenangkan kompetisi menembak yaitu Australian Army Skill at Meeting (AASAM) dan ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) sebanyak 11 kali. Angka yang cukup fantastis kan.

Dengan flash suppressor yang mampu memberi presisi tembakan yang baik dengan bantuan attachment ACOG scope pada bagian atasnya. Dengan kapasitas magazine yang dapat memuat 30 peluru 5.56 x 46 mm dan memiliki jarak tembak efektif mencapai 500 m serta firing rate senjata ini mencapai 700 peluru per menit.

Negara-negara Afrika seperti Zimbabwe, Mozambik, dan Nigeria merupakan negara yang banyak membeli senjata ini dan Thailand serta Singapore juga.

 

5.SPR-2 Kal. 12.7 mm

Senjata ini adalah salah satu jenis senjata sniper, tapi dikhususkan untuk menembus objek militer seperti tank dan mobil baja.

Senjata ini memiliki magazine yang memiliki kapasitas 5 buah peluru kaliber 12.7 mm. senjata buatan Indonesia ini mendapatkan pengakuan dari dunia.

 

Itulah beberapa senjata buatan Indonesia yang sudah mendunia. Ini membuktikan bukan kekuatan militer saja yang kuat, persenjataan asal Indonesia juga kuat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!