Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Contoh Tanggung Jawab Anggota Keluarga

2 min read

contoh Tanggung Jawab Anggota Keluarga

Hi adek – adek, kita kembali belajar yuk. Kali ini kita akan membahas apa saja sih sebenarnya contoh tanggung jawab anggota keluarga. Ada yang bisa jawab ? Kita bahas bersama ya !

Di dalam sebuah keluarga, terdapat beberapa anggota keluarga ya. Ada ayah, ibu, dan anak. Dimana, masing-masing dari anggota keluarga memiliki tanggung jawabnya masing-masing yang memang harus dijalankan.

Baca Juga : Contoh Tanggung Jawab Sebagai Warga Negara

Baik itu ayah, ibu, ataupun anak. Dan pada hakikatnya, kita semua adalah anak. Namun, status itu kemudian berganti menjadi ‘ayah atau ibu’ ketika kita sudah menemukan tambatan hati yang telah ditakdirkan Allah SWT.

Asyik. Kalau yang sudah ketemu mah, bersyukur. Kalau yang jomblo, ya udah sih, syukuri juga. Nah, di dalam sebuah keluarga, kamu nggak boleh loh semena-mena, karena ada tanggung jawab anggota keluarga yang kamu emban.

Baca Juga:

Kalau ayah ya bertanggung jawab layaknya seorang ayah. Begitupun dengan ibu atau anak. Tapi kayaknya, edukasi terkait tanggung jawab anggota keluarga masih kurag ya.

Sehingga, penting bangte buat kita bahas. Kelihatannya mah simple, tapi kalau nggak diajarkan dan dikenalkan sejak dini kan repot juga. Maka, simak artikenya sampai selesai ya.

Tanggung Jawab Anggota Keluarga

Selain bertanggung jawab kepada diri kamu sendiri, kamu harus ingat, bahwa kamu juga harus bertanggung jawab di dalam keluarga, tergantung dengan peran yang kamu miliki.

Peran di sini sudah mutlak ya, nggak bisa diganti atau ditukar. Misal nih, sekarang kamu berperan sebagai ayah, trus mau tukaran dengan istri kamu.

Biar dia jadi ayahnya kamu jadi istrinya. Ya nggak bisa bambang. Karena bagaimanapun, semua peran punya tanggung jawabnya, dan itu mutlak nggak bisa dikuar. Ya kali mau barter tanggung jawab.

Hal ini karena manusia dianugerahkan berbagai kesempurnaan oleh Sang Kuasa. Kita dianugerahkan dengan benda kecil yang dinamakan sebagai ‘akal’. Dengan akal inilah kita akan mengetahui tanggung jawab anggota keluarga.

Secara umum, tanggung jawab anggota keluarga itu ada beberapa ya. Pertama adalah saling menasehati, menjaga, dan memberikan pengajaran.

Yang kedua menyiapkan generasi yang unggul, lebih kuat, sehat jasmani dan rohaninya, dan yang ketiga adalah mendidik dan membina. Kita bahas tanggung jawab anggota keluarga satu-satu.

Tanggung Jawab Ayah ” Kepala Keluarga “

Di dalam sebuah keluarga, ayah mempunyai tanggung jawab yang paling besar. Yakni menafkahi seluruh anggota keluarganya, mendidik anak dan istri, memenuhi segala kebutuhan anggota keluarga.

Ya kalau memungkinkan, ya sesekali memenuhi keinginan anggota keluarganya lah. Melindungi seluruh anggota keluarga, memberikan tempat tinggal yang terbaik dan ternyaman bagi seluruh anggota kalurga, berlaku adil, dan memberikan kasih sayang yang utuh.

Maka, jika saat ini kamu sudah menjadi seorang ayah, dan menjalankan seluruh tanggung jawab dengan baik dan ikhlas, surga adalah tempatnya insyaAllah.

Karena, ada loh sebuah hadis yang menyatakan, bahwa ‘seorang muslim itu, apabila ia menafkahkan hartanya atau hasil pekerjaannya kepada seluruh keluarganya, maka akan dihitung sebagai sedekah’. B

ayangkan saja, jika setiap hari kamu menafkahi anak dan istri kamu di rumah, sudah berapa banyak sedekah yang kamu lakukan. Luar biasa.

Dan jangan lupa juga, kalau kamu sampai melalaikan tanggung jawab anggota keluarga sebagai seorang ayah, maka kamu juga akan menanggung akibatnya. Yo yo, buat yang calon ayah, semangat. Dan kalau sudah jadi ayah, semoga Allah ringankan jalan menuju surga ya.

Tanggung Jawab Ibu

Tanggung jawab keluarga yang kedua adalah jika kamu berperan sebagai ibu. Di dalam sebuah keluarga, ibu juga mempunyai bertanggung jawab terhadap anaknya.

Dan nggak beda jauh sih ya. Bedanya mungkin hanya pada aspek mencari nafkah. Jika suaminya masih ada, maka tanggung jawab memberikan nafkah kepada seluruh keluarga adalah tanggung jawab suami, namun jika sudah tidak ada lagi, maka tanggung jawab tersebut menjadi tugas ibu.

Baca Juga : Contoh Pengingkaran Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara

Dan ingat, seorang ibu mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap karakter anak. Maka, didik dan besarkan anak-anak kamu dengan baik dan benar. Kuncinya satu sih, belajar dulu ya sis.

Tanggung Jawab Anak

Tanggung jawab anggota keluarga yang selanjutnya adalah tanggung jawab seorang anak. Sebagai anak, ada tanggung jawab  yang harus kamu jalankan, yakni senantiasa berbakti kepada keduanya, menyayangi keduanya, dan meski saling bahu membahu dengan seluruh anggota yang lain.

Dan yang paling penting adalah, kamu bertanggung jawab untuk kebahagiaan mereka, dan jangan  mendoakan keduanya.

Kesimpulan

Bahwa untuk menciptaka sebuah keluarga yang bahagia dan tentram maka tiap tipa anggota keluarga harus tahu dan menjalankan tanggung jawabnya sebagai anggota keluarga.

Demikian beberapa tanggung jawab anggota keluarga. Semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!