Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Senjata Sniper andalan : SPR – 4

57 sec read

literacyMILITER – PT. Pindad selaku produsen persenjataan dalam negeri terus berkembang dan berinnovasi guna memenuhi kebutuhan TNI maupun Militer Luar negeri, khusus Senjata Runduk / Sniper sebenarnya PT. PINDAD telah mengeluarkan SPR- 2 dan SPR – 3 yang menjadi pendahulu SPR- 4, dan dalam artikel kali ini kita akan analisa alutsisa Senjata Runduk SPR-4.

SPR-4 dibuat secara spesial dikarenakan merupakan kelanjutan dari pendahulunya SPR-3 yang mempunyai jarak jangkau 2000 m dan SPR 3 dengan jarak jangkau 700 m.

Baca Juga : Senjata AK – 47

Senjata ini mengisi kekosongan ruang tembak tersebut dengan jarak tembak efektif 1500 m, selain itu SPR – 4 jadi bertambah spesial karena tidak menggunakan munisi standar seperti senapan runduk lainnya, melainkan menggunakan munisi khusus yang guna meningkat akurasi tembakan para sniper yaitu menggunakan peluru rimless 8,6 x 77 mm yang mampu melumpuhkan sasaran lunak dan anti material.

SPR – 4 memiliki tampilan modern dengan cat berwarna coklat gurun yang elegan, badan senjata inipun dibuat dari bahan aluminium yang dilengkapi Rail Integration System ( RIS ) sebagai tambahan guna penempatan aksesori.

Sedangkan guna pengoperasiannya menggunakan sistem kerja Bolt Action dengan penguncian sistem putar dan laras twist 1 : 10 berperedam suara dan hentakan.

Baca Juga:

Berikut spesifikasi singkat SPR-4 :

  1. Panjang senjata                              : 1,298 mm;
  2. Panjang laras                                  : 685,8 mm;
  3. Berat senjata                                  : 11,5 kg ( magazen terisi penuh ) 11,2 kg ( magazen kosong );
  4. Jarak tembak efektif                    : 1500 m; dan
  5. Jenis/kaliber munisi                    : 8,6 mm.

Senjata ini tentunya menjadi berita menggembirakan bagi prajurit TNI guna melengkapi alutsista di satuannya sehingga dapat lebih profesional dan siap digunakan bila sewaktu waktu dibutuhkan guna menjaga kedaulatan NKRI.

Ya itulah tadi pembahan singkat kita tentang SPR – 4 sebagai salah satu alutsista buatan PT Pindad yang diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan TNI dalam mempersenjatai Prajuritnya.

Sumber : https://www.pindad.com/spr4-senapan-runduk

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!