Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Oerip Soemohardjo 1893-1948

2 min read

Pahlawan Indonesia : OERIP SUMOHARDJO

literacyMILITER ,- SOSOK : OERIP SOEMOHARDJO (1893-1948). Indonesia lahir dari jasa para pahlawan yang telah mengorbankan dirinya bagi Bangsa dan Negara ini. Kita sebagai penerusnya wajib mengenal dan mengenal jasa jasaya, karen tanpa mereka kita mungkin belum MERDEKA.

Kali ini kita akan mengulas secara singkat salah satu pahlawan Indonesia yang juga merupakan salah satu pendiri TNI, beliau adalah Jenderal TNI ( anumerta ) Raden Oerip Soemohardjo yang oleh pemerintah diberi gelar Pahlawan Nasional Indonesia, demikian biografi singkatnya :Oerip Soemohardjo 1893-1948

Oerip Soemohardjo 1893-1948

22 Februari 1893

OERIP SUMOHARDJO Lahir di kampung Sindurejan, Purworejo, Jawa Tengah dengan nama Muhammad Siddik, beliau adalah putra sulung dari seorang Mantri Guru (sebutan untuk Kepala Sekolah masa itu) yg bernama Mohammad Isa Soemohardjo dan ibunya Raden Ajeng Rochjasih, putri dari Raden Tumenggung Widjojokoesoemo, Bupati Trenggalek. Berganti nama menjadi Oerip setelah mengalami kecelakaan yang nyaris merenggut nyawanya saat masih kecil.

1906

Baca Juga:

Raden Oerip Sumohardjo Menamatkan Sekolah Dasar di Purworejo dan kemudian diarahkan melanjutkan sekolah disekolah Pangrehpraja (OSVIA) di Magelang oleh ayah dan kakeknya agar kelak dapat mengikuti jejak sang kakek dari pihak ibu yg seorang bupati.

Baca Juga : Urutan Pangkat TNI

1910

Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat pertama di OSVIA, Oerip kabur ke Batavia (jakarta sekarang) untuk mendaftar menjadi Kadet di Militer di Meester Cornelis di Jatinegara.

1914

Lulus sekolah militer dengan pangkat Letnan Dua dan kemudian bertugas di Jatinegara selama 1,5 tahun sebagai Komandan Seksi.

1915

OERIP SUMOHARDJO Bertugas di Banjarmasin, Kalimantan. pangkatnya naik menjadi Letnan Satu

1921

Pindah tugas ke Purworejo, setelah kurang lebih 7 tahun di Banjarmasin.

September 1925

Pindah tugas ke Magelang di kompi marsose, tentara yg diberi tugas kepolisian

30 Juni 1926

OERIP SUMOHARDJO Menikahi Rohmah Subroto, anak gadis dari seorang Guru Bahasa Melayu dan Jawa nya semasa sekolah di OSVIA.

1927

OERIP SUMOHARDJO Pindah tugas ke Ambarawa untuk menyusun kembali batalyon rekrut yg sudah bubar, disini Oerip naik pangkat menjadi kapten.setelah itu kembali berdinas di Jatinegara.

1934

Bertugas di Padang Panjang

1935

Naik pangkat menjadi Mayor dan pindah tugas ke Purworejo

1938

OERIP SUMOHARDJO Mundur dari dinas militer karena berselisih paham dg Bupati Purworejo pada masa itu.

1941

Raden Oerip Soemohardjo Memutuskan berangkat ke Bandung dan aktif kembali di dinas militer saat mendengar kejatuhan Belanda di Eropa, beliau di beri kepercayaan untuk membentuk depo batalyon baru dan diberi pangkat Letnan Kolonel.

1942

Saat Hindia Belanda menyerah kepada Jepang, beliau menjadi tahanan perang bersama puluhan ribu anggota KNIL lainnya, di tahan di Cimahi selama 3,5 bulan

1945

Ditunjuk pemerintah sebagai organisator tentara.

20 Oktober – November 1945

OERIP SUMOHARDJO Diangkat sebagai kepala Staf TKR (Tentara Keamanan Rakyat) dengan pangkat Letnan Jendreral. Bersama Soedirman menjadi kandidat Panglima Besar dalam konferensi TKR. Soedirman yg terpilih dan Oerip tetap sebagai Kepala Staf TKR.

1946

Memimpin Panitia Besar Penyelenggaraan Organisasi Tentara yg ditetapkan Presiden pada Februari 1946. yg salah satu agendanya adalah meleburkan laskar laskar atau badan badan perjuangan kedalam TKR.

Januari 1948

Ditunjuk menjadi Penasehat Militer saat perjanjian Renville.

17 November 1948

Raden OERIP SUMOHARDJO Mengundurkan diri dunia kemiliteran, Akhirnya beliau Wafat di Jogjakarta karena penyakit jantung yg dideritanya.

Bersambung #Part 2 …

Demikian Biografi singkat sang pahlawan Indonesia Jenderal TNI (Anumerta) Raden Oerip Soemohardjo 1893-1948 semoga menjadi tambahan wawasan dan membuat kita lebih cinta Bangsa dan Negara Indonesia. Jangan lupa baca juga sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia lainnya seperti Sejarah Perang Diponegoro. Selamat Menikmati.

Sumber :
Oerip Soemohardjo: Bapak Tentara yang Dilupakan. Historia, no. 32. tahun III.2016
Kartodirdjo, Sartono. 1990. Pengantar Sejarah Indonesia Baru: Sejarah Pergerakan Nasional, dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme. Jilid 2. Jakarta : Penerbit PT. Gramedia.
Nasution,A.H. 1955. Catatan-catatan Sekitar Politik Militer Indonesia. Jakarta : pembimbing.
Nyoman Dekker. 1997. Sejarah Pergerakan dan Revolusi Nasional. Malang : penerbit IKIP Negerei Malang.
Rohmah Soemohardjo-Soebroto. 1973. Oerip Sumohardjo : Letnan Jendral TNI (22 Februari 1893-17 Nopember 1948). Jakarta: Gunung Agung.
Wild, Colin dan Peter Carey.1986.Gelora Api Revolusi. Jakarta: PT. Gramedia.

( Red | literacyMILITER )

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!