Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Strategi Mengembangkan Bisnis UKM di Era Digital

2 min read

Strategi Mengembangkan Bisnis UKM di Era Digital

literacymiliter.com – Teknologi bukan sekedar menjadi ajang untuk pamer, tetapi juga berfungsi dengan baik dalam ranah ekonomi. Perdagangan menjadi lebih mudah dilakukan dalam skala nasional dan internasional. Bahkan bisnis UKM tak sedikit juga yang berkembang berkat kemajuan teknologi di era digital.

Sayangnya pelaku bisnis UKM di Indonesia masih sedikit yang memanfaatkan teknologi demi bisa memajukan usahanya. Padahal banyak strategi yang bisa dilakukan, seperti apa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik bisnis?

Strategi Jitu Bisnis UKM Semakin Berkembang di Era Digital

Apapun jenis bisnis UKM-nya dapat dimaksimalkan pemasarannya melalui teknologi. Keuntungan memasarkan bisnis melalui media digital adalah tidak membutuhkan modal yang besar. Kelebihan ini menjadi hal yang sangat dinantikan oleh pebisnis UKM.

Bagi Anda yang sudah siap untuk memajukan bisnisnya di era digital ini bisa intip beberapa strateginya berikut.

1. Memanfaatkan Aplikasi

Aplikasi menjadi tumpuan terbesar yang dimanfaatkan dalam dunia digital. Contoh perubahan yang banyak dilakukan adalah soal mesin kasir. Salah satu aplikasi kasir online terbaik yaitu Majoo menawarkan fitur yang bukan sekedar sebagai alat pencatat transaksi.

Baca Juga:

Melalui aplikasi kasir ini Anda bisa bisa melihat laporan penjualan hingga stok. Cara ini memangkas waktu Anda dalam membuat rekapan. Hal ini akan membantu Anda dalam manajemen usaha lebih baik.

Selain mesin kasir ada juga aplikasi marketplace yang membantu Anda membuka toko online. Anda bisa menawarkan produk secara online, karena sebagian besar masyarakat kini memanfaatkan marketplace untuk berbelanja.

2. Memanfaatkan Sosial Media

Strategi lain yang cukup efektif adalah memanfaatkan sosial media sebagai branding produk. Ada beragam media sosial yang kini banyak digunakan masyarakat seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll.

Pilihlah salah satu dari sosial media tersebut kemudian buatlah akun dan cobalah untuk memasarkan produk. Buat konten menarik dan Anda bisa memasang iklan sesuai dengan target konsumen.

Keunikan dari media sosial ini adalah Anda bisa menentukan secara spesifik karakteristik konsumen ketika ingin memasang iklan. Dengan adanya iklan yang tertarget ini maka efektifitasnya tentu lebih tinggi.

3. Inovatif dalam Membuat Iklan

Saat memasang iklan Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Hasil riset ini akan menentukan target iklan dari biaya sampai audiensnya. Anda juga perlu menentukan konten apa yang hendak diiklankan.

Mengetahui karakteristik dari masing-masing media sosial akan menentukan keberhasilan iklan. Contohnya untuk Instagram Anda perlu menarik audien dengan konten foto atau video yang menarik.

Kenali dulu apa keunggulan dari produk yang ingin ditonjolkan dalam konten iklan. Ada banyak pembahasan yang bisa diberikan seperti keunikan, fitur yang tidak dimiliki kompetitor hingga kemudahan penggunaan atau pembelian.

4. Mengenali Trend dan Berinovasi

Bisnis UKM Anda akan berhasil jika tidak pernah ketinggalan dengan tren. Anda perlu aktif mengikuti grup atau perkembangan berita yang sedang banyak diulas. Mengenali trend memberikan kemudahan untuk pembuatan konten.

Selain itu Anda juga bisa berinovasi terhadap produk. Jangan hanya fokus pada pemasaran tetapi kembangkan juga produk yang Anda miliki. Cara ini akan membuat konsumen loyal tidak akan pindah ke produk lain.

Anda bisa membuat halaman di Facebook sebagai langkah interaktif mengenai tanggapan dari konsumen loyal. Saat hendak berinovasi Anda tentu membutuhkan feedback dari konsumen sehingga produk baru nantinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

5. Meningkatkan Pelayanan

Apakah Anda sudah meningkatkan kepuasan pelanggan dari pelayanan yang diberikan. Jika Anda mempekerjakan customer service pastikan layanan yang diberikan memiliki standar tertentu. Anda perlu menentukan standar pelayanan ini sejak awal.

Walaupun Anda melayani konsumen dari jarak jauh seperti menggunakan chat, dibutuhkan standar greeting hingga kecepatan dan ketepatan dalam menjawab. Jangan sampai konsumen kecewa karena chat yang terlalu lama dibalas.

Selama Anda menggunakan strategi bisnis di era digital ada beberapa hal yang harus terus diperhatikan. Apa saja keterbatasan yang Anda miliki secara internal dalam usaha? Apakah peluang yang menguntungkan dari lingkungan eksternal yang bisa didapatkan?

Kenali juga ancaman apa saja yang bisa menciptakan tantangan dalam usaha. Selama Anda bisa menjawab pertanyaan ini maka strategi yang diterapkan nantinya pasti akan berhasil.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!