3 Senjata Modern yang Dimiliki Oleh TNI Angkatan Darat

1 min read

3 Senjata Modern yang Dimiliki Oleh TNI Angkatan Darat

Semakin berkembangnya zaman, teknologi modern juga semakin berkembang dengan pesat. Salah satu bidang yang tersentuh teknologi adalah sistem persenjataan.

Untuk menambah kekuatan dan pertahanan wilayah Indonesia, TNI Angkatan Darat memiliki 3 jenis senjata baru yang modern.

Berikut adalah 3 jenis senjata modern baru yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat.

 

1.Meriam Caesar 155

Meriam Caesar yang merupakan singkatan dari Camion Equipa d’un SystAme d’ARtillerie. Meriam ini adalah meriam yang diproduksi oleh Nexter System di Perancis.

Baca Juga:

Senjata yang dimiliki oleh meriam ini adalah 155 mm / 52-Perancis dan dapat dipasang pada sasis truk 6 X 6. Untuk mengoperasikan meriam ini, dibutuhkan 3 sampai 5 orang kru karena ukurannya yang cukup besar.

Baca Juga : Radar Militer Tercanggih Indonesia

Jarak tembak yang dimiliki oleh meriam ini adalah sekitar 42 km dengan menggunakan Extended Range. Full Bore (ERFB) shell, dan lebih dari 50 km menggunakan roket.

 

2.Roket ASTROS

ASTROS atau singkatan dari Artilery Saturation Rocket System merupakan roket multiple yang diproduksi perusahaan asal Brasil, yaitu Avibras.

Roket ini memiliki roket dengan kaliber mulai dari 127 mm hingga 300 mm serta roket ini juga memiliki desain yang cukup modular.

Roket ASTROS ini juga membuat senjata untuk meningkatkan  kemampuannya. Salah satu senjata yang dibuat oleh roket ini adalah Astros 2020 (Mk6) yang memiliki jarak tembak sejauh 300 km.

Selain itu, Astros 2020 juga dilengkapi dengan roket GPS 180 mm yang disebut sebagai SS-AV-40 dengan jangkauan sejauh 40 km dan roket SS-150 yang baru dikembangkan dengan jangkauan maksimum sejauh 150 km.

 

3.Meriam GS M109

Salah satu senjata yang dibeli oleh TNI AD adalah meriam GS M109 yang berjenis Self Tracked Propelled Howitzer yang dibeli dari Belgia.

Meriam ini dilengkapi dengan 3 unit periskop yang berguna untuk membatu memantau kondisi pada malam hari.

Sistem persenjataan yang dimiliki oleh meriam ini adalah Browning M2HB kaliber 12,7 mm sampai peluncur granat. Meriam ini memiliki jarak tembak yang konvensional sejauh 18 km. jika menggunakan RAP atau Rocket Assisted Projectile, jarak tembak meriam ini mencapai 30 km.

error: Alert: Content is protected !!