Strategi Perang Sun Tzu, Ahli Militer China Kuno

1 min read

Strategi Perang Sun Tzu, Ahli Militer China Kuno

literacymiliter.com – Dalam kehidupan manusia di dunia ini pasti tidak terlepas dari yang namanya perang. Dari zaman dahulu hingga sekarang, peperangan sering terjadi antar berbagai pihak.

Tiap perang pasti membekas pada suatu pihak tertentu bahkan berbagai pihak yang tidak terlibat dalam perang.

Untuk memenangkan perang yang sedang dihadapi pasti memerlukan strategi yang sangat ampuh. Salah satu strategi perang yang sangat terkenal adalah strategi yang disusun oleh Sun Tzu, seorang ahli Militer dari China.

Pasti nama Sun Tzu sangat tidak asing bagi dunia militer, karena strategi yang disusun oleh Sun Tzu banyak juga digunakan oleh militer zaman ini. Buku Sun Tzu The Art of Warfare merupakan salah satu buku yang wajib menjadi bacaan untuk militer.

Dalam buku tersebut, banyak sekali strategi perang dan militer yang dimiliki oleh Sun Tzu dimuat dalam buku tersebut.

Baca Juga:

Beberapa garis besar yang digunakan oleh Sun Tzu dalam strategi perang yang dimilikinya.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah penilaian. Artinya kalian harus bisa menilai segala aspek dan hasil peperangan yang sedang dilaksanakan. Aspek yang penting dan perlu dinilai adalah jalan, iklim, medan, komando, dan aturan.

Untuk ini, kalian harus bisa membuat seluruh pasukan memiliki pemikiran seperti kalian agar seluruh pasukan mengikuti kalian dengan segenap hati. Kalian juga harus bisa mengenali kondisi iklim yang sedang dilakukan, apa keuntungan dan kerugiannya.

Kalian juga harus memiliki jenderal yang memegang komando dan menetapkan aturan pada pasukan kalian.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kalian melancarkan pertemuan. Dalam perang, pasti kalian ingin cepat berakhir. Oleh karena itu, saat melakukan peperangan pastikan selalu mencari peperangan yang cepat.

Semakin lama durasi perang yang berlangsung, maka akan semakin merugikan pasukan itu sendiri dalam beberapa aspek.

Sebisa mungkin, komandan harus bisa mempertahankan mental dan fisik pasukannya dengan hidup dari wilayah musuh.

Selanjutnya adalah bagaimana cara merencanakan serangan. Sun Tzu mengatakan bahwa seni perang paling baik adalah menjaga negara sendiri dan bisa menghancurkan negara musuh.

Sun Tzu memiliki kebijakan militer dimana kalian harus menyerang strategi musuh, menyerang persekutuan musuh, dan menyerang kota/negara bertembok (dalam konteks zaman kuno).

Namun penyerangan terhadap kota yang bertembok merupakan pilihan yang paling terakhir jika tidak memiliki pilihan lain.

Hal terakhir dalam strategi perang milik Sun Tzu adalah menggunakan mata-mata saat berperang. Hal ini dilakukan agar pasukan dan komandan bisa mengetahui bagaimana kondisi musuh untuk dapat menyusun strategi yang dapat mengungguli musuh.

Mata-mata yang diperlukan menurut Sun Tzu adalah mata-mata setempat yang merupakan bangsa dari musuh, orang dalam yang berasal dari pejabat musuh, agen ganda yaitu mata-mata bagi musuh dan juga sebagai mata-mata bagi musuh namun memberikan informasi palsu pada musuh.

Itulah beberapa garis besar yang dimuat dalam ” Strategi Perang Sun Tzu ” strategi militer yang dimiliki oleh Sun Tzu, seorang ahli militer China pada zaman kuno. Strategi-strategi yang sangat ampuh yang harus diterapkan pada militer di zaman modern ini.

error: Alert: Content is protected !!