Manakah yang lebih baik, Su – 35 Vs F – 35 ??

19
1102
BLOG MILITER

Su – 35 Vs F – 35

Literacymiliter.com,- Su – 35 Vs F – 35,- Tak Bisa dipungkiri untuk saat ini Amerika Serikat dan Rusia tetaplah yang terdepan dalam kecanggihan pesawat tempur yang mereka miliki. lalu manakah yang lebih baik ?

Rusia yang mengandalkan Sukhoi Su – 35, Su – 57, Mikoyan Mig -31 dan .Amerika yang mengandalkan F -22 Raptor, F -18 Hornet, F – 35 Lightning II atau F -16 Viper.

Namun yang paling hangat tentunya adalah peseteruan antara 2 pesawat canggih terbaik Rusia dan Amerika Serikat, Yaitu Sukhoi Su – 35 berhadapan dengan F – 35 Lightning II.

BERITA DISARANKAN

Dua pesawat terbaru inilah yang selalu di gadang – gadang menjadi pesawat pendominasi di udara. Hal ini tentunya disebabkan karena teknologi canggih dan terbaru, yang ditanam di pesawat tempur F -22 Lighning II dan Sukhoi Su – 35.

Walau beberapa negara berusaha mengejar, seperti Cina dengan J – 20 , Perancis dengan Dassault Rafale maupun Korea dengan KFX, namun semua pesawat tersebut belumlah benar benar teruji dalam sebuah pertempuran nyata.

Sedangkan Amerika dan Rusia selalu bertemu satu lawan satu hampir diseluruh Konflik yang terjadi di Dunia terutama di Kawasan semenanjung Arab.

Terakhir, Perang Suriah merupakan medan pertempuran yang nyata antara kedua belah pihak dimana Rusia mendukung dan menyuplai persenjataan bagi pemerintah Suriah dibawah Pimpinan Bashar Al Ashad sedangkan Amerika mendukung pejuang kemerdekaan.

Rusia dan Amerika juga terus berinovasi agar pesawat tempur bikinannya menjadi yang tercanggih dan terhebat, Tak pelak walau banyak jenis pesawat tempur lainnya banyak pengamat yang membandingkan 2 Varian terbaru dari masing – masing negara.

Su -35 Vs F – 35 yang siap beradu satu lawan satu guna mendominasi pertempuran di Udara. Sehingga banyak timbul pertanyaan :

Berimbangkah , Sukhoi Su – 35 VS F-35 Lightning II?

Sekedar pengetahuan bahwa Indonesia juga sedang mengincar salah satu pesawat canggih ini, dimana diberitakan bahwa Indonesia sebenarnya sangat berminat untuk mengakuisisi Su -35 guna memperkuat TNI AU.

Namun Amerika serikat menggertak dan menawarkan F -16 versi terbaru dan tercanggih yaitu F-16 Viper, Namun Indonesia masih menawar dengan mencoba untuk mendapatkan pesawat yang seimbang dengan Su -35 yaitu F-35 Lightning II

Untuk Mengetahui siapa yang terbaik Su – 35 Vs F – 35, mari kita mencoba untuk mengupas tuntas perbedaan antara keduanya, baik keunggulan maupun kekurangan pesawat tempur masing masing :

F-35B Lightning II

Kecepatan

Dari segi kecepatan Sukhoi Su – 35 mampu terbang dengan kecepatan maksimal 2.390 Km/Jam sedangkan F -35 hanya mampu terbang dengan kecepatan maksimal yaitu 2.065 Km/Jam. Untuk masalah kecepatan maksimal, Sukhoi Su – 35 sedikit lebih unggul bila dibandingkan dengan F – 35.

Jadi jelas hasil perbandingan Su – 35 Vs F -35, dari segi kecepatan Pesawat Su -35 bikinan Rusia ini lebih unggul dari buatan Amerika

Sistem Siluman “ Stealth

Pada dasarnya semua pesawat canggih generasi 4++ telah menggunakan sistem Siluman “ Stealth “ atau Low Obsersed ( LO ) yang pada intinya merupakan sebuat teknologi agar mengurangi resiko dalam menghadapi Radar Musuh.

Dengan Sistem dan teknologi ini membuat kedatangan sebuah pesawat tempur musuh terlambat dideteksi, atau bahkan tidak terdeteksi sama sekali oleh musuh.

Namun Kadar sistem sistem teknologi siluman, yang tertanam dan dipasang di masing – masing pesawat mempunyai Kadar yang berbeda.

Baca Juga : S – 350 Vityaz

Saat ini F-22 Rapor merupakan pesawat tempur dengan sistem stealth terbaik, Pesawat yang dibanggakan militer Amerika Serikat ini mampu menerobos pertahanan udara dan radar musuh tanpa terdeteksi.

Sedangkan F-35 lightning juga mengadopsi sistem stealth yang sedikit dibawah F – 22, Namun Hal ini tetap membuat sistem Stealth nya lebih baik bila dibandingkan dengan Su -35.

Dari Segi Teknologi Stealth ” Siluman “, perbandingan Su -35 Vs F – 35 dimenangkan oleh F -35 yang mempunyai teknologi stealth lebih baik

Harga Pesawat

Sesuai berita yang dilansir Wikipedia, yang menyatakan bahwa Harga Pesawat Sukhoi Su – 35 ditaksir dengan harga antara 45 juta $ AS sedangkan F – 35 dibanderol dengan harga 85 juta $ AS.

Dari segi Harga Sukhoi Su -35 Vs F -35. Maka memang Su -35 sedikit lebih ekonomis bila dibandingkan dengan F – 35 Lightning.

Sistem Avionik

Baik F – 35 Lightning II maupun Sukhoi Su -35 sebenarnya sama sama dibekali dengan sistem Radar Canggih unggulan negara Masing masing.

