Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Tank Leopard 2RI Indonesia : Modern dan Tangguh

1 min read

tank-leopard-2ri

TNI AD selaku kesatuan yang mempunyai tugas pokok menjaga kedaulatan NKRI di wilayah Daratan, Saat ini sedang mentransformasi Alutsista yang mereka miliki dengan mendatangkan beberapa peralatan dan perlengkapan Modern termasuk diantaranya salah satu Jenis Tank Terkuat Di Dunia yaitu Tank Leopard 2RI.

Baca Juga:

Kebutuhan akan Alutsista Modern seperti Pesawat Tempur Canggih, Helikopter Serang Terbaik dan Tank – Tank yang Kuat memang menjadi suatu keharusan mengingat ancaman kedepan dimana Indonesia diperkirakan akan menjadi rebutan ketika sumberdaya alam yang tak dapat diperbaharui yaitu Minyak dan Gas telah habis.

Indonesia sebagai Negara Tropis yang mempunyai sumber daya alam luar biasa melimpah, merupakan penyedia bahan pangan yang akan menarik banyak negara maju untuk datang ke negeri ini.

Tank Leopard 2 Ri ( sumber : islamtime.org )

Tank Leopard 2RI

Mulai Tahun 2016 Guna memenuhi kebutuhan Alutsista Modern dan Canggih mulai mendatangkan salah satu jenis Tank Tercanggih di Dunia yaitu Tank Leopard Buatan Jerman dengan Beberapa Variannya.

Varian yang pertama di datangkan adalah Tank Leopard 2A4 sebanyak 42 unit dan selanjutnya Tank Leopard 2RI sejumlah 61 Unit, Lalu Apakah Perbedaan Keduanya ? Bagaimana Kehebatannya ?

Salah satu perbedaan yang mencolok adalah Tampak Luar kedua Tank tersebut, Leopard 2A4 mempunyai tampilan mengotak dengan garis-garis tegas, sedangkan maka Leopard 2RI terlihat labih Modern dan dinamis dengan modul-modul AMAP  (Advanced Modular Armour Protection) menghias hull dan kubah serta mempunyai Struktur layaknya Tank – Tank Siluman.

Blok Komposit dengan modul AMAP ini akan berfungsi dalam melindungi Badan Tank secara utuh 360 Derajat.

Lapisan AMAP ini merupakan bahan yang sangat Kuat yang disusun dari beberapa materi nanokeramik serta titanium ditambah baja alloy, Hal ini membuat Tank Leopard akan sulit dihancurkan bahkan dengan senjata RPG sekalipun.

Teknologi ini tentunya guna menyesuaikan dengan ancaman dalam peperangan kedepan yang akan dipenuhi dengan senjata – senjata canggih seperti Rudal Anti Tank, Helikopter bahkan Pesawat tempur super canggih.

Kelebihan Tank Leopard 2 RI

Selain mempunyai Struktur body dengan teknologi Siluman, Spesifikasi teknologi lainnya yang tertanam dalam Leopard 2 Ri pun tak dapat dianggap sebelah mata.

Tank ini akan dibekali dengan teknologi Night Goggles Vision yang berfungsi dalam memandu tembakan meriam Rheinmetall L44 kaliber 120 mm di Malam Hari dalam keadaan Gelap.

Belum lagi adanya Kamera PERI R-17 yang akan dibekalkan kepada Komandan Tank, sehingga dengan kamera ini sng Komandan akan lebih mudah memantau Kondisi sekitar Tank dalam Kondisi Apapun.

Hal ini berarti bahwa Baik Penembak ( Gunner ) maupun sang komandan akan memiliki penglihatan masing – masing sehingga akan lebih optimal dalam observasi dan memantau musush.

Hebatnya lagi Leopard 2 RI ini juga akan dilengkapi dengan teknologi Anti Radiasi senjata Nuklir dan pengendalian Suhu ( Climate Control ) sehingga awak Tank akan nyaman dan aman dari ancaman radiasi Nuklir.

Leopard 2 Ri juga dilengkapi dengan Auxiliary Power Unit (APU) di mana APU ini semacam genset yang digunakan saat mesin tank dalam keadaan mati namun kubah meriam masih bisa difungsikan. Gunanya untuk meningkatkan kesenyapan tank saat di medan pertempuran.

Akhir Kata

Dari Artikel diatas dapat kita simpulkan bahwa Tank Leopard 2 RI merupakan MBT Tangguh yang akan makin memperkuat TNI kita.

Tank ini juga telah teruji dalam berbagai perang seperti di Perang Afganistan, Konflik Suriah dan berbagai pertempuran lainnya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Tank Leopard 2 RI dengan segala kelebihannya. semoga dapat menambah wawasan kita tentang alutsista Militer Khususnya yang dimiliki oleh TNI. Salam Literasi

Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!