Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

4 Senjata Canggih Koopssus TNI Terbaru

1 min read

4 Senjata Canggih Koopssus TNI Terbaru

Pada tahun 2019 lalu, sebuah unit pasukan khusus yang baru dibentuk di Indonesia yaitu Koopssus TNI atau Komando Operasi Khusus TNI.

Koopssus memiliki tugas untuk mengatasi terorisme yang mengancam Indonesia dari dalam atau luar negeri.

Koopssus terdiri dari Tiga Matra yaitu darat, udara, dan laut. Anggota pasukan Koopssus merupakan prajurit pilihan yang terbaik.

Karena operasi yang mereka jalankan sangat berat, pasukan Koopssus dilengkapi dengan senjata yang berbeda dengan pasukan biasa.

Berikut adalah 4 senjata canggih yang digunakan oleh pasukan Koopssus.

Baca Juga:

 

1.HK416

HK416 adalah singkatan dari Heckler & Koch 416 yang merupakan salah satu  senapan serbu andalan pasukan elite kelas dunia.

Senapan ini berasal dari Jerman dan memiliki kaliber 5.56 mm. senapan ini juga memiliki kecepatan tembak sebesar 700-900 peluru per menit dengan sistem tembak semi otomatis dan otomatis serta memiliki akurasi yang tinggi.

Baca Juga : Analisis Militer Blog

Selain Koopssus, di Indonesia memiliki  beberapa satuan yang memiliki senapan ini yaitu Kopaska, Kopassus, dan Densus 88.

 

2.Colt M4 Carbine

Senjata ini merupakan salah satu senjata yang ringkas dan akurat yang merupakan pengganti senapan M-16.

Salah satu jenis senjata ini adalah M4A1. M4A1 memiliki kaliber 5.56 x 45 mm dan menggunakan sistem gas serta pendingin udara yang mampu meredam panas senjata saat menggunakan mode otomatis.

Senjata ini juga dilengkapi dengan peredam suara dan mudah untuk dimodifikasi oleh penggunanya.

 

3.Rantis P-6 ATAV

Kendaraan ini merupakan kendaraan yang pernah dinaiki oleh Presiden Jokowi saat di Mabes TNI Cilangkap beberapa waktu lalu.

Kendaraan ini merupakan kendaraan taktis yang menggunakan rangka tubular dan body terbuka tanpa pintu dan kaca pelindung.

Kendaraan ini dilengkapi dengan senapan mesin 7.62 mm  yang terletak di bagian atas, samping kiri dan samping kanan.

Selain itu, dudukan senjata ini bisa dipasang misil anti tank, misil anti serangan udara, dan minigun.

 

4.SIG MCX

Senjata ini merupakan senapan mesin ringan yang masih tergolong baru di kalangan pasukan elite dunia. Senjata ini merupakan senjata asal Amerika Serikat untuk menggantikan MP5.

Senjata ini memiliki jarak efektif 100 m yang cocok untuk misi pembebasan sandera, antiterror atau pertempuran jarak dekat.

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!