FN : Minimi, Senjata Otomatis Andalan Regu Infanteri

0
57
senjata-minimi

Hai sobat Blog ” Literacy ” Militer, Selamat datang kembali blog kesayangan bersama, dimana kali ini kita akan membahas kembali tentang Alutsista yang dimiliki oleh satuan tempur khususnya di lingkup TNI AD. Senjata tersebut adalah FN : Minimi, Bagaimana Spesifikasinya ? Apa Kelebihan dan kekurangannya ?

senjata-minimi

Senjata Bantuan di Regu Infanteri

Secara garis besar komposisi dalam regu senapan khususnya satuan tempur TNI terdiri dari 10 orang yaitu Komandan Regu, Wakil Komandan Regu, Penembak/pembantu penembak senjata bantuan serta Penembak Senapan.

Untuk itu dalam setiap regu pasukan tempur diperlukan beberapa senapan serbu dan senjata bantuan dalam melaksanakan operasi tempurnya, untuk melengkapinya senapan serbu yang dipakai oleh Satuan Regu di peleton Infanteri TNI dipercayakan pada senjata buatan dalam Negeri yaitu SS – 1 maupun SS – 2 Pindad dengan berbagai Variannya.

Lalu bagaimana dengan senjata bantuannya ? Ternyata TNI masih memperyakan senjata bantuan ini pada sebuah senjata yang terbilang fenomenal dan legendaris yaitu FN : Minimi buatan Belgia.

Senjata Otomatis ( SO ) FN Minimi

Minimi merupakan senjata buatan pabrikan Belgia Fabrique Nationale de Herstal dan lebih populer dikenal hanya dengan sebutan Fabrique Nationale yang disingkat FN. untuk itu penyebutan senjata itu lebih dikenal denagan nama FN Minimi.

Senjata ini merupakan senjata otomatis yang mampu menembakkan 750 hingga 1000 butir peluru per menit, untuk itu TNI memakainya sebagai senjata perbantuan di tingkat Regu.

Baca Juga : Teknologi Informasi

Senjata FN Minimi ini sebenarnya merupakan senjata mesin ringan ( SMR ) namun memiliki kaliber standart senapan serbu yaitu 5,56 MM serta dapat ditembakkan dari pundak layaknya SS-1 ataupun SS-2.

Atas dasar itu banyak regu tempur angkatan perang di dunia seperti Amerika, Jerman, Afrika Selatan, Swedia, Perancis, inggris dan tentunya TNI menggunakan senjata di sebagai senjata bantuan tingkat Regu.

regu-infanteri

Varian FN Minimi

Senjata Minimi sendiri mempunyai beberapa varian yang menyesuaikan dengan permintaan negara pengguna, namun denga spesifikasi dasar tetap sama.Perbedaan varian biasanya terjadi di bentuk Popor, Lade ( pelindung laras ) atau Magazen.

Varian tersebut antara lain Minimi MK-1 yang dipakai oleh TNI, MK-2 atau dikenal dengan M249 SAW, MK 2, MK 46 Para yang digunakan oleh angkatan perang amerika serta MK 48.

Spesifikasi Senjata Minimi

Sebagai senjata unggulan dan termasuk sebagai senjata yang revolusioner berikut Spesifikasi singkat senjata minimi sesuai yang Mimin rangkum dari Wikipedia :

Beratkosong 6.2 kg, terisi dengan 200 peluru 10,6 kg
Panjang1.038 mm (41 in)
Panjang laras465 mm (18 in)
Peluru5.56 x 45 mm NATO
Kaliber5.56 mm
Mekanismeoperasi gas, bolt terbuka
Rata¬≤ tembakan750 – 1000 butir/menit dengan sabuk amunisi
Kecepatan peluru968 meter / detik
Jarak efektifmaksimum 1500 m
Jarak jangkauan2000m
AmunisiSabuk M27 1000-butir sekali pakai,
Sabuk 500 atau 1000-butir daur ulang,
Beta C-Mag 500-butir,
Magazen STANAG 150-butir
Alat bidikpenjera drum dan pisir bentuk daun (FN Minimi), ghost-ring trademark HK (M249)
Spesifikasi singkat FN Minimi

Baca Juga : Helikopter Terbesar di Dunia

kelebihan-minimi

Kelebihan Senjata FN Minimi

Banyaknya angkatan perang yang regu Infanterinnya menggunakan jasa FN Minimi untuk kebutuhan operasionalnya tentu dikarenakan banyaknya kelebihan yang ada pada senjata ini, antara lain :

1. FN Minimi Terbuat dari Bahan baja berkualitas tingg terutama larasnya sehingga mempunyai ketahanan panas yang cukup tinggi.

2. Mampu Menembak secara otomatis dengan kecepatan hingga 1000 butir peluru per menit, hal ini jarang dimiliki oleh senjata sejenis.

3. Ringan, Untuk golongan senjata mesin ringan atau senjata bantuan berat FN Minimi merupakan salah satu yang palin ringan, hingga di klaim mampu ditenteng/dibawa oleh seorang prajurit tanpa bantuan orang lain serta dapat pula ditembakkan tersandar pada bahu layaknya senapan serbu.

4. Ringkas, Hal ini karena penggantian laras FN minimi dapat dilakukan secara langsung dengan membuka kunci pengaman bahkan tanpa memakai pelindung tangan khusus seperti senjata mesin lainnya.

Kekurangan FN Minimi

Namun layaknya senjata lain buatan manusia tentu masih ada kekuarangan dari senjata ini yaitu :

1. Foregrip senjata FN Minimi memang enak dipegang namun memiliki kerawanan kerusakan seperti patah atau bengkok lebih besar, Hal ini karena forgrip senjata ini sangat tipis untuk senjata ukuran sejenis SMR.

2. Laras mudah panas, hal ini sebenarnya wajar untuk ukuran sejenis senjata mesin ringan yang mampu menembakkan secara rentetan dengan muntahan peluru yang sangat banyak. namun hal ini tetaplah hal yang cukup mengganggu karena harus sering mengganti laras.

Kesimpulan

Sebagai penutup dalam pembahasan kali ini bahwa SO FN Minimi merupakan senjata yang merupakan perpaduan antara senapan serbu dan senjata bantuan ( SMR / SMB ), Hal ini karena memliki kemampuan senjata otomatis namun juga tetap dapat digunakan layaknya senapan serbu.

Demikianlah artikel kali ini tentang pembahasan Senjata Minimi sebagai salah satu senjata Revolusioner dan populer dalam regu tempur satuan Infanteri seluruh Dunia. Semoga dapat menambah pengetahuan tentang dunia kemiliteran.

Tinggalkan Balasan