Daftar Senjata Canggih Milik Militer Indonesia

1 min read

Daftar Senjata Canggih Milik Militer Indonesia

Salah satu negara terkuat di Asia Tenggara adalah Indonesia, dapat diukur dari kualitas prajurit militer yang dimiliki oleh militer Indonesia.

Indonesia ternyata memiliki berbagai macam jenis sistem persenjataan yang canggih tak kalah dari negara lain.

Indonesia juga memproduksi senjata yang di ekspor ke negara lain seperti Singapura dan Thailand. Perusahaan yang memproduksi senjata adalah PT Pindad.

Selain menggunakan senjata produksi lokal, militer Indonesia juga menggunakan senjata yang di import dari luar negeri.

Berikut adalah beberapa jenis senjata milik Militer Indonesia yang canggih.

Baca Juga:

 

1.Kapal Selam KRI Nagapasa-403

Salah satu sistem persenjataan Indonesia adalah kapal selam yang berasal dari Korea Selatan yaitu kapal selam KRI Nagapasa-403. Kapal selam ini merupakan milik TNI Angkatan Laut.

Kapal selam ini mampu berlayar di dalam air selama lebih dari 50 hari dengan kecepatan 21 knot. Memiliki panjang 61,3 meter dan dapat menampung 40 kru.

Persenjataan yang dimiliki oleh kapal selam ini adalah torpedo dengan fasilitas deapan buah tabung peluncur.

Selain itu kapal selam ini juga mampu meluncurkan peluru kendali anti kapal permukaan yang merupakan modernisasi armada kapal selam TNI Angkatan Laut.

 

2.Hercules C-130

Pesawat ini merupakan pesawat angkut berat C-130 ini menambha jumlah Hercules yang dimilliki oleh TNI Angkatan Udara yang menghuni Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abd Saleh.

Pesawat Hercules C-130 ini memiliki keunggulan dibandingkan yang lainnya terbukti dari kemampuan operasi mulau daru dukungan logistic, pasukan, kemanusiaan dan dukungan operasi lainnya.

Pasukan khusus TNI dapat langsung diterjunkan ke target dengan pesawat angkut yang sudah cukup melegenda ini.

Pesawat ini diletakkan di Malang karena Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh sudah menjadi pangkalan induk.

 

3.Rudal RBS-15 MK3

RBS-15 MK3 merupakan salah satu rudal yang memiliki multi platform yang hebat hingga saat ini. Hal ini dikarenakan rudal RBS-15 MK3 ini merupakan rudal yang dapat dipasangkan pada truk, pesawat tempur, dan kapal perang.

Sampai saat ini, Indonesia sudah memiliki rudal RBS-15 MK3 ini sebanyak 4 unit dan membuat negara tetangga menjadi segan terhadap Indonesia.

Rudal ini memiliki jarak tepuh tembak sejauh 200 km dan berat yang mencapai 800 kg serta memiliki kecepatan yang cukup tinggi hingga dapat mengenai target dalam jangka waktu yang singkat.

Rudal RBS-15 MK3 ini merupakan rudal buatan Jerman yang hampir sempat dipakai oleh banyak negara-negara di Eropa seperti Swedia dan Polandia.

error: Alert: Content is protected !!