Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Su – 57, Pesawat Tempur Terbaik Rusia

1 min read

pesawat tempur terbaik di Rusia

Hai Sahabat BLOG MILITER, Rusia telah banyak memproduksi berbagai macam pesawat tempur tercanggih Rusia, Namun tahukah kamu Pesawat Tempur Terbaik Rusia ? Yup benar pesawat itu adalah Sukhoi Su – 57 , Pesawat buatan pabrikan ternama Rusia, Sukhoi.

pesawat tempur tercanggih rusia

Sukhoi Su – 57 Felon

Sukhoi Su – 57 yang oleh Nato diberi Kode ” Felon ” merupakan pesawat tempur pertama rusia yang secara penuh mengadopsi teknologi siluman ” stealth teknology ” dimana selama ini sebenarnya rusia lebih fokus pada pesawat dengan teknologi anti siluman yang mengandalkan kecepatan dan kemampuan manuvernya seperti pesawat tempur bikinan sukhoi sebelumnya.

Baca Juga : Pesawat Militer Terbaik Indonesia

Baca Juga:

Selain telah menggunakan teknologi siluman secara utuh, Su – 57 juga diklaim mempunyai banyak keunggulan dari pada pesawat sejenisnya karena tetap mempertahankan kemampuan manuver dan kecepatan khas pesawat tempur buatan Sukhoi.

Bahkan dalam sebuah Vidio yang dirilis oleh angkatan bersenjata udara Rusia memperlihatkan kemampuannya yang super menawan dengan menembakkan Rudal dari udara ke udara saat bermanuver dengan terbang vertikal.

Pesawat Tempur Terbaik Rusia

Dengan teknologi Siluman dan dengan kecepatan pesawat hingga 2.440 Km/Jam serta jarak tempuh hingga 5.500 Km, Para Ahli pesawat militer rusia mengklaim bahwa Su – 57 akan menjadi Pesawat Tempur Terbaik Rusia.

Bahkan sebagian bahkan mengatakan Sukhoi Su-57 juga merupakan pesawat tempur tercanggih di Dunia yang selama ini didaulat sebagai milik pesawat buatan Amerika Serikat F -22 Raptor.

Baca Juga : Bell Boing V – 22 Osprey

Hal ini memang bukan hanya khayalan selain keunggulan yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi keunggulan lain yang membuat Su -57 merupakan pesawat tempur yang sebanding dengan F-22 Raptor bahkan mungkin lebih canggih.

Salah satunya adalah sistem Avionik yang terpasang di pesawat ini dengan memasang 3 Radar X – Band Aesa yang diletakkan dibagian sisi dan depan pesawat. yang membuat pesawat ini mampu mendeteksi dan melacak pesawat lebih cepat dari pesawat musuh sejenisnya.

Belum lagi kemampuan Su – 57 yang mampu membawa Amunisi lebh banyak baik Rudal udara ke udara maupun Bom, sehingga layak disebut sebagai pesawat tempur tercanggih Rusia bahkan Dunia

Makna Kode Pesawat Sukhoi Su – 57

Pada awalnya para pengamat militer banyak yang mengartikan bahwa makna penamaaan Su – 57 merupakan angka kelipatan dari pesawat generasi sebelumnya seperti Su – 27 Flanker, Su – 37 Terminator maupun Su – 47 Berkut.

Namun makna tersebut tidak sebenarnya betul, karena seperti dilansir oleh Sputnik Penamaan Su-57 berarti bahwa Su menunjukkan bahwa pesawat ini buatan perusahaan aerospace Rusia yang terkenal Sukhoi, angka 5 mengartikan bahwa pesawat ini merupakat pesawat tempur generasi ke lima, serta angka 7 merupakan angka keberuntungan bagi Rusia khususnya bagi Sukhoi.

Baca Juga : Pesawat Tempur Terbaik di Indonesia

Dengan kemampuan yang sedemikian rupa , sudah selayaknya Sukhoi Su 57 Felon didaulat sebagai pesawat tempur tercanggih Rusia yang setara dengan pesawat generasi 5 lainnya seperti F -35 Lightning, F – 22 Raptor dan J – 20 buatan China.

Pesawat tempur yang dirancang dengan kemampuan multiperan ini di patok Rusia dengan Harga 1,4 Triliun atau 100 juta US$, semoga Indonesia segera mampu memiliki pesawat secanggih ini.

Akhir Kata

Sebelum menutup artikel ini , ijin saya mengatakan bahwa Sukhoi Su – 57 memang benar – benar layak bila diklaim untuk menjadi Pesawat tempur tercanggih Rusia.

Demikianlah pembahasan kita tentang Pesawat Tempur Terbaik Rusia : Sukhoi Su – 57, Jangan lupa ikuti dan simak artikel -artikel berikutnya yang akan terus mengulas tentang dunia kemiliteran, Salam Literasi Militer.

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!