F – 35 mengandalkan sistem Avionik dengan menanamkan beberapa Radar Canggih diantaranya adalah Radar AN/APG – 81, AAQ-40 E/O Targetting Sistem ( EOTS ), AN/ASQ-242 CNI system, Radar Altimeter dan beberapa sistem avionik canggih lainnya yang membuat pesawat ini memenuhi pakem sebagai pesawat First Look, First Shoot, First Kill .

Baca Juga : Sukhoi Su -35

Sedangkan Su – 35 mengandalkan Sistem Avionik Canggih Irbis – E – PESA yaitu sebuah radar sistem hybrid canggih multi-mode, radar pasif pindai elektrolis yang dikembangkan oleh Tikhomirov

Dari Segi Teknologi dan sistem Avionik, perbandingan Su -35 Vs F – 35 dimenangkan oleh F -35.

Sistem Avionik F -35 Lightning II lebih baik dan lebih lengkap dari pada sistem Avionik yang dipakai oleh Sukhoi Su – 35.

Persenjataan

Dari segi persenjataan yang dibawa Sukhoi Su – 35 vs F- 35 Lightning II, sama – sama membawa Amunisi yang ditakuti oleh pesawat tempur lain.

F – 35 Mengandalkan mengandalkan Meriam GAU-22/A, versi empat laras dari 25mm GAU-12 Equalizer, AIM – 120 AMRAAM BVR, Rudal Jelajah AGM-158 ( JASSM ), AIM – 9X Side Winder Dan AIM – 132 ASRAAM.

Dalam Bodi Pesawat F -35 juga disiapkan 2 ruang senjata internal yang memiliki 4 stasiun senjata terdiri rudal udara ke darat ( Bom ) yang mampu membawa amunisi hingga 2000 pon, sedangkan  2 stasiun lainnya membawa peluru kendali dari udara ke udara yang mampu membawa  AIM 120 AMRAAM atau AIM 132 ASRAAM.

Sedangkan Su – 35 dibekali dengan amunisi yang lebih banyak antara lain : 1 × 30 mm kanon internal Gryazev-Shipunov GSh-30-1 dengan 150 peluru , 2 × rel ujung sayap untuk Rudal udara ke udara R-73 atau poda ECM ; 12 × stasiun rangka dan sayap untuk sampai 8.000 kg artileri; Vympel R- 27: R-27R, R-27ER, R-27T, R-27ET, R-27EP, R-27AE; Vympel R- 77: R-77, dan R-77M1, R-77T yang diajukan;

Ditambah lagi dengan Vympel R- 73: R-73E, R-73M, R-74M; Kh-31: Kh-31A, Kh-31P (Peluru kendali anti-radiasi); Kh-35: Kh-59; Kh-29: Kh-29T, Kh-29L; Bom terpandu laser KAB-500; Bom terpandu laser KAB-1500; Bom terpandu laser LGB-250; 250 kg bom tak-terpandu FAB-250; 500 kg bom tak-terpandu FAB-500; Roket terpandu; aser S-25, roket tak-terpandu S-250; Poda roket tak-terpandu S-8; dan Poda roket tak-terpandu S-13 

Kesimpulan

Dari uraikan diatas dapat kita tarik beberapa kesimpulan antara lain :

  1. Baik Sukhoi Su – 35 dan F -35 Lightning II merupakan pesawat tempur Modern yang sangat canggih dan menjadi anadalan sang pembuatnya yaitu Rusia dan Cina.
  2. Sukhoi Su 35 mempunyai kelebihan / keunggulan dari segi kemampuan manuver, kecepatan maksimum dan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan F -52
  3. F – 35 Lightning II Unggul dari segi Sistem Siluman “ Stealth “ dan Sistem Avionik  yang canggih.

Untuk itu jika ada pertanyaan siapa yang lebih unggul dalam pertarungan udara antara Su – 35 Vs F -35  ?

Maka Jawabannya tergantung pada Pilot dan situasi pertempuran yang sedang terjadi, Hal ini karena kedua pesawat tempur ini mempunyai keunggulan dan kelemahan masing – masing, yang secara keseluruhan relatif seimbang.

Kemahiran Pilot dalam mengoperasionalkan pesawat tempur, akan menjadi pembeda dalam menentukan siapa yang lebih unggul anatara F-35 Vs Su -35.

Secara Pribadi, saya sebenarnya berandai – andai bahwa TNI AU akan menjadi semakin kuat jika pemerintah Indonesia mempunyai kemampuan untuk mendatangkan 2 pesawat ini.

Kehadiran pesawat ini akan sangat berarti dalam mem[perkuat TNI utamanya TNI AU.

Demikianlah perbandingan antara 2 pesawat tercanggih yang ada saat ini yaitu Su – 35 buatan Rusia dan F – 35 Lightning II Buatan Amerika Serikat.

Anda miungkin mempunyai pendapat berbeda, silahkan tulis pendapat anda di kolom komentar !!!

19 KOMENTAR

  1. Wah, ini kmaren yang sempat digadang-gadang pemerintah untuk membeli SU-35..selain dari segi harga, Amerika sbg pemilik F-35 selalu mendikte customer persenjataan dengan sanksi yang paling sering embargo militer…..

    Tetapi kalau dari segi daya tempur, penilaian pribadi saya setelah membaca artikel diatas itu….lebih condong ke F-35.

    Yah, kita tunggu saja pesawat tempur dari negara 1 lagi gan..China…yang juga bisa menyaingi ini konon katanya.

  2. Hahaha.. bener semua tergantung pilot bagaimana mengeksekusi dalam pertempuran karena belum ada pesawat yang anti ledak atau mungkin jika ada bakal menjadi pesawat tercanggih berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here