Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Senjata Canggih TNI, Buatan Indonesia Lho !

2 min read

senjata canggih TNI, buatan Indonesia

Hai Sahabat Blog Militer ” Literacy Militer “, Kali ini kita akan kembali membahas dan analisis kekuatan militer Indonesia. Khususnya tentang Daftar senjata canggih TNI, Buatan Indonesia.

Setiap negara memiliki kekuatan militer yang tangguh dan dilengkapi senjata dengan teknologi super canggih.

Tujuannya agar keamanan dan pertahanan negara terjaga, pastinya seorang militer rela membeli senjata mahal demi perdamaian negara. Siapa sangka, Indonesia termasuk negara pembuatan senjata militer canggih loh.

Baca Juga:

Sejatinya, Indonesia sudah membuktikan kekuatan militernya sehingga diakui dunia internasional. Bahkan pasukan tentara Nusantara sudah beberapa kali bergabung dengan PBB menangani negara-negara dengan konflik dan memicu perang. Hebatnya lagi, pasukan tentara Indonesia sering memenangkan berbagai kompetensi militer.

Senjata Canggih TNI

Sebagai anak negeri harus bangga karena militer Nusantara tangguh dan cerdas, buktinya mereka berhasil menciptakan senjata canggih yang berguna untuk TNI, bangsa dan negara. Berikut ada daftar Senjata Canggih TNI Buatan Indonesia, antara lain :

Robot Tempur

Senjata Canggih TNI, pertama yang diciptakan Indonesia adalah Robot Tempur, robot tersebut diciptakan tahun 2009 oleh Poltekad ( Politeknik Angkatan Darat ) dan Lembaga Pengkajian Teknologi TNI angkatan darat di Karangploso.

Tepatnya di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Robot tersebut mampu dikendalikan jarak jauh sekitar 1 km dari pusat awak kendali, alhasil tak membahayakan militer yang bertugas.

Selain itu robot tempur cukup diisi 2 baterai dengan volt 36 sampai 12 volt. Untuk ukurannya mencapai 1,5 x 0,5 m dan beratnya 100 kg.

Sementara kecepatannya mencapai 60 km per jam, walaupun cukup berat tapi mampu mengangkut beban seberat 150 kg.

Robot Ini diciptakan guna menggantikan personel prajurit guna mengurangi Resiko jatuhnya korban.

Dengan Robot tempur ini TNI dapat menjadi punya senjata canggih baru yang dapat menjadi andalan di medan pertempuran.

Roket RX – 420

Senjata Canggih TNI buatan Indonesia selanjutnya adalah Roket RX – 420, senjata tersebut dipersiapkan oleh Kementrian Pertahanan sebagai Alutsista Baru TNI.

Jangan salah loh, dana pembuatan senjata canggih itu mencapai Rp. 2,6 miliar lebih dan muai diperkenalkan tahun 2005.

Tetapi harga super mahal sebanding dengan kemampuan yang dimiliki, roket tersebut memiliki jarak tempuh mencapai 100 km. Bahkan kecepatan luncurnya mencapai 4 kali kecepatan suara.

Bangganya lagi Menteri riset dan teknologi pada tahun 2018 menyatakan bahwa bahan – bahan pembuatan roket ini merupakan buatan asli dalam negeri Indonesia.

Senapan Serbu SS 2 Pindad

Kita tentu telah mendengar bahwa Kontingen TNI AD berturut – turut memenangkan lomba menembak AASAM ( Australian Army of Skils Arm at Meeting ).

Tak Tanggung – tanggung TNI AD menjadi juara umum hingga 12 Kali, Tahukah kalian senjata yang dipakai ? Ya Senapan Serbu atau SS – 2 Buatan Perusahaan dalam Negeri Indonesia. Hebat Bukan ?

Senjata senapan serbu SS 2 Pindad ini diproduksi oleh PT Pindad Indonesia dan menjadi senjata organik Angkatan Perang beberapa negara.

Negara yang menggunkanan senapan serbu canggih tersebut, misalnya negara Singapura, Thailand, Mozambik, Nigeria dan Zimbabwe.

Pesawat CN 235 – MPA

Alutsista Berikut ini memang bukan senjata yang dipakai secara langsung untuk menghancurkan musuh. Namun Sangat membantu Tugas Pokok TNI dalam menjaga kedaulatan Negara.

Yup Pesawat CN 235 – MPA mendukung tugas TNI lebih maksimal karena memiliki sistem navigasi dan sistem komunikasi yang canggih.

Bahkan beberapa negara juga pernah memesan pesawat canggih ini, Salah satunya Korea Selatan dan senegal yang memesan jenis pesawat Maritime Patrol Aircraft atau MPA yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia.

Pesawat ini juga dibekali rangkaian sistem canggih lainnya. Misalnya radar warning receiver, penjejak panas dan sistem penunjang keamanan dan kestabilan pesawat tempur.

Smart Eagle II SE II

Perlu diketahui, Indonesia juga memproduksi pesawat intai tanpa awak loh. Hal tersebut tak membahayakan keselamatan tentara karena pesawat melakukan penerbangan dengan bantuan mesin canggih. Pastinya perwira TNI bisa memantau hal apa saja yang didapat pesawat.

Pesawat tersebut diproduksi oleh PT Aviator Teknologi Indonesia, hebatnya lagi pesawat memiliki colour TV Camera. Selain itu mesin yang digunakan 2 tak dengan diameter 150 cc, system Thermal Imaging System atau TIS. Pesawat mampu terbang 6 jam, tetapi operasinya di malam hari.

Teknologi canggih buatan Indonesia masih banyak dan dijadikan senjata militer negara lain. Hal tersebut sah saja, justru membuktikan bahwa bidang militer di Indonesia sangat baik dan diakui negara tetangga.

Akhir Kata

Nah sekarang sudah tahu kan beberapa senjata canggih TNI buatan Indonesia, sebenarnya masih ada banyak lagi alutsista canggih buatan anak dalam negeri seperti Kapal Selam Alugoro dan Puna / Drone Elang Hitam.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Senjata Canggih TNI, Buatan Indonesia. Jangan lupa share agar lebih banyak orang tahu. salam literasi.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